Unik, 7 Hewan Yang Mempunyai Gigi Terbanyak, Bahkan Ada Yang Memiliki 30.000 Gigi

Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan, terutama karnivora, sebagai senjata. 

Namun apa kalian tahu berapa jumlah gigi yang dipunyai hewan yang ada di dunia ini ?. Seperti hewan singa. Hewan ini biasa ditakuti karena bisa melukai bahkan membunuh orang. Tapi apakah hewan ini yang mempunyai gigi terbanyak? Kalau bukan, jadi yang mana? Berikut 7 Hewan dengan gigi terbanyak, bahkan ada yang sampai mempunyai 30.000 gigi.

1. Singa

Singa
Singa adalah "kucing" kedua terbesar. Harimau lebih besar dari singa. Tapi keduanya punya jumlah gigi yang sama, yaitu 30, walaupun kadang ada yang lebih sedikit. Sebagai perbandingan: manusia dewasa secara umum punya 32 gigi.

2. Rubah Bertelinga Kelelawar

Rubah telinga kelelawar
Otocyon megalotis (dalam bahasa Inggris disebut bat-eared fox) paling dikenal karena bentuk telinganya, yang panjangnya sekitar 5 cm, berbeda dengan jenis rubah lainnya. Tapi ada hal lain yang membedakannya dari rubah lain, yaitu jumlah gigi yang antara 46-50 buah. Tapi gigi sebanyak itu tidak terlalu penting dalam mengunyah makanan. Karena mereka biasanya makan serangga, terutama rayap.

3. Opossum

Opossum
Hewan ini terkenal karena kakinya yang seperti tangan manusia, dan punya kantung untuk membawa anak. Tapi jumlah giginya juga mengesankan, yaitu 50 buah dan tajam. Kalau terjebak opossum segera memamerkan agresifitas dengan menunjukkan gigi. Tapi mereka biasanya tidak menggigit siapapun. Gigi hanya mereka gunakan kalau sedang lapar.

4. Buaya

Buaya
Ini juga hewan yang sering "pamer gigi". Binatang ini memiliki rahang yang sangat kuat, sehingga dapat menggigit dengan kekuatan luar biasa. Tekanan gigitan buaya ini tak kurang dari 5.000 psi (pounds per square inch, yang setara dengan 315 kg/cm²). Sebagai perbandingan, kekuatan gigitan anjing ras Rottweiler hanya 335 psi. Sementara hiu putih raksasa sebesar 400 psi.

5. Armadillo Raksasa

Armadillo raksasa
Armadillo berukuran besar panjangnya bisa sekitar 90 cm. Hewan ini memiliki gigi antara 80-100 buah. Makanannya terutama semut dan rayap, juga larva, siput dan cacing. Armadillo Raksasa termasuk daftar hewan yang terancam kelestariannya. Jumlahnya makin sedikit akibat habitat yang hilang dan perburuan.

6. Lumba-Lumba

Lumba lumba

Lumba-lumba yang hidup di samudra biasanya memiliki gigi tajam sekitar 260 buah. Letaknya tersebar secara merata, dan bagian atas dan bawah terbentuk untuk bisa saling terpaut. Anehnya, jika memakan mangsa, lumba-lumba kerap tidak mengunyahnya sama sekali. Mangsa kerap langsung ditelan.

7. Siput

Siput Limax Maximus
Semua jenis siput berukuran kecil. Jenis yang paling besar, hanya sekitar 30 cm. Tapi siput punya gigi puluhan ribu. Siput yang mulutnya berukuran hanya sebesar kepala jarum punya gigi lebih banyak dari jenis hewan manapun di dunia. Gigi mereka disebut radula, dan ukurannya mikroskopis. Sejauh ini tercatat jenis siput Limax Maximus (foto) punya gigi sekitar 30.000.

Baca Juga :
  1. Keren, Ini Bukan Fiksi, Dubai dan Cina Telah Mempekerjakan Robot Polisi
  2. 10 Fakta Unik Tradisi Hari Raya Idul Fitri Dari Sejumlah Negara di Dunia
  3. Nauzubillahiminzalik, Di Alam Barzah, Orang Ini Merobek Mulutnya Hingga Hari Kiamat
  4. Mengejutkan! Pria Ini Bisa Sembuh Dari Kanker Stadium 4 Dalam 10 Hari!
  5. 8 Cara Agar Baterai Smartphonemu Tidak Cepat Habis!

(ref: ikhsan, wowuniknya.net, Deutsche Welle, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.