10 Fakta Menarik Emoji Yang Mungkin Belum Kalian Ketahui

Emoji adalah istilah bahasa Jepang untuk karakter gambar atau emoticon yang digunakan dalam pesan elektronik Jepang dan halaman Web. Awalnya berarti pictograph, kata harfiah yang berarti “gambar” (e) + “huruf” (Moji). Karakter yang digunakan layaknya seperti emoticon di tempat lain, tetapi mempunyai jenis-jenis emoticon yang lebih luas, serta ikon yang digunakan telah di standardisasi dan ditanamkan ke dalam handset.

Dilansir Deutsche Welle, Anda pengguna aktif Emoji? Tapi tahukah Anda kapan bahasa gambar itu mulai digunakan? Siapa tokoh pengembangnya. Inilah 10 fakta emoji yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Emoji Jadi Bintang Film

Emoji Jadi Bintang Film
Dari display ponsel kini emoji naik daun melompat ke layar lebar. Film animasi ""Emoji" besutan sutradara Tony Leondis mengajak penonton berkelana ke kota Textopolis. Di sana semua emoji memiliki emosi wajahnya masing-masing.

2. Ini Awal Mulanya

Ini Awal Mulanya
Emoji-Hype dimulai dengan gambar dua titik satu garis hubung dan satu kurung tutup, untuk menggambarkan emosi wajah tersenyum. Emoticons ini diciptakan dan disebar di dunia komputer oleh pakar informatika AS, Scott Fahlman sekitar 30 tahun silam. Istilah Emoticons adalah gabungan dari kata "emotion" (emosi) dan "icon" (simbol).

3. Emoji Ditemukan di Jepang

Emoji Ditemukan Shigetaka Kurita di Jepang 
Insinyur Software Shigetaka Kurita dari Jepang (foto), pada 1999 meletakkan landasan bagi Emoji atau alfabet gambar (bhs. Jepang). Berbeda dengan Emoticons, rancangan Emoji merupakan gambar dari rangkaian Pixel. Berkat standarisasi lintas teknik, emoji bisa dikirimkan ke berbagai perangkat berbeda. Dimulailah era booming bahasa gambar.

4. Dipatenkan Warga Jerman

Emoji Dipatenkan Warga Jerman
Penemu Emoji Kurita, tidak menjadi kaya raya dengan ide sensasionalnya. Tapi warga Jerman Marco Hüsges jeli melihat kesempatan, pada 2015 mempatenkan merk Emoji. Hingga kini sudah ada 350 pembeli lisensinya, mulai dari industri pakaian hingga studio film SONY yang memproduksi film Emoji.

5. Roman Emoji Pertama

Roman Emoji Pertama
Apakah Roman yang ditulis dengan bahasa Emoji ini mudah dibaca, masih jadib tanda tanya. Tapi seharusnya terlepas dari bahasa ibu pembacanya, roman karya seniman Cina Xu Bing bertitel "Book from the Ground" ini bisa mudah dimengerti. Petenis profi Roger Federer merasa terinspirasi, dan via twitter ia mencuitkan kegiatan hariannya dengan rangkaian emoji.

6. Emoji Baru Dirilis di California

Emoji Baru Dirilis di California
Sekali setahun Konsorsium Unicode di AS memberikan lampu hijau untuk rilis emoji baru. Semua punya hak mengusulkan, tapi keputusan ditarik berdasar kriteria apakah emoji baru itu nantinya akan sering digunakan? Empat emoji baru dari Apple (foto) sudah mendapat lampu hijau, dan tahun ini juga akan dirilis.

7. Finlandia Terbitkan Emoji Sendiri

Finlandia Terbitkan Emoji Sendiri
Finlandia menjadi negara pertama yang terbitkan emoji sendiri pada 2015. Selain contoh gambar emoji dalam foto, seluruhnya adal 56 emoji yang gambarkan gaya hidup di negara dekat kutub utara itu. Konsorsium Unicod hanya menolak satu emoji, yang disebut Kalsarikännit, yakni kebiasaan khas warga Finlandia, jika minum di rumah hanya mengenakan celana dalam.

8. Apple Larang Emoji Pistol

Emoji pistol
Hingga 2015 sistem operasi Apple-iOS masih mengizinkan pengirima icon revolver asli. Pada 2016 Apple mengganti icon dengan pistol air berwarna hijau. Para pengguna iOS hanya akan menerima emoji ini jika mengirim icon revolver. Tapi jika emoji ini dikirimkan dari iPhone ke ponsel Android, maka gambar revolver yang kembali muncul.

9. Pemilihan Emoji Terpopuler Tahun Ini

Emoji tertawa keluar air mata dinobatkan sebagai emoji terpopuler
2015 Emoji, wajah tertawa hingga keluar air mata, dinobatkan sebagai emoji terpopuler di Inggris. Lebih dari 20 pengguna, mengirim emoji ini. Cukup alasan bagi Redaksi Oxford-Dictionaries untuk memilih "emoji" ini sebagai kata terpopuler tahun ini. Juga mingguan Jerman Die Zeit baru-baru ini memilih emoji ini sebagai kata terpopuler tahun ini.

10. Hari Emoji Sedunia

Hari Emoji Sedunia
Dirayakan sejak 2014 setiap tanggal 17 Juli. Alasannya, secara kebetulan, kalender Emoji menunjuk tanggal ini. Tahun 2017 ini, dua hari sebelum hari Emoji, pada 15 Juli 531 orang tampil berbereng di Moskow, Dubai, Dublin, Sao Paulo dan London (foto) dengan mengenakan busana emoji.

Baca Juga :
  1. Menakjubkan, Inilah Menara Tertinggi Sejagad Yang Digantung di Asteroid
  2. Deretan 7 Bandara Terbaik di Dunia, 6 Berada di Asia
  3. Inilah 8 Fakta Ajaib Air Susu Ibu Yang Mungkin Kalian Belum Ketahui
  4. Nauzubillahiminzalik, Ini Akibat Orang Yang Suka Berhutang Tapi Tak Segera Melunasinya
  5. Nostalgia, Ternyata Layar Tancap di Indonesia Masih Dilestarikan Oleh Segelintir Penikmat Film Lawas

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, Deutsche Welle, Bettina Baumann, wikipedia, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.