7 Makanan Untuk Melawan Rasa Kantuk Yang Terbukti Ampuh

Mengantuk adalah sesuatu hal yang wajar terjadi pada diri seorang manusia normal.  Dengan rasa kantuk maka manusia akan mudah untuk tidur mengistirahatkan jiwa dan raganya. 

Namun kantuk menjadi masalah jika kita sedang berada di dalam situasi yang tidak memungkinkan untuk tertidur contohnya saja pada saat bekerja, sekolah, maupun acara penting lainnya.

Dilansir Deutsche Welle, Siapa bilang harus tergantung pada kopi? Apakah Anda perlu "dorongan" di pagi hari atau perlu melawan rasa lelah setelah makan siang, menyantap makanan tepat bisa melawan rasa kantuk.

1. Kacang-Kacangan

Kacang-Kacangan
Baik menyantap segenggam kacang, atau menyantap selai kacang pada roti, kacang adalah makanan ringan yang baik jika Anda mulai merasa lelah. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan European Journal of Clinical Nutrition kacang menambah rasa kenyang dan meningkatkan energi pada tubuh. Selain itu mengandung protein dan lemak untuk menjaga kestabilan kadar gula.

2. Pisang

Pisang
Jumlah karbo hidrat pada pisang tinggi, juga gula alami dan asam amino yang jadi pendorong energi alamiah. Buah ini juga mengandung tirosina, asam amino yang mendorong pembentukan Norepinephrine, yang bisa membantu meningkatkan kewaspadaan. Demikian studi Rice University.

3. Havermout

Havermout
Inilah makanan yang sangat baik untuk mendorong peningkatan energi. Studi yang diterbitkan di International Journal of Food Sciences And Nutrition menunjukkan, orang-orang yang menyantap havermout sebagai sarapan lebih siaga dibanding mereka yang menyantap serapan berkadar lemak tinggi.

4. Telur

Telur
Inilah sebabnya, mengapa banyak orang menyantap telur saat sarapan pagi. Studi dalam International Journal of Obesity menunjukkan, orang yang menyantap telur memiliki level energi lebih stabil daripada yang hanya makan roti. Telur mengandung vitamin B choline, yang bisa memperbaiki ingatan visual serta verbal. Demikian menurut Medical Daily.

5. Alpukat

Alpukat
"Alpukat mengandung lemak sehat yang mendukung rasa kenyang dan memberikan energi. Lagipula, asam lemak di dalamnya bisa membantu mengatasi infeksi yang kerap dikaitkan dengan kelelahan," kata Marci Clow, pakar nutrisi pada Rainbow Light. Studi pada American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan, menyantap makanan ynag menandung lemak tak jenuh meningkatkan energi dibanding lemak jenuh.

6. Coklat Hitam

Coklat Hitam
Coklat hitam adalah pilihan tepat jika merasa mengantuk, tapi tidak ingin minum kopi. Karena coklat pahit mengandung kofein berjumlah banyak. Menyantap coklat hitam juga memperbaiki fungsi kognitif otak, demikian hasil riset yang dipublikasikan dalam majalah Appetite.

7. Air Putih

Air Putih
Ini sering dilupakan. Kalau merasa lelah, minum air putih sangat penting. Penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Nutrition menunjukkan, dehidrasi ringan juga bisa menyebabkan kelelahan.

Baca Juga :
  1. 12 Pangeran "Terpanas" di Muka Bumi
  2. Unik, Merasa Bosan Murid-murid ini Membuat Coret-coretan Yang Tidak Biasa
  3. 10 Negara Dengan Bahasa Hidup Paling Banyak di Dunia
  4. Astaga Ngeri, Ternyata 1 Anak Dihargai 5 Miliar di Pasar Gelap, Polisi Sedang Selidiki Kasus Ini
  5. Menakjubkan, Al-Qur'an 700 Meter Ini Sepenuhnya Ditulis Tangan

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, Deutsche Welle, Bustle, Prevention)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.