Inilah Potret Gerhana Bulan Parsial Yang Diabadikan di Beberapa Negara di Dunia

Pada gerhana Parsial/sebagian ini, bumi tidak seluruhnya menghalangi bulan dari sinar matahari. Sedangkan sebagian permukaan bulan yang lain berada di daerah penumbra. Sehingga masih ada sebagian sinar Matahari yang sampai ke permukaan bulan.

Dilansir Deutsche Welle, Antara tanggal 7 dan 8 Agustus sebagian wilayah Bumi mengalami fenomena langka, yakni gerhana bulan parsial. Indonesia termasuk yang beruntung. Tapi kenapa gerhana bulan selalu ditemani gerhana matahari total?

1. Indonesia

Gerhana bulan parsial Indonesia
Sebagian langit Bumi dihias gerhana bulan parsial pada malam antara tanggal 7 dan 8 Agustus. Di Indonesia gerhana mulai terlihat menjelang tengah malam dan mencapai puncaknya pada pukul 01:20 WIB, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

2. Jerman

Gerhana bulan parsial Jerman
Gerhana bulan parsial disebabkan oleh pergerakan Bumi dan Matahari sehingga menyebabkan tertutupnya sebagian permukaan Bulan oleh Bumi. Di Jerman bulan terlihat merona merah karena sebagian cahaya matahari yang dibelokkan oleh atsmofer Bumi cendrung memiliki spektrum berwarna merah.

3. Jepang

Gerhana bulan parsial Jepang
Adapun gerhana matahari total akan terjadi pada 21 Agustus 2017. Tapi sayangnya peristiwa langka ini tidak dapat diamati dari Indonesia. Sedangkan gerhana bulan parsial bisa disimak di Eropa, Afrika, Asia dan Australia.

4. Irak

Gerhana bulan parsial Irak
Pada abad ke21 sudah terjadi setidaknya 57 gerhana bulan parsial dan 85 gerhana bulan total. Secara umum ilmuwan meyakini rata-rata sebanyak 70 hingga 84 gerhana bulan parsial terjadi setiap abad.

5. India

Gerhana bulan parsial India
Adalah gerhana bulan total yang menjadi perhatian ilmuwan. NASA misalnya menyiapkan pesawat WB-57 yang memiliki teleskop inframerah dan rencananya akan terbang mengikuti arah gerhana, sehingga bisa menyimak fenomena unik tersebut selama delapan menit. Dengan cara itu NASA ingin mempelajari atsmofer Matahari dan Merkurius dengan lebih seksama.'

6. Malta

Gerhana bulan parsial Malta
Bukan kebetulan gerhana bulan parsial dan gerhana matahari total terjadi berdekatan. Pasalnya gerhana matahari total hanya terjadi pada saat bulan baru. Tidak heran jika gerhana bulan dan matahari hanya terpisah jarak dua pekan.

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, Deutsche Welle, wikipedia, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.