Keren, Ini Bukan Fiksi, Dubai dan Cina Telah Mempekerjakan Robot Polisi

Polisi adalah suatu pranata umum sipil yang menjaga ketertiban, keamanan dan penegakan hukum diseluruh wilayah negara. Kepolisian adalah salah satu lembaga penting yang memainkan tugas utama sebagai penjaga keamanan, ketertiban dan penegakan hukum, sehingga lembaga kepolisian pasti lah ada di seluruh negara berdaulat.

Namun apakah kalian tahu bahwa ada dua negara di dunia ini yang menugaskan sebuah robot untuk menjadi seorang polisi di negaranya, tentu ini akan membuat terobosan baru di dunia kepolisian, bahkan robot tersebut mempunyai sistem yang lebih canggih dari polisi manusia pada umumya.

Dilansir Deutsche Welle, Istilah "RoboCop" sebenarnya berasal dari film fiksi ilmiah tahun 1987. Dari fiksi kini jadi kenyataan. Polisi robot kini antara lain sudah beraksi di Dubai dan Cina. Berikut informasinya.

Polisi Robot Pertama Dubai

Polisi Robot Pertama Dubai
Tampak dalam foto polisi robot berpose dengan latar belakang Burj Khalifa. Setelah mengerahkan mobil mewah Lamborghini dan Ferrari untuk berpatroli di jalanan, polisi Dubai kini mengandalkan robot. Jika eksperimen Robocop sukses, 25 persen kesatuan patroli kepolisian Dubai akan digantikan oleh robot hingga 2030.

Seukuran Manusia

Seukuran Manusia
Robot dibuat oleh perusahaan Spanyol "Pal Robotics". Bobotnya 100 kilogram dan tingginya 1,70 meter. Robot dilengkapi dengan baterai yang tahan hingga 8 jam. Walau bekerja sebagai polisi, robot tidak memiliki senjata.

Komunikasi Lewat Touchscreen

Komunikasi Lewat Touchscreen
Pada awalnya, robot akan bekerja di pusat perbelanjaan dan kawasan wisata di Dubai. Di dadanya ada touchscreen. Warga bisa menggunakannya untuk misalnya membayar denda atau melaporkan kejahatan.

Robot Cerdas

Robot Cerdas
Selain itu, robot juga memiliki mikrofon. Sehingga warga bisa berbicara secara langsung dengan kantor polisi. Karena ada banyak turis di Dubai, polisi robot ini juga bisa berkomunikasi dalam berbagai bahasa.

Polisi Robot di Bandara

Polisi Robot di Bandara
AnBot adalah robot pertama di Cina yang terlatih untuk melakukan pemeriksaan keamanan di bandara. Tujuannya untuk meringankan tugas polisi bandara.

Dilengkapi Senjata Kejut Taser

Dilengkapi Senjata Kejut Taser
Robot dikembangkan oleh National Defense University. Tingginya hanya 149 cm dan beratnya 78 kilogram. Robot dilengkapi oleh empat kamera digital dengan resolusi tinggi dan antara lain bisa berpatroli secara independen serta mengenali wajah. Robot bahkan memiliki senjata kejut taser yang dikendalikan oleh manusia di ruang kontrol.

(Satu Lagi) Seragam RoboCop

Seragam RoboCop
Ini bukan robot. Tetapi seragam yang dipakai kesatuan khusus "Batalhão de Polícia de Choque", polisi militer Rio de Janeiro Brasil dijuluki sebagai kostum Robocop. Mereka memakai seragam khusus tersebut antara lain saat mengamankan Piala Dunia 2014.

Berikut Video RoboCop sungguhan di Dubai


Baca Juga :
  1. Menakjubkan, Kota Ini Muncul Kembali Setelah Tenggelam Selama 25 Tahun
  2. 4 Manfaat Dahsyat Menghirup Air Ketika Wudhu
  3. Masya Allah, Ini Lokasi Laut Dua Warna Yang Disebutkan di Dalam Al Quran
  4. 7 Hewan Yang Memiliki Kekuatan Super Yang Melebihi Superhero
  5. Unik, Merasa Bosan Murid-murid ini Membuat Coret-coretan Yang Tidak Biasa

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, Deutsche Welle, vlz/rzn (dari berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.