Menakjubkan, Al-Qur'an 700 Meter Ini Sepenuhnya Ditulis Tangan

Al-Qur'an adalah sebuah kitab suci utama dalam agama Islam, yang umat Muslim percaya bahwa kitab ini diturunkan oleh Allah, kepada Nabi Muhammad S.A.W. Kitab ini dikenal luas dan dihormati sebagai sebuah karya seni sastra bahasa Arab terbaik di dunia. Kitab ini terbagi kedalam beberapa bab (dalam bahasa Arab disebut “surah”) dan setiap surahnya terbagi kedalam beberapa sajak (‘'ayat).

Dilansir DW (04/05/17), Pria Mesir ini menulis Alquran sepanjang 700 meter dengan tulisan kaligrafi. Tak tamat sekolah, maestro menulis indah ini belajar otodidak dari buku-buku yang dibeli dari hasil berjualan pakaian. Berikut hasil karyanya yang begitu menakjubkan.

Maestro kaligrafi dari distrik kecil

Gulungan Al-Qur'an sepanjang 700 meter.

Saad Mahmed (Mohammed) Heshish berasal dari distrik kecil Bilqina, El Mahalla, Gharbia, Mesir. Ia menghabiskan tiga tahun menulis tangan dan menghiasi mahakarya Al Quran yang dianggap terpanjang di dunia. Jika gulungan Al Quran ini dibuka panjangnya mencapai 700 meter.

Karya artistik yang menarik

Gulungan Al-Qur'an sepanjang 700 meter.
Karya Al Quran sepanjang 700 meter juga memuat pengantar, nama-nama suci Allah dan indeks pada bagian akhir. Demikian dikutip dari Al Arabiya Net, situs online Al Arabiya News Channel, yang memuat kisah perjalanan artistik Saad. Idenya adalah membuat tulisan tangan kitab suci Al Quran yang dilengkapi dengan hiasan dan warna yang terlihat atraktif dan nyaman dipandang.

Dengan biaya sendiri

Gulungan Al-Qur'an sepanjang 700 meter.
Sehari-hari Saad berprofesi sebagai pemilik toko pakaian. Kepada Al Arabiya Net, Saad menceritakan bahwa dia tidak menyelesaikan pendidikan formal, namun berhasil mendidik dirinya sendiri. Dia menghabiskan sebagian besar keuntungan dari toko pakaian untuk membeli buku kaligrafi dan belajar secara otodidak..

Penuh keindahan dan hiasan

Gulungan Al-Qur'an sepanjang 700 meter.
Belajar seni kaligrafi tulisan Arab, mimpi Saad adalah menulis Al Quran terbesar di dunia yang penuh keindahan dan kaya hiasan. Halaman-halaman Alquran uniknya dihiasi dengan formasi penuh warna serta desain dekoratif dan simbolis.

Gunakan bahan alami

Gulungan Al-Qur'an sepanjang 700 meter.
Saad menggunakan bahan alami campuran yang ia beli dari "al-Attar" (toko rempah-rempah) untuk pewarnaan. Selain ramah lingkungan ini juga mengurangi biaya bahan-bahan yang digunakan.

Pengerjaaan penuh kehati-hatian

Gulungan Al-Qur'an sepanjang 700 meter.
Versi kecil Al Quran pertama ditulis 1996 juga selama tiga tahun. Saad menjelaskan bahwa tidak mudah untuk menulis dengan tangan karena memerlukan ketepatan luar biasa untuk mencegah kesalahan agar tidak mengacaukan keseluruhan proses dan karyanya. Dia senang menjadi orang yang cerdik dalam menulis firman Tuhan dengan cara ini, yang menurutnya sesuai dengan kesucian Alquran.

Sulit dibawa-bawa

Gulungan Al-Qur'an sepanjang 700 meter.
Hampir tidak mungkin membawa-bawa kitab suci sebesar ini keluar rumah, karena bentuknya amat besar.Karena itu Saad menyimpan Al Quran unik itu di rumahnya. Dinding dan langit-langit rumahnya juga penuh hiasan dekoratif warna-warni.

Ingin karyanya tercatat di buku rekor dunia

Gulungan Al-Qur'an sepanjang 700 meter.
Saad Mohammed ingin mendaftarkan hasil karyanya itu ke dalam Guiness World Record. Menurut catatan Record, sementara ini rekaman yang mereka miliki adalah Al Quran terbesar di dunia hasil cetakan. Jadi belum ada versi tulisan tangan.

Baca Juga :
  1. Inilah Balasan Mengerikan Bagi Para Pencela Sahabat Nabi
  2. Menegangkan, Inilah Detik-detik Eskalator Mendadak Berbalik Arah, 18 Orang Terluka
  3. Wow, Ternyata Ini 5 Manfaat Kesehatan Dari Menjadi Seorang Gamer
  4. Masya Allah, Kisah Inspiratif 10 Anak Penghapal Al-Qur'an
  5. Luar Biasa, Pria Ini Mempunyai Selangkangan Sekuat Baja

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, Deutsche Welle, alarabiya, wikipedia)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.