Inilah Kemampuan Militer Korea Utara Yang Mampu Membuat Merinding Lawannya

Korea Utara dikenal sebagai negara yang sangat tertutup. Negara ini juga mendeklarasikan diri sebagai satu dari sedikit negara yang berani menentang Amerika Serikat. Semakin membuat penasaran, mengapa hingga kini tak ada negara yang berani menginvasi Korut, meski mereka dikabarkan sering membuat cemas Amerika Serikat dan Korea Selatan. Kekuatan militer mereka disebut lebih dari siap, seandainya ada negara yang mengajak perang.

Dilansir Deutsche Welle, Korea Utara punya tentara dalam jumlah besar. Ditambah lagi, negara komunis itu terus menambah dan meningkatkan persenjataannya termasuk senjata nuklir. Berikut Kemampuan Militer Korea Utara Yang Mampu Membuat Merinding Lawannya

1. Jumlah Tentara Sangat Besar

Tentara Korea Utara
Dengan jumlah tentara reguler 700.000 orang, dan hampir 4,5 juta tentara cadangan, hampir seperlima rakyat Kore Utara berbakti dalam militer. Semua pria di negara komunis itu wajib mengikuti pendidikan militer dalam bentuk apapun. Dengan demikian, militer Korea Utara dari segi jumlah dua kali lebih besar daripada Korea Selatan.

2. Alutsista Banyak

Kim Jong Un di pusat komando militer
Menurut Global Firepower Index 2017, Korea Utara punya banyak alat utama sistem pertahanan berupa 76 kapal selam, 5.025 panser, serta 458 jet tempur. Foto dari 2013 ini menunjukkan pemimpin Kim Jong Un di pusat komando militer. Dari tempat ini ia bisa memerintahkan persiapan peluncuran roket yang sebagian bisa dimuati hulu ledak nuklir, untuk menyerang AS dan Korea Selatan.

3. Pamer Persenjataan

Pamer persenjataan
Tiap tahun, rezim Korea Utara mamamerkan kekuatan militernya lewat parade di ibukota Pyongyang. Jadwal penyelenggaraan pamer senjata seperti ini biasanya jatuh pada hari peringatan penting di negara komunis itu, atau bertepatan dengan perayaan penting di keluarga Kim.

4. Peluru Kendali Balistik Antar Benua

Peluru kendali balistik anrar benua
AS mengkonfirmasi uji coba peluru kendali balistik antar benua (ICBM) terbaru oleh Korea Utara sukses. Keberhasilan ini adalah "eskalasi dan ancaman baru bagi AS, sekutunya dan dunia," begitu dinyatakan Menlu AS Rex Tillerson. Roket tipe Hwasong-14 mampu "mencapai sasaran manapun di dunia". Demikian laporan kantor berita Korea Utara, KCNA.

5. Uji Coba Nuklir Dilanjutkan

Uji coba nuklir Korea Utara
Walaupun dunia internasional menjatuhkan sanksi berat, Korea Utara melanjutkan program nuklirnya. Hingga sekarang sudah dilakukan lima kali uji coba nuklir. Tahun 2016 saja dialkukan dua kali. Menteri Pertahanan Korea Selatan Han Min Koo menilai kemungkinannya besar, Korea Utara dalam waktu dekat akan menguji senjata nuklir untuk ke enam kalinya.

6. Ancaman bagi Perdamaian Dunia

Ancaman dari perdamaian dunia
Hanya Cina dan Rusia yang bisa terhitung sekutu Korea Utara. Rezim itu melihat apa yang mereka sebut "kekuatan imperialis AS" sebagai musuh utama, disusul Jepang dan Korea Selatan. Korea Utara terutama memberi reaksi tajam terhadap latihan militer tahunan yang diadakan AS dan Korea Selatan.

7. Akhir Kesabaran?

Akhir dari kesabaran
Setelah Korea Utara melakukan tes peluru kendali balistik antar benua, tampaknya AS sudah habis kesabaran. Presiden AS Donald Trump akan membicarakan solusi dengan sekutunya, sebagai pembicaraan sampingan dalam KTT G20 di Hamburg. Cina dan Rusia terutama berusaha mencegah AS melancarkan serangan pertama terhadap Korea Utara.

Baca Juga :
  1. Menakjubkan, IQ Gadis Asal Inggris Ini Mampu Menyalip Einstein dan Hawking
  2. 7 Hewan Yang Memiliki Kekuatan Super Yang Melebihi Superhero
  3. Bakar Lemak Sambil Tidur, Ini 4 Caranya
  4. Inilah 8 Fakta Ajaib Air Susu Ibu Yang Mungkin Kalian Belum Ketahui
  5. Deretan 7 Bandara Terbaik di Dunia, 6 Berada di Asia

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, Deutsche Welle, H. Gui/A. Grunau, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.