7 Lomba Paling Seru dan Unik Diperayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Setiap tahun kita selalu merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus, tepat hari ini tanggal 17 Agustus 2017 Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-72, setiap daerah selalu menyajikan pagelaran kesenian maupun penghormatan kepada para pejuang dan tidak lupa untuk selalu melaksanakan upacara pengibaran bendera pusaka merah putih. Tidak hanya itu seluruh rakyat Indonesia pun melaksanakan tradisi lomba 17san, lomba ini selalu hadir disetiap tanggal 17 Agustus untuk memeriahkan suasana di hari kemerdekaan.

Dilansir Deutsche Welle, Kocak, seru, kadang penuh perjuangan. Tiap 17 Agustus, berbagai lomba tradisional digelar. Ada berbagai macam perlombaan yang sangat seru diantaranya adalah lomba bakiak, balap karung, sepeda hias dan masih banyak lainnya. Lalu lomba apa yang paling Anda gemari saat 17 Agustus-an?. Berikut ulasan 7 Lomba Paling Seru dan Unik Diperayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

1. Lomba Makan Kerupuk

Lomba Makan Kerupuk
Jenis lomba ini sepertinya 'wajib' ada dalam setiap ajang lomba 17 Agustus-an. Kerupuk yang digantung ke seutas tali harus segera dihabiskan oleh peserta lomba yang matanya ditutup secarik kain. Kalau urusan makan, seharsnya tak sulit. Yang makannya paling cepat, dialah pemenangnya.

2. Lomba Balap Karung

Lomba Balap Karung
Seperti jenis permainan lainnya, lomba balap karung mengandalkan kecepatan. Siapa cepat dia menang. Yang mengundang senyum penontonnya adalah, peserta lomba harus meloncat-loncat ke garis finish. Tapi kalau sampai jatuh, membuat kita jadi meringis. Awas jatuh!

3. Lomba Pecahkan Balon Berisi Air

Lomba Pecahkan Balon Berisi Air
Memukul balon yang digantung hingga pecah -- mungkin mudah. Tapi melakukanya dengan mata tertutup? Kalau tak hati-hati bisa jadi rekan peserta lain bisa kena pukul. Jenis lainnya, memecahkan balon dengan jarum. Boleh dibilang, jenis lomba yang satu ini cukup sulit. Begitu balonnya pecah, air di dalam balon, muncrat kemana-mana dan tertawa penontonpun pecah, termasuk mereka yang kecipratan.

4. Lomba Tarik Tambang

Lomba Tarik Tambang
Lomba ini melatih kekompakan dan persatuan. Setiap grup terdiri dari beberapa orang. Dua grup yang berlawanan adu menarik tali tambang hingga grup lainnya terseret ke wilayahnya. Ssssttt, ini triknya: Posisikan yang paling kuat tenaganya di bagian depan, bukan di belakang.

5. Lomba Perang Bantal di Atas Air

Lomba Perang Bantal
Pesertanya diharap bisa berenang, karena permainan ini dilakukan di atas bambu yang dipasang di atas air, kolam, atau sungai. Kadang-kadang juga di atas lumpur. Setiap peserta dimodali satu bantal atau guling yang telah dibasahi. Mereka saling memukul pakai bantal/guling, yang jatuh lebih dulu, kalah.

6. Main Bola di Lumpur

Main Bola di Lumpur
Main bola mungkin sudah biasa. Tapi untuk gelaran 17 Agustus-an ini biasanya main bolanya di genangan lumpur. Jadi kebayang bukan, hebohnya seperti apa?

7. Panjat Pinang

Panjat Pinang
Bagi banyak orang, yang spektakuler mungkin panjang pinang. Satu kelompok bekerjasama agar bisa mencapai pucuk tiang ini, guna mengambil berbagai hadiah yang dipasang di puncaknya. Penuh perjuangan, penuh taktik. Semoga beruntung.

Lihat, hadiah panjat pinangnya cukup heboh. Bahkan ada sepeda yang dipasang di puncaknya. Menang atau kalah, yang terpentinga adalah rasa suka cita terlepas dari penjajahan dan rasa kebersamaan berbangsa, tanpa membedakan suku agama ataupun ras. Dirgahayu Indonesia.

Apapun Permainannya Yang Penting Kebersamaannya

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, Deutsche Welle, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.