Inilah 6 Pemimpin Negara Termuda Yang Tercatat Dalam Sejarah

Kepala negara mempunyai tanggung jawab dan hak politis yang ditetapkan sesuai dengan konstitusi sebuah negara. Oleh karena itu, pada dasarnya kepala negara dapat dibedakan melalui konstitusi berbeda pada negara tertentu di dunia.

Dilansir Deutsche Welle (27/04/17), Jika terpilih, Emmanuel Macron akan menjadi presiden termuda Perancis. Tapi tahukah Anda ada banyak pemimpin negara lain yang jauh lebih muda saat memegang jabatan? Simak dalam galeri foto berikut.

1. Jean-Claude Duvalier, Presiden Haiti (19 Tahun)

Jean-Claude Duvalier, Presiden Haiti (19 Tahun)
"Baby Doc", demikian julukannya, mengambil alih kekuasaan di Haiti 22 April 1971 setelah ayahnya Francois "Papa Doc" Duvalier meninggal. Jean-Claude Duvalier hidup dalam kemewahan, sementara rakyatnya tenggelam dalam kemiskinan. Tahun 1985, terjadi pemberontakan terhadap rezim Duvalier. Baby Doc melarikan diri ke Perancis dan menetap disana selama lebih dari 20 tahun. Ia meninggal tahun 2014.

2. Muammar Al Gaddafi, Pemimpin Revolusi Libya (27 Tahun)

Muammar Al Gaddafi, Pemimpin Revolusi Libya (27 Tahun)
Setelah merebut kekuasaan melalui kudeta militer, Gaddafi menjadi penguasa de facto Libya dari 1969 hingga meninggal di Sirte tahun 2011. Pada tahun 1951, Gaddafi menghapus Konstitusi Libya dan menerapkan undang-undang berdasarkan ideologi politiknya. Ia tercatat sebagai salah satu penguasa terlama dalam sejarah yang bukan anggota keluarga kerajaan.

3. Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara (28 Tahun)

Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara (28 Tahun)
Ia adalah putra ketiga Kim Jong Il dengan salah seorang istrinya Ko Young Hee. Kim memiliki dua gelar, yakni di bidang fisika dan sebagai perwira angkatan bersenjata dari universitas militer. 28 Desember 2011, ia secara resmi dinyatakan sebagai pemimpin tertinggi Korea Utara setelah pemakaman ayahnya.

4. Joseph Kabila, Pelaksana Tugas Presiden Kongo (29 Tahun)

Joseph Kabila, Pelaksana Tugas Presiden Kongo (29 Tahun)
Ia menjabat sebagai pelaksana tugas presiden, 10 hari setelah ayahnya Presiden Laurent-Désirè Kabila terbunuh di tahun 2001. Desember 2005, referendum menyetujui konstitusi baru yang menentukan batas minimum usia kandidat presiden adalah 30 tahun dari sebelumnya 35 tahun. Kabila berkampanye di usia 34 tahun dan terpilih secara resmi sebagai presiden di usia 35 tahun.

5. Milo Dukanovic, Perdana Menteri Montenegro (29 Tahun)

Milo Dukanovic, Perdana Menteri Montenegro (29 Tahun)
Politisi ini berada dalam pemerintahan Montenegro, dengan jabatan berbeda-beda, dari tahun 1991-2016. Ia masuk dalam daftar 20 pemimpin negara terkaya di dunia. Dukanovic pertama kali terpilih sebagai perdana menteri tahun 1991. 7 tahun kemudian, ia menjabat sebagai presiden Montengero hingga 2002. Lalu setelahnya, ia kembali menjadi PM dalam tiga masa jabatan dengan dua kali masa jeda.

6. Jean-Baptiste Bagaza, Presiden Burundi (30 Tahun)

Jean-Baptiste Bagaza, Presiden Burundi (30 Tahun)
Bagaza adalah presiden kedua Burundi. Ia menggulingkan Michel Micombero lewat aksi kudeta tanpa pertumpahan darah di tahun 1976. Ironisnya, rezim Bagaza juga dijatuhkan tahun 1987 oleh kudeta militer.

Baca Juga :
  1. Mengerikan, Karena Sakit Tenggorokan Kaki dan Tangan Pria Ini Harus Diamputasi
  2. Masya Allah, Meski Terbujur Koma, Pria Ini Lantunkan Adzan Setiap Masuk Waktu Shalat
  3. Sebelum Terlambat, Yuk Kenali Gejala Kekebalan tubuhmu Menurun!
  4. 7 Hewan Yang Memiliki Kekuatan Super Yang Melebihi Superhero
  5. 10 Lokasi Paling Menarik Sekaligus Misterius Namun Sangat Terlarang Bagi Wisatawan

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, Deutsche Welle, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.