Ini Rangking Bangsa Paling Dermawan Sedunia, No 7 Tak Disangka

Memiliki sifat dermawan tidak akan membuat seseorang jatuh miskin. Justru, kebiasaan berbagi mempunyai manfaat yang luar biasa. Menurut kamus bahasa indonesia, dermawan diartikan sebagai pemurah hati atau orang yang suka berderma (beramal dan bersedekah), sedangkan menurut istilah dermawan bisa diartikan memberikan sebagian harta yang dimilikinya untuk kepentingan orang lain yang membutuhkan dengan senang hati tanpa keterpaksaan dan ikhlas (tanpa adanya imbalan).

Dilansir DW (25/04/17), Lembaga amal Charity Aid Foundation setiap tahun merunut daftar negara berpenduduk paling dermawan dan gemar meluangkan waktu buat kegiatan sosial. Inilah daftar teratas Indeks Kedermawanan Dunia versi CAF/

1. Myanmar

Myanmar
Sebanyak 35,6 juta penduduk Myanamar atau sekitar 91% mengaku menyumbangkan uang buat kaum miskin selama 2016. Sementara 55% warga meluangkan waktu pribadi untuk terlibat dalam kegiatan sosial secara sukarela. Dalam hal membantu orang tak dikenal, Myanmar juga tergolong yang paling tinggi, yakni 63%.

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat
Setiap tahun penduduk AS rata-rata menyumbangkan 265 miliar Dollar AS untuk keperluan sosial. Namun dalam ranking kedermawanan, negeri Paman Sam ini berada di urutan kedua. Pasalnya tahun 2016 hanya 63% penduduk yang menyisakan uang buat sumbangan. Sebaliknya 73% mengaku siap membantu orang tak dikenal jika diperlukan.

3. Australia

Australia
Sebanyak 73% penduduk Australia rutin menyumbangkan uang selama tahun 2016. Secara total jumlah uang yang disumbangkan mencapai 12 miliar Dollar AS. Meski tergolong ramah dan gemar membantu orang asing (68%), tidak banyak warga Australia yang rela meluangkan waktu untuk kegiatan sosial (40%)

4. Selandia Baru

Selandia Baru
Setidaknya 71% penduduk Selandia Baru aktif memberikan uang sumbangan selama 2016. Tapi serupa Australia, hanya 44% warga negeri kepulauan itu yang bersedia bekerja secara sukarela dalam kegiatan sosial.

5. Sri Lanka

Sri Lanka
Meski tergolong miskin, penduduk Sri Lanka gemar menolong kaum papa. Sebanyak 61% penduduk tercatat rutin menyumbangkan uang dan tidak jengah membantu orang tak dikenal. Sementara 49% mengaku pernah bekerja secara sukarela dalam proyek sosial.

6. Kanada

Kanada
Setiap tahun penduduk Kanada rata-rata menyumbangkan dana sebesar 9 miliar Dollar AS buat kaum miskin. Tahun lalu sebanyak 65% penduduk ikut berderma. Namun jumlahnya terus berkurang lantaran menurunnya tingkat kepercayaan penduduk terhadap kredibilitas lembaga amal.

7. Indonesia

Indonesia
Siapa sangka, Indonesia mengalahkan Inggris dan Uni Emirat Arab dalam hal kedermawanan. Dibandingkan dua negara kaya itu, lebih banyak penduduk Indonesia yang menyumbangkan uang secara rutin (75%) dan bekerja secara sukarela (50%). Namun berbeda dengan presepsi umum, cuma 43% warga yang bersedia membantu orang tak dikenal.

Baca Juga :
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.