5 Fakta Menarik Tentang Ciuman Yang Mungkin Belum Kalian Ketahui

Sebuah ciuman dapat digunakan untuk menyatakan banyak perasaan, antara lain cinta, gairah, kasih sayang, rasa hormat, salam, dan persahabatan. Saat ini, ciuman telah menjadi ungkapan umum perasaan kasih sayang pada banyak budaya di berbagai belahan dunia.

Ciuman juga dapat dilakukan untuk mengungkapkan perasaan kasih sayang tanpa unsur erotisme. Ciuman jenis ini mengekspresikan rasa kasih sayang, rasa syukur, simpati, kebahagiaan, dan kesedihan mendalam.

Ciuman merupakan tanda kasih sayang, cinta dan rasa hormat. Selain merupakan bahasa universal sebagai wujud cinta kasih, ada bebeberapa fakta menarik tentang ciuman. Berikut beberapa diantaranya seperti dilansir dari Deutsche Welle:

1. Menyehatkan

Menyehatkan

Sebuah studi membuktikan, berciuman selama satu menit membakar sekitar 2 Kcal dari tubuh. Selain itu saat berciuman, manusia ikut menggerakkan 38 otot wajah yang mengurangi atau mencegah keriput pada wajah. Selain itu, ciuman membangkitkan zat endorphin, yang dapat mengurangi rasa sakit.

2. Ilmu tentang Ciuman

Ilmu tentang Ciuman
Seluk beluk ciuman dicoba dipahami lewat ilmu yang dinamakan philematology. Sementara, ketakutan akan berciuman disebut philemafobia. Penyebab timbulnya fobia ini antara lain adalah kekerasan seksual atau trauma masa lalu.

3. Datangkan Penyakit

Datangkan Penyakit
Namun ciuman juga berisiko timbulkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Penyakit yang disebabkan bakteri atau virus lewat ciuman diantaranya adalah flu, demam kelenjar,kerusakan gigi, infeksi herpes, hepatitis B, meningkokokus (meningitis)

4. Rekor Ciuman

Rekor Ciuman
Pasangan asal Thailand, Ekkachai Tiranarat dan Laksana Tiranarat, tercatat sebagai pemegang rekor ciuman terlama: 58 jam, 35 menit dan 58 detik. Rekor ini dibuat keduanya pada perayaan Hari Valentine yang diselenggarakan oleh Ripley Believe It Or Not di Pattaya, Thailand, pada tahun 2013.

5. Ciuman dalam Film

Ciuman dalam Film
Film The Kiss dari tahun 1896, yang diperankan oleh May Irwin dan John Rice, merupakan film pertama yang menampilkan adegan ciuman. Ciuman sesama jenis pertama, antara dua perempuan, ditampilkan dalam film karya Cecil B. De Mille berjudul Manslaughter (1922). Sementara adegan ciuman dua pria ditampilkan dalam film Wings (1927).

Baca Juga :
  1. Astaga, Seram Pria Ini Ubah Mayat Anak-anak Menjadi Sebuah Boneka
  2. Peliharalah 7 Kalimat Ini, Dosa Sebesar Lautan pun Akan Diampuni Oleh Allah
  3. 6 Jenis Berita Hoax Yang Wajib Diwaspadai Nitizen
  4. 7 Hewan Yang Memiliki Kekuatan Super Yang Melebihi Superhero
  5. Ngeri, Hilang Beberapa Hari, Petani Sawit Ditemukan di Perut Ular Piton

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, Deutsche Welle, wikipedia, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.