7 Hewan Unik Yang Mempunyai Kelamin Ganda (Hermafrodit) dan Keduanya Berfungsi

Hewan mempunyai daya gerak, cepat tanggap terhadap rangsangan eksternal, tumbuh mencapai besar tertentu, memerlukan makanan bentuk kompleks dan jaringan tubuhnya lunak. 

Keunikan hewan yang lain adalah adanya dua jaringan yang bertanggung jawab atas penghantaran impuls dan pergerakan, yaitu jaringan saraf dan jaringan otot sehingga dapat bergerak secara aktif bahkan ada beberapa jenis hewan yang dapat berganti alat kelamin.

Dilansir Deutsche Welle, Hewan yang bisa berganti jenis kelamin disebut juga hermafrodit. Ada beberapa hewan unik di dunia ini yang bisa berganti identitas reproduktif atau mengubah perilaku seperti lawan seks jika dibutuhkan. Beberapa hewan bahkan punya sekaligus alat kelamin jantan dan betina, dan keduanya berfungsi. Berikut 7 Hewan Unik Yang Mempunyai Kelamin Ganda (Hermafrodit) dan Keduanya Berfungsi.

1. Hiena Bertutul

Hiena Bertutul
Hiena bertutul yang betina dominan secara sosial, bertubuh lebih besar, dan lebih agresif daripada yang jantan. Bukan itu saja, alat kelamin spesies ini sering disebut "pseudo penis". Organ ini mampu ereksi, digunakan dalam hubungan seksual, dan mengeluarkan air seni serta melahirkan lewat organ yang sama.

2. Cumi-Cumi

Cumi-cumi
Hewan jantan bisa membelah tubuh mereka di bagian tengah, sehingga tampak seperti betina di satu sisi, dan jantan di sisi lain. Demikian hasil sebuah studi Universitas Macquarie di Sydney.Taktik ini bisa digunakan terutama jika menghadapi cumi-cumi lain untuk mencari partner yang sesuai.

3. Ikan Bayan

Ikan Bayan
Ikan ini biasanya lahir sebagai betina, tapi punya alat kelamin jantan dan betina. Spesies ikan ini "protogynous hermaphrodites", artinya yang betina bisa berubah jadi jantan kapan saja. Ilmuwan belum tahu mengapa fenomena ini terjadi.Diduga hal itu untuk menjaga keseimbangan antara jumlah betina dan jantan.

4. Ikan Badut (Ikan Giru)

Ikan Badut (Ikan Giru/Nemo)
Ikan lahir sebagai jantan. Beberapa ikan jantan yang dominan kemudian berubah jadi betina. Ini amat penting untuk kelangsungan hidup spesies karena ikan betina berperan besar dalam reproduksi. Hewan betina biasanya yang berukuran paling besar jadi "ratu" dikelilingi sejumlah pejantan. Kalau "ratu" mati, hewan jantan yang jadi wakilnya akan berganti kelamin dan mengambil alih posisinya.

5. Bearded Dragon

 Bearded Dragon
Dalam proses yang dikenal dengan sebutan perubahan seks, spesies ini menunjukkan kemampuan mengubah kelamin dari jantan ke betina ketika masih dalam telur. Ilmuwan mengungkap, reptil yang secara genetis masih jantan tapi sudah ambil alih peran dan kemampuan reproduksi betina, lebih subur dan punya lebih banyak telur daripada yang sejak awal memang betina.

6. Kutu Codot Afrika

Kutu Codot Afrika
Seperti kutu kasur, kutu jantan menusuk kutu betina di perut dengan penis seperti menusuk dengan pisau. Dengan cara itu, kutu memasukkan sperma ke tubuh hewan betina. Ini bisa fatal buat betina. Berbeda dengan kutu kasur, untuk lindungi diri, kutu codot Afrika betina mengembangkan alat kelamin tiruan, yang berisi sel-sel yang menjaga kekebalan tubuh.

Baca Juga :
  1. Inilah 6 Pemimpin Negara Termuda Yang Tercatat Dalam Sejarah
  2. Astaga, Seram Pria Ini Ubah Mayat Anak-anak Menjadi Sebuah Boneka
  3. 10 Negara Dengan Bahasa Hidup Paling Banyak di Dunia
  4. Tahukah Kamu? Jika Hidung Bisa Menggambarkan Kepribadian Seseorang!
  5. Ngerinya Siksa Perampas Tanah, Harus Menggali Bumi Hingga 7 Lapisan

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, Deutsche Welle, NatGeographic, sumber lain)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.