Nostalgia, Inilah 18 Hal Unik Tentang Internet di Era Tahun 90an Hingga Tahun 2000an

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger Windows Live Messenger, Twitter,Facebook dan lain sebagainya.

Namun bagaimana sih bentuk penggunaan internet pada waktu itu, mungkin anak tahun 90 sampai awal 2000an tahu nih betapa asiknya menggunakan internet,

1. Beginilah cara pengaturan jika ingin komputer terhubung ke internet.

Tampilan pengaturan dial up untuk terkoneksi dengan internet

2. Jika ingin terhubung dengan jaringan internet kita harus memiliki saluran telepon dan yang membuat pertengkaran yaitu ketika kita ingin menelepon seseorang namun jaringan telepon dipakai untuk koneksi internet.

Koneksi Telepon
3. Beginilah bunyi ketika komputer ingin terkoneksi dengan internet, dan bunyinya sangatlah mengganggu 


4. Begitu juga jika kita ingin menerima email atau chat yang waktu itu hanya tersedia AOL atau American Online saja, begitu senang jika kita menerima email atau chat waktu itu. 

CD ROM AOL
5. Inilah tampilan browser kala itu, mungkin anak tahun 90an masih sangat ingat browser dengan tampilan seperti ini.

Tampilan brower Netscape
6. Yahoo Search waktu itu adalah raja mesin pencari dunia, apapun bisa ditemukan dimesin pencari ini walaupun tampilannya seperti ini namun dulu itu sangatlah keren.

Yahoo Search menjadi mesin pencar tercanggih dijamannya
7. Inilah salah satu website waktu itu terlihat disain web yang masih kaku namun siapa sangka waktu itu web seperti ini sangatlah keren dan bagus.

Tampilan website kala itu
8. Ketika kita ingin membuka gambar maka gambar tersebut sangatlah lambat untuk terbuka dan seperti inilah gambarannya saat gambar dimuat.

Ketika gambar sedang dimuat
9. Salah satu keunikan internet waktu itu ialah ketika kita ingin membuka suatu website kita diharuskan bahkan wajib untuk mengetikan "www" diawal karena jika tidak web tidak akan bekerja.

Ingin membuka web wajib diawali www
10. Dijaman milenial seperti ini kita sangatlah dimudahkan untuk memakai aplikasi maps bahkan di smartphonepun sudah tersedia, lain lagi ketika kita hitung mundur 16 tahun yang lalu dimana jika kita ingin mencari lokasi dan petunjuk arah di MapQuest dan tidak memungkinkan untuk membawa komputer namun kita diharuskan untuk mencetaknya, sungguh sangat ribet.

MapQuest
11. Jika kita ingin mengobrol dengan teman ataupun krabat kita diharuskan untuk mengingat nomer username, sungguh sangat ribet dan tidak efisien bukan.

ICQ
12. Satu lagi layanan pesan instan dari AOL yang dulu kita harus menyingkat atau mengedit nama yang unik agar siapapun tidak bisa mengenali kita di internet. 

AOL
13. Dan inilah pendatang baru di dunia pesan instan, di jamannya aplikasi ini sangatlah terkenal bahkan orang sampai lupa waktu jika sudah berbicara melalui pesan instan ini.

Windows Live (MSN)
14. Nah ini dia jamannya bahasa 4l4y, siapapun yang menggunakan bahasa seperti ini dijamannya sangatlah keren dan gaul bahkan semakin susah untuk dibaca semakin gaullah anak tersebut, dan bahkan ada aplikasi penerjemah bahasa 4l4y.

Aplikasi penerjemah bahasa alay
15. Dulu jika ingin mendownload musik di LimeWire kita berharap cemas bahwa file musik yang kita download bukanlah sebuah file virus.

LimeWire aplikasi pendownload file musik
16. Pada jamannya internet dengan kecepatan tinggi sangatlah mahal dan jarang ada yang punya, maka dari itu internet sangatlah lambat bahkan untuk mendownload file saja bisa sampai bertahun-tahun contohnya seperti gambar yang ada di bawah ini.

Rentang waktu download kala itu
17. Dan inilah sang raja aplikasi pemutar musik dijamannya, Winamp, hampir semua orang yang mempunyai komputer dijamannya pasti memiliki aplikasi pemutar musik ini, mungkin ini adalah aplikasi pemutar musik yang legend.

Pemutar musik Winamp
18. Dulu hampir semua orang yang punya komputer dan jaringan internet sangatlah menanti-nanti adanya email masuk dan berbunyi "You've Got Mail!" mungkin itulah bunyi yang paling membuat orang bahagia waktu itu. Dan juga format gambar GIF menjadi karya yang sangat ditunggu-tunggu.

GIF You've Got Mail
Baca Juga :
  1. Inilah 7 Perempuan Berpredikat Sebagai Pembunuh Berantai Paling Kejam di Dunia
  2. Ini Efek Mengerikan Jika Masih Membersihkan Telinga Dengan Cotton Buds
  3. Inilah Alasan Mengapa Gambar & Video Kucing Sangat Digemari di Dunia Maya
  4. Ternyata 7 Perusahaan Minyak Ini Paling Berdosa Atas Perubahan Iklim Dunia
  5. Ngakak, Inilah 19 Memes Lucu Dari Harimau Paling Ceria di Dunia

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, buzzfeed, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.