Jangan Remehkan, 12 Tanda Pada Mata Yang Dapat Memberitahu Kondisi Kesehatan Anda

Dari waktu ke waktu, setiap orang mengalami sensasi yang tidak menyenangkan di mata mereka. Bagi kebanyakan orang, istirahat yang baik dan tidur nyenyak sudah cukup untuk mengembalikan penglihatan, tapi ada juga beberapa tanda yang tidak bisa diabaikan. Dilansir Brightside, berikut adalah 12 gejala yang menjadi alasan untuk berkonsultasi ke dokter.

1. Bintik putih pada kornea mata.

Bintik putih di kornea. © depositphotos  
Ini adalah fenomena yang cukup umum di kalangan orang yang memakai lensa kontak dan mungkin merupakan tanda adanya  infeksi kornea . Bahkan luka mata kecil yang disebabkan oleh pemakaian lensa kontak dapat menyebabkan infeksi semacam itu dan kemudian ke  tukak kandung kemih . Orang yang memakai lensa dengan masa pakai yang tercantum tanggal kadaluarsa atau lensa kontak harian untuk waktu yang lama (termasuk semalam) sangat berisiko.

2. Lingkaran putih di sekitar iris mata.

Lingkaran putih disekitar iris. © depositphotos  
Pertanda ini menyatakan telah terjadi penuaan, dan bukan alasan untuk dikhawatirkan. Tapi jika Anda jauh dari usia pensiun, lingkaran putih di sekitar iris bisa menandakan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi , yang berarti peningkatan risiko terkena serangan jantung atau  stroke cukup tinggi.

3. Mata merah.

Mata merah. © depositphotos  
Penyebab mata merah mungkin kurang tidur, kerja yang berkepanjangan, atau terpapar angin atau juga sinar matahari. Jika mata memerah tanpa alasan khusus, itu bisa menandakan penyakit seperti peningkatan tekanan intraokular (glaukoma), tekanan intrakranial tinggi, dan diabetes .

4. Mata kering.

Mata kering. © depositphotos  
Mata kering menyebabkan ketidaknyamanan dan gatal pada mata, dan biasanya kita akan menggosok mata namun dengan menggosok mata dapat merusak kulit halus di sekitar mata. Hal ini menyebabkan tergelincirnya kelopak mata dan keriput mata serta meningkatkan efek udara berlebih dan membuat mata menjadi lebih kering. Penyebab paling umum dari gatal mata adalah  alergi musiman .

Jika kekeringan berlebihan disertai dengan peningkatan kepekaan terhadap cahaya, ini mungkin mengindikasikan sindrom Sjogren , kelainan sistem kekebalan tubuh yang langka.

5. Bintik-bintik tak berwarna di depan mata.

Bintik tak berwarna di depan mata. © depositphotos  
Bintik-bintik seperti gambar diatas akan terlihat dengan latar belakang langit yang cerah, salju yang menyilaukan, atau dinding putih yang terang. Dari waktu ke waktu, masing-masing dari kita melihat mereka, namun kenaikan tajam jumlah mereka harus diwaspadai: ini mungkin tanda adanya  air mata di retina atau terjadinya detasemen pada mata.

6. Mata merah membengkak.

Mata merah membengkak. © depositphotos 
Ini adalah gejala dari  kelelahan dan kurang tidur dan tanda seperti ini sebagian orang sering keliru sebagai tanda dari infeksi mata tanda. Gejala seperti itu juga bisa muncul pada  pecinta tetes mata dengan efek pemutih. Penggunaan dalam jangka panjang akan membahayakan mata.

7. Plak kekuningan di dekat iris.

Plak kuning didekat iris. © depositphotos  
Beberapa orang mempunyai plak kunik disekitar iris ini disebut juga pinguecula. Ini adalah tanda penuaan konjungtiva, dan tanda-tanda ini ditemukan terutama pada orang tua.

Selain itu, perkembangan penyakit ini diprovokasi oleh sinar UV, sehingga paling sering pinguecules muncul pada orang yang menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari. Ini bisa dibandingkan dengan kalus pada kulit. Mereka juga terjadi karena danya iritasi sistematik dari angin, debu, dan asap. Pinguecula adalah pertumbuhan yang tidak berbahaya yang tidak memiliki efek negatif pada penglihatan.

8. Air mata keluar tanpa disengaja.

Air mata keluar tanpa sengaja. © depositphotos  
Kedengarannya sedikit paradoks, tapi air mata keluar tanpa disadari bisa menjadi  tanda mata kering. Dengan demikian mata mencoba mengeluarkan air untuk menjaga kelembaban mata. Fenomena ini biasa terjadi di kalangan mereka yang menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau di depan TV .

Apakah tandanya jika tiba-tiba mata menjadi sulit untuk menutup saat air mata tiba-tiba keluar? Ini adalah gejala  kelumpuhan saraf , yang mengendalikan otot-otot wajah. Ini bisa menjadi komplikasi setelah terjadinya infeksi virus.

9. Titik gelap kecil, bergelombang dan berkelap-kelip dilatar belakang.

Titik gelap kecil, bergelombang dan berkelap-kelip dilatar belakang. © depositphotos  
Gejala ini mungkin mengindikasikan sirkulasi otak yang buruk. Namun ini adalah sebuah indikasi bahwa titik-titik yang muncul dan menghilang dari bidang visual menunjukkan adanya kerusakan pada bagian dari humor vitreous. Penyebab paling umum adalah penuaan pada tubuh. Namun, orang dengan gangguan metabolisme - diabetes, gangguan vaskular, dan penggemar diet - beresiko terkena gejala ini.

10. Hilangnya gambar di bidang visual.

Hilangnya gambar pada bidang visual. © pixabay  
Jika dari waktu ke waktu Anda melihat gambar menghilang dari area tertentu di bidang visual Anda, ini adalah  tanda bahwa mata anda mengalami kondisi migrain . Hal itu bisa disertai sakit kepala akibat gangguan peredaran otak yang tidak seimbang. Migrain mata tidak berbahaya. Tidak ada penjelasan pasti tentang kejadiannya, dan tidak ada metode pengobatannya.

11. Penglihatan kabur.

Penglihatan kabur. © depositphotos  
Miopia bukan satu-satunya alasan untuk penglihatan kabur: ini bisa menjadi tanda  diabetes . Jika, selain penglihatan kabur, jika anda memperhatikan dan melihat lingkaran cahaya di sekitar sumber cahaya dan terlihat adanya lingkaran seperti digambar, ini mungkin mengindikasikan adanya katarak.

12. Kuning pada mata.

Kuning pada mata. © depositphotos 
Tanda seperti ini paling sering penyebabnya terletak pada penurunan fungsi hati dan saluran empedu . Kerutan bisa menjadi gejala utama  hepatitis.

Baca Juga :
  1. Belikan Sepatu Anak Tunawisma, Kisah Pria Baik Hati Ini Sangat Menginspirasi
  2. 7 Tanda Anda Miliki Kemampuan Supranatural
  3. Nauzubillahiminzalik, Di Alam Barzah, Orang Ini Merobek Mulutnya Hingga Hari Kiamat
  4. 8 Negara Terkecil Buatan Sendiri Dengan Keunikannya
  5. Bakar Lemak Sambil Tidur, Ini 4 Caranya

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, brightside)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.