Inilah 10 Makanan Sehari-hari Dengan Kontaminasi Bakteri Paling Tinggi

Makanan adalah bahan, biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan. Pada umumnya bahan makanan mengandung beberapa unsur atau senyawa seperti air, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, enzim, pigmen dan lain-lain. Namun bagaimana jika makanan yang kita konsumsi setiap hari telah terkontaminasi bakteri ?

Makanan yang kamu konsumsi sudah jelas terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit penyebab penyakit. Itulah sebabnya mencuci dengan seksama dan memasak makanan hingga matang secara menyeluruh amatlah penting. Sebab konsumsi makanan yang tidak diolah dengan sempurna bisa menyebabkan mual, perut kram, gangguan pencernaan yang kemudian diikuti dengan keracunan.

Ilustrasi bahan makanan
Lantas, makanan apa saja yang berpotensi terkontaminasi bakteri paling banyak? Dilansir dari boldsky.com, ini jawabannya.

1. Daging merah

Daging merah dan mentah adalah tempat favorit bagi bakteri seperti Salmonella, E. coli dan Listeria untuk berkembang biak. Makanya sangat penting bagi kamu untuk mengolah daging dengan sempurna.

2. Telur

Telur juga menjadi makanan yang mudah terkontaminasi bakteri Salmonella. Sehingga pastikan kamu memasak telur dengan matang benar.

3. Produk susu yang tidak dipasteurisasi

Produk susu yang tidak dipasteurisasi memiliki risiko besar untuk terkontaminasi bakteri Listeria, Salmonella dan E. coli, sama seperti daging merah. Itulah sebabnya produk susu perlu dipasteurisasi yang berfungsi untuk membantu menyingkirkan bakteri tersebut.

4. Produk unggas

Kamu perlu memastikan bahwa produk unggas yang kamu makan benar-benar matang. Sebab bakteri Salmonella bisa dengan mudah mengontaminasi makanan ini.

5. Sayuran berdaun

Tak banyak yang tahu bahwa sayuran berdaun hijau juga bisa terkontaminasi bakteri. Hal ini bahkan ditegaskan dalam penelitian berjudul 'Infrequent Internalization Of Escherichia Coli O157:H7 Into Field-Grown Leafy Greens'.

6. Sayuran berbiji

Sayuran berbiji seperti mentimun atau terung adalah sayuran yang dikenal sebagai tempat berkembang biaknya bakteri Salmonella. Agar kamu terhindar dari infeksi bakteri ini, maka kamu harus mencucinya dengan benar.

7. Kecambah

Kecambah membutuhkan udara yang lembab untuk membuatnya tumbuh dengan baik. Hal inilah yang kemudian membuat kecambah mudah terkontaminasi bakteri terutama bakteri E.coli yang kemudian bisa membuat sakit perut bagi yang mengonsumsinya.

8. Buah-buahan

Tak hanya sayur, buah juga diketahui mengandung Salmonella. Sehingga kamu disarankan untuk mencucinya dengan benar sebelum mengonsumsinya.

9. Nasi

Nasi bisa mengandung bakteri Bacillus cereus yang bisa menyebabkan diare, mual, atau muntah bagi yang mengonsumsinya. Untuk mencegahnya, maka dinginkan nasi sebelum kamu menyimpannya.

10. Selai kacang

Selai kacang merupakan makanan olahan yang mudah terkontaminasi bakteri Salmonella. Oleh karena itu sangat penting bagimu untuk langsung menyimpan selai kacang yang sudah dibuka ke dalam lemari es.

Baca Juga :
  1. Belikan Sepatu Anak Tunawisma, Kisah Pria Baik Hati Ini Sangat Menginspirasi
  2. Tak Lama Lagi, 7 Kejadian Mengerikan Ini Bisa Musnahkan Umat Manusia
  3. 7 Tanda Anda Miliki Kemampuan Supranatural
  4. 6 Jenis Berita Hoax Yang Wajib Diwaspadai Nitizen
  5. Menakjubkan, IQ Gadis Asal Inggris Ini Mampu Menyalip Einstein dan Hawking

(Ref: ikhsan, wowuniknya, merdeka, boldsky, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.