Wajib Tahu, Ini 9 Manfaat Menakjubkan Dari Daun Pepaya

Selain buahnya, pepaya juga bisa dikonsumsi daunnya. Dan makan daun pepaya adalah hal yang umum di Indonesia. Bagi sebagian orang, daun pepaya memang terasa pahit. Namun daun pepaya mengandung senyawa khusus yang disebut dengan papain, alkaloid, dan fenolik yang membantu dalam mencerna protein dalam tubuh dan dikenal bermanfaat untuk mengobati masalah pencernaan.

Daun pepaya memiliki kandungan gizi yang cukup beragam diantaranya vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram, vitamin C 140 miligram per 100 gram daun pepaya, kalori 79 kal per 100 gram, protein 8,0 gram per 100 gram, lemak 2,0 gram per 100 gram, hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram per 100 gram, kalsium 353 miligram per 100 gram, dan air 75,4 gram per 100 gram.

Daun pepaya juga mengandung carposide yang dapat berfungsi sebagai obat cacing. Daun pepaya mengandung zat papain yang tinggi sehingga menjadikan rasanya pahit, namun zat ini justru bersifat stomakik yaitu dapat meningkatkan nafsu makan.

Daun Pepaya
Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah manfaat menakjubkan lainnya dari daun pepaya.

1. Mendukung kesehatan hati

Tak banyak yang tahu bahwa makan daun pepaya bisa mendukung kesehatan hati dan mengobati penyakit hati seperti sirosis, kanker hati, dan penyakit kuning.

2. Merangsang produksi trombosit

Makan daun pepaya dikenal mampu mendukung kesehatan tubuh dengan cara merangsang produksi trombosit darah.

3. Menyehatkan sistem pencernaan

Kandungan amilase, chymopapain, protese, dan papaine di dalam daun pepaya bermanfaat untuk mendukung sistem pencernaan tubuh.

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Daun pepaya mengandung zat yang disebut dengan acetogenin, senyawa yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, termasuk mencegah penyakit malaria, demam berdarah, atau kanker.

5. Mengatur siklus menstruasi

Kamu sering mengalami nyeri menstruasi yang menyiksa? Cobalah untuk makan daun pepaya secara teratur. Sebab kandungan zat alami di dalamnya bisa mengurangi nyeri menstruasi serta melancarkan siklus menstruasi yang tidak teratur.

6. Menenangkan peradangan

Daun pepaya memiliki sifat anti inflamasi yang kuat sehingga bermanfaat untuk meredakan segala macam jenis peradangan dalam tubuh dan mencegah terjadinya peradangan lanjutan.

7. Meningkatkan energi

Kamu sering merasa letih dan lesu? Rajinlah makan daun pepaya setiap hari. Sebab sayuran sehat ini dikenal dapat meningkatkan tingkat energi serta melawan kelelahan.

8. Mengurangi tingkat gula darah

Kamu bisa mencegah diabetes sejak dini dengan cara rajin makan daun pepaya, Sebab zat alami yang ada di dalam daun pepaya bisa mengurangi sensitivitas insulin dalam darah serta mengontrol kadar gula darah.

9. Melindungi kesehatan kardiovaskular

Daun pepaya mengandung zat antioksidan yang dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian maka makan daun pepaya bisa melindungi sistem kardiovaskular dari bahaya apapun.

Selain dikonsumsi dengan cara direbus, kamu juga bisa membuat tumisan daun pepaya. Pastikan kamu memasaknya tidak terlalu lama sehingga kandungan nutrisi dalam daun pepaya tak hilang akibat panasnya suhu pemasakan.

Baca Juga :
  1. Bagi Penderita Darah Tinggi, Konsumsi Makanan Ini Agar Darah Tinggi Turun Secara Alami!
  2. Menyeramkan, Peneliti di Italia Berhasil Merekam Suara Hantu Azzurrina
  3. Nelayan Australia Ini Temukan Binatang Aneh Yang Berbentuk Seperti Ikan Namun Berkaki
  4. Inilah Gereja Paling Menyeramkan di Dunia, Berani Berkunjung!
  5. Wow, Inilah Taco Termahal di Dunia, Setangkup Harganya Setara Dengan Harga Mobil

(Ref: sandk, catatansandk.net, merdeka, boldsky, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.