6 Kota Metropolitan Yang Diprediksi Menjadi Kota Masa Depan

Wilayah metropolitan adalah sebuah pusat populasi besar yang terdiri atas satu metropolis besar dan daerah sekitarnya, atau beberapa kota sentral yang saling bertetangga dan daerah sekitarnya. Satu kota besar atau lebih dapat berperan sebagai hub-nya, dan wilayah metropolitan biasanya diberi nama sesuai dengan kota sentral terbesar atau terpenting di dalamnya.

Dilansir Deutsche Welle , Perkembangan kota cendrung liar dan tak terkendali. Tapi proyek di enam kota metropolitan ini menunjukkan bagaimana sebuah kota bisa mempersiapkan diri untuk menyambut masa depan yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

1. Los Angeles, Amerika Serikat

1. Los Angeles, Amerika Serikat
LA sejak lama dikenal sebagai kota polusi di AS. Namun sejumlah proyek ramah lingkungan mulai mengikis reputasi muram tersebut. LA antara lain akan mengganti lampu kota dengan jaringan lampu cerdas yang beraksi terhadap lingkungannya. Lampu jalanan nantinya bisa mengingatkan pengendara jika ada mobil ambulans yang akan lewat atau memancar lebih terang untuk pejalan kaki.

2. Shanghai, Cina

2. Shanghai, Cina
Tidak semua gedung baru di Shanghai menjulang ke langit. Museum Sejarah Alam yang baru di Cina ini tidak hanya dilengkapi teknologi ramah lingkungan, seperti kolam air yang mendinginkan gedung, tetapi juga menjadi acuan bagi desain gedung masa depan yang lihai memadukan kearifan kuno dan teknologi mutakhir.

3. Eindhoven, Belanda

3. Eindhoven, Belanda
Mobilitas roda dua yang menjadi pemandangan lumrah di kota-kota Belanda juga menjadi bagian penting desain tata kota di Eindhoven. Sebab itu pemerintah kota membangun Hovenring, sebuah lingkar susun yang khusus disediakan untuk pesepeda. Kini proyek senilai 8 juta Euro itu menjadi contoh bagi kota-kota lain di Belanda yang mulai aktif membangun infrastruktur modern untuk sepeda.

4. Mekkah, Arab Saudi

4. Mekkah, Arab Saudi
Sebanyak 3 juta jemaah haji menyemuti Mekkah dan Madinah setiap tahun. Menyusul harga minyak yang anjlok, Arab Saudi kian bergantung pada wisata reliji yang satu ini. Tidak heran jika pemerintah menggelontorkan dana berlimpah untuk membangun infrastruktur kota, memperluas masjid dan menata ulang bandar udara dengan konsep terpadu dan modern.

5. Dubai, UAE

5. Dubai, UAE
Adalah ambisi besar kerajaan Dubai untuk menghadirkan proyek infrastruktur spektakuler seperti Hyperloop One. Kereta super cepat ini memangkas waktu tempuh antara Dubai dan Abu Dhabi yang berjarak 150 kilometer menjadi hanya 12 menit. Belum jelas kapan proyek mentereng ini akan dibangun. Tapi jika melihat ambisi Dubai, Hyperloop One tidak lama lagi sudah bisa dinikmati oleh penduduk dan wisatawan.

6. Medellin, Kolombia

6. Medellin, Kolombia
Bertengger di kaki pegunungan Andes, lanskap Medellin yang berbukit menyulitkan mobilitas penduduk. Untuk mengakalinya pemerintah kota membangun kereta gantung yang menyatukan berbagai distrik kota. Uniknya kereta gantung di Medellin lebih menguntungkan penduduk miskin yang hidup tersisih dari jantung kota.

Baca Juga :
  1. Aneh, Wanita Ini Kecanduan Makan Spons Sejak Balita
  2. Masya Allah, Inilah Kitab yang Diterima Manusia Ketika Menjalani Pengadilan Setelah Kiamat
  3. Keren, Karena Kesiangan Bocah Ini Diantar Sang Ayah ke Sekolah Menggunakan Helikopter
  4. Menurut Survey, Ini 5 Pekerjaan Paling Menyenangkan di Dunia
  5. Ngakak Sekaligus Terharu, Begini Jadinya Bila Tentara Menangis Saat Pendidikan Militer

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, Deutsche Welle, wired, bbc, economis, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.