11 Hewan Air Dengan Kemampuan Yang Luar Biasa Unik

Di dunia ini banyak sekali satwa atau binatang yang mempunyai kemampuan yang luar biasa, baik itu satwa darat maupun perairan, seringkali kita memandang remeh beberapa satwa namun pandangan kita tentu salah karena beberapa satwa di dunia ini memliki kemampuan yang sangat unik.

Dilansir DW, Banyak satwa laut maupun tawar yang mempunyai fisik menakjubkan. Sekitar 30.000 spesies ikan terdata oleh ilmuwan dan banyak yang dalam evolusinya kembangkan kemampuan luar biasa dan unik. Inilah beberapa diantaranya:

1. Ikan Penyumpit

1. Ikan Penyumpit
Ikan ini habitatnya adalah kawasan air payau, dinamai sesuai dengan caranya mencari mangsa. Ikan "melontarkan" semburan air berkecepatan tinggi, untuk menjatuhkan mangsanya, biasanya serangga dari pohon. Ikan besar bisa menyumpit hingga ketinggian 3 meter.

2. Pengamat Bintang

2. Pengamat Bintang
Ikan ini biasanya menyembunyikan diri dengan menimbun badannya dengan pasir. Hanya matanya yang nampak memandang ke atas, mengintai mangsanya, karena itulah dijuluki pengamat bintang. Hati-hati ikan jenis ini memiliki sengat beracun.

3. Ikan Batu

3. Ikan Batu
Beracun dan jago menyamar. Ikan nampak seperti batu yang ditumbuhi alga. Ikan memiliki duri amat beracun yang digunakan membunuh mangsanya, tapi juga dapat mematikan manusia jika tersengat.

4. Ikan Buntal

4. Ikan Buntal
Punya perut elastis yang akan melembung diisi air jika merasa terancam. Ikan ini memproduksi racun pelumpuh mematikan tetrodotoxin. Tapi orang Jepang punya tradisi makan ikan buntal, dibuat sashimi dengan pengolahan profesional untuk menyingkirkan racunnya.

5. Ikan Pemancing

5. Ikan Pemancing
Untuk menarik perhatian mangsanya ikan punya "pancingan" di kepala yang disebut illicium. Ujung pancingan bahkan bercahaya, untuk makin memikat mangsa. Ikan pemancing habitatnya tersebar luas di lautan seluruh dunia.

6. Ikan Viper

6. Ikan Viper
Ikan ini habitatnya di laut dalam dengan tekanan amat tinggi, suhu amat rendah dan tanpa cahaya. Tampangnya seperti ular beludak (Viper) dilengkapi mulut lebar dan gigi tajam. Semua adalah hasil evolusi, untuk memungkinkan ikan menangkap mangsanya dengan mantap, di habitat ekstrim yang kekurangan makanan ini.

7. Ikan Sebelah

7. Ikan Sebelah
Ikan ini memang seolah hanya tinggal separuh. Dengan itu ikan bisa menyamar secara sempurna dan menyembunyikan diri dalam pasir. Selama evolusi sebuah matanya bermigrasi ke sisi yang sama dengan sebelah mata lainnya, hingga ikan berbentuk pipih.

8. Kuda Laut

8. Kuda Laut
Inilah ikan yang sejatinya amat unik. Ikan berenang dalam posisi "berdiri". Ikan jantan "melahirkan" anaknya, karena memiliki kantong untuk menyimpan telur yang sudah dibuahi. Jika ikan menetas, seolah ikan jantan melahirkan dari kantong khusus.

9. Ikan Mangrove

9. Ikan Mangrove
Ikan ini punya habitat unik bisa hidup di air tapi juga di kawasan berlumpur hutan mangrove. Namanya ikan tapi bisa menggunakan sirip depan untuk berjalan di darat. Ikan ini bisa bernafas melalui kulit seperti amfibi.

10. Hiu Martil

10. Hiu Martil
Sulit memahami evolusi jika tidak mengerti fungsinya. Hiu ini memiliki kepala yang punya dua perpanjangan pipih ke kiri dan ke kanan, dimana posisi mata berada di ujungnya. Bentuk seperti martil ini memungkinkan cakupan pandangan lebih luas dalam memburu mangsanya.

11. Belut Listrik

11. Belut Listrik
Sesuai namanya, belut laut ini mampu bangkitkan listrik bertegangan tinggi hingga 600 Volt untuk membunuh mangsanya. Riset terbaru tunjukan, belut gunakan listrik impuls listrik tegangan tinggi sebagai alat pendeteksi mangsa seperti Echolot pada kelelewar.

Baca Juga :
  1. Wow, Cincin Berlian Seharga Rp 180 Ribu Ini Ternyata Aslinya Seharga Rp 600 Juta
  2. Amazing! Peliharaan Wanita Ini Tidak Biasa dan Menjadi Viral!
  3. Tak Lama Lagi, 7 Kejadian Mengerikan Ini Bisa Musnahkan Umat Manusia
  4. Unik, Ternyata di Rusia Tongsis Dijadikan Sebagai Alat Bela Diri!
  5. Beri Senyum Kepada Pendemo Rasis, Foto Perempuan Muslim Ini Mendadak Viral

(Ref: ikhsan,wowuniknya.net, Deutsche Welle, Brigitte Osterath, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.