Inilah 8 Tanda Anda Memenuhi Syarat Untuk Mencapai Kesuksesan

Sukses adalah pencapaian dari suatu tindakan di dalam periode waktu atau parameter yang spesifik. Sukses juga bisa berarti penyelesaian tugas atau meraih tujuan.

Kebanyakan orang di planet ini merasa bahwa menjadi orang sukses adalah sesuatu hal yang bagus. Saat mereka berpikir tentang sukses, mereka biasanya berpikir soal manfaat material, kebahagiaan, dan pencapaian. Yang pasti, sukses bisa mencakup semua hal tersebut dan bahkan lebih banyak lagi.

Sukses Ilustrasi

Dilansir DW, Sukses tergantung pada "grit". Begitu hasil studi Angela Duckworth, peneliti di bidang psikologi. Kata itu dalam Bahasa Indonesia berarti tabah, berani dan punya determinasi. Bagaimana pelaksanaannya dalam dunia kerja?

Bersungguh-Sungguh dan Bertanggungjawab
Untuk sukses perlu komitmen. Orang yang sukses tidak hanya hadir untuk berlatih, melainkan untuk semakin baik sehingga akhirnya mendapat "piala emas". Untuk itu yang diperlukan bukan hanya kerja keras, tapi juga tanggung jawab dan hati nurani.

Terus Berusaha Walaupun "Sudah Kalah"
Jika menghadapi situasi sulit, orang bisa memilih berusaha mengatasi, atau membiarkan diri dikalahkan situasi. Manusia adalah mahluk yang dipengaruhi oleh kebiasaan. Jika orang terbiasa menyerah jika situasi mulai sulit, memilih menyerah akan sangat mudah. Di lain pihak, jika Anda memaksa diri untuk tetap bertahan, karakter kuat akan semakin berkembang dalam diri Anda.

Mengontrol Emosi
Emosi negatif akan terus jadi tantangan jika ingin sukses. Emosi tidak mungkin disepelekan. Tapi tiap orang punya kekuatan untuk mengatasinya secara efektif. Jika orang membiarkan emosi (baik negatif atau positif) menguasai pikiran sepenuhnya, orang tidak bisa mencapai hasil apapun.

Setia kepada Visi
Punya visi berarti punya kemampuan melihat sesuatu yang bisa terjadi. Jika Anda menyampaikan visi Anda, tentu ada orang yang menentang. Orang akan menunjukkan bahwa yang Anda inginkan tidak mungkin dicapai, dsb. Walaupun banyak tantangan, orang yang kuat dan percaya diri tetap konsekuen pada visinya.

Tetap Ramah kepada Orang Yang Kasar kepada Anda
Jika orang lain memperlakukan kita dengan buruk, ada keinginan untuk memperlakukan orang itu juga demikian. Orang yang benar-benar punya karakter kuat tidak membiarkan dirinya diinjak-injak, tapi juga tidak kasar kepada mereka. Melainkan tetap ramah seperti halnya dengan orang lain, karena ia tidak membiarkan sifat negatif orang lain membuatnya jadi buruk.

Memberikan Lebih Banyak dari Imbalan
Mendapat pujian tentu menyenangkan. Tidak mendapat pujian atau imbalan sesuai apa yang sudah dikerjakan bukan masalah. Kesabaran penting untuk mencapai sukses. Orang yang punya "grit" tahu bahwa hasil nyata akan tampak jelas jika menginvestasikan waktu, dan tidak mempedulikan rasa senang yang hanya terasa dalam waktu singkat.

Bertindak dengan Berani Walau Takut
Orang bisa merasa takut jika harus berbicara di depan banyak orang. Untuk orang lain itu mungkin hal mudah, ibaratnya berbicara dengan sekelompok teman. Perbedaannya bukan pada kemampuan, melainkan orang pertama harus keluar dari zona kenyamanannya, sementara orang kedua tidak. Kekuatan orang terlihat pada keberanian untuk melakukan sesuatu yang tidak biasa dilakukan.

Berusaha Mencapai Yang Terbaik, bukan Yang Sempurna
Sikap perfeksionis didasari pandangan bahwa diri sendiri tidak cukup baik. Berusaha mencapai yang terbaik berarti secara konstan meningkatkan standar. Perbedaan lainnya: orang yang perfeksionis berusaha meningkatkan percaya diri, sementara orang yang memberikan yang terbaik menunjukkan kepercayaan pada diri sendiri.

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, Deutsche Welle , Forbes, LifeVantage (ml/hp), berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.