Wajib Tahu, Tubuh Sudah Memberi Peringatan, 6 Bulan Sebelum Terkena Serangan Jantung

Serangan jantung adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah menuju ke jantung terhambat. Ini adalah kondisi medis darurat yang biasanya disebabkan oleh penggumpalan darah atau penumpukan lemak, kolesterol, dan unsur lainnya. Gangguan aliran darah ke jantung tersebut bisa merusak atau menghancurkan otot jantung dan bisa berakibat fatal. Dalam dunia medis, serangan jantung disebut juga sebagai infark miokard.

Ilustrasi serangan jantung
Dilansir Deutsche Welle, Tubuh Anda akan memberi tanda peringatan atas serangan jantung hingga enam bulan sebelum terjadi. Pernahkah Anda mengalami gejala-gejala ini? Jika demikian, Anda mungkin perlu menjadwalkan janji dengan dokter.

1. Kelelahan ekstrem

Salah satu tanda awal serangan jantung adalah kelelahan ekstrem. Tentu saja, kelelahan adalah perasaan normal setelah melakukan aktivitas fisik atau mengalami hari yang panjang. Namun, jika Anda terus-menerus merasa lelah dan letih, periksa ke dokter. Tidak wajar jika cukup tidur, makan dengan baik, dan tidak menguras tenaga secara fisik, namun tetap terasa letih.

2. Gangguan tidur

Tanda peringatan lain dari serangan jantung adalah gangguan pada kebiasaan tidur. Pikiran bawah sadar Anda mungkin mengatakan bahwa ada sesuatu yang salah. Anda mungkin sering terbangun, sering ke kamar mandi di malam hari atau mengalami kehausan yang ekstrem di malam hari. Jika Anda tidak memiliki penjelasan logis untuk gangguan tidur ini, temui dokter Anda.

3. Napas tersengal

Mengalami sesak napas bisa jadi tanda peringatan kunci bahwa Anda mengalami masalah jantung. Bila jantung Anda tidak mendapatkan cukup oksigen, Anda bisa merasakan sesak napas.

4. Gangguan pencernaan

Tanda peringatan dini serangan jantung lainnya adalah gangguan pencernaan. Hal ini tidak normal untuk selalu memiliki perut sering kram. Namun, makanan pedas dan iritasi tertentu biasanya bisa jadi juga jadi biang keladi gangguan pencernaan.

5. Meningkatnya kecemasan

Periksa ke dokter Anda jika Anda mengalami peningkatan tingkat kecemasan yang tidak memiliki penjelasan logis sebagai alasannya.

6. Kesemutan

Bila jantung Anda tidak menerima oksigen yang cukup untuk berfungsi, Anda bisa mengirim impuls ke tulang belakang Anda. Bila ini terjadi, saraf yang saling terkait antara jantung, tulang belakang, dan lengan Anda mengirim dorongan yang menyebabkan rasa kesemutan bahkan mati rasa.

7. Waspada

Tanda-tanda peringatan awal serangan jantung ini bisa menyelamatkan hidup Anda. Bagikan informasi ini dengan orang yang Anda cintai untuk melindungi hati mereka juga!

Baca Juga :
  1. Menakjubkan, Inilah Menara Tertinggi Sejagad Yang Digantung di Asteroid
  2. Inilah Balasan Mengerikan Bagi Para Pencela Sahabat Nabi
  3. Keren, Karena Kesiangan Bocah Ini Diantar Sang Ayah ke Sekolah Menggunakan Helikopter
  4. Deretan 7 Bandara Terbaik di Dunia, 6 Berada di Asia
  5. Masya Allah, Ternyata Air pun Bisa Mendengar Ini Buktinya

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, Deutsche Welle, alodokter, naturalcureshouse/newzmagazine, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.