Insomnia dan Susah Memejamkan Mata ?, Yuk Lakukan 4 Hal Ini Untuk Mengatasinya

Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis.Insomnia bukan suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional,kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan. 

Sulit tidur sering terjadi, baik pada usia muda maupun usia lanjut; dan seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan. Kadang seseorang sulit tidur hanya karena badan dan otaknya tidak lelah.

Ilustrasi
Semua orang pasti pernah mengalami insomnia. Ada banyak saran juga yang telah diberikan untuk mengatasinya. Mulai dari mencium bau aromaterapi, minum susu, dan lainnya. Namun bagaimana jika semua saran tersebut tidak berhasil dan kamu tak bisa tidur semalaman?

Jangan khawatir, dua ahli kesehatan berkaitan dengan tidur dan insomnia dari Women's Health Mag memberikan beberapa saran ketika kamu mengalami insomnia dan tak bisa memejamkan seperti cara berikut ini.

Beranjak dari kasur

Kamu pasti merasa aneh dengan saran ini. Bukankah kamu ingin tidur, tapi kenapa malah disuruh beranjak dari kasur? Namun saran ini sebenarnya adalah saran yang cerdas. Jika setelah bolak-balik di kasur kamu tetap tak bisa tidur, beranjaklah dari tempat tidur dan pergi ke ruangan lain. Coba lakukan aktivitas lain yang menenangkan seperti membaca buku, mendengarkan musik yang pelan, dan lainnya dalam ruangan dengan cahaya remang-remang, seperti disarankan oleh Shelby Harris, Psy.D., Director of Behavioral Sleep Medicine di New York City. Setelah rasa mengantuk itu datang, kembalilah ke kasur.

Jangan terlalu banyak berpikir

Insomnia akan menjadi semakin parah jika kamu terlalu banyak berpikir atau malah khawatir tak bisa tidur. Jangan memikirkan apa yang akan terjadi esok hari jika kamu tak bisa tidur. Pikirkanlah hal-hal yang menenangkan dan menyenangkan secara berulang-ulang. Ini lebih membantu kamu untuk cepat tidur dibandingkan memikirkan masalah atau merasa khawatir.

Jangan melihat jam

Melihat waktu bisa menjadi hal yang membuat kamu semakin cemas. Melihat jam bergerak dan mengawasi setiap detik yang berdetak hanya akan membuatmu lebih stres dan suit tidur. Solusinya? Jangan melihat jam, jika perlu balik jam wekermu agar kamu tak bisa melihat detik-detiknya bergerak. Ini akan membuat kamu lebih tenang dan tidak panik, serta membantu kamu lebih cepat tidur.

Tuliskan pikiran

Tak bisa tidur bisa jadi disebabkan oleh hal-hal yang belum kamu keluarkan dari pikiran. Misalkan rencana-rencana untuk besok, persiapan yang harus dilakukan, atau ide yang baru muncul. Jika ini penyebab insomnia yang dialami, tuliskan isi pikiranmu segera. Menulis apa yang dipikirkan akan membuatmu mudah melepaskan kecemasan dan hal-hal yang berkaitan dengan pikiran tersebut. Kamu bisa merasa lebih tenang dan tidur dengan lebih nyenyak.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika sedang mengalami insomnia dan tak bisa tidur. Tak ada salahnya kamu mencoba jika insomnia tersebut terasa makin menyiksa.

Baca Juga :
  1. 6 Jenis Berita Hoax Yang Wajib Diwaspadai Nitizen
  2. Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kita Sedang Tertidur? Ini Jawabannya..
  3. Kamu Mengalami Insomnia? Keluarkan Kaki Dari Selimut dan Tidurmu Akan Lelap!
  4. Mengerikan!, Inilah 10 Foto Kekejaman Sejarah Masa Lalu Yang Sangat Mengganggu
  5. Ngerinya Siksa Perampas Tanah, Harus Menggali Bumi Hingga 7 Lapisan

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, merdeka, Women's Health Mag, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.