Keren, Inilah Perubahan Bandar Udara Wamena Dari "Kandang Ayam" Jadi Bandara Megah dan Mewah

Bandara Wamena yang terletak di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua ini merupakan bandara perintis. Bisa dibilang kondisinya itu jauh dari kata layak, bahkan bangunannya berlantai tanah dan beratap seng. Di luarnya ada tulisan Check Counter di salah satu dinding seng.

Berikut kondisi Bandar Udara Wamena kala itu :

Bandar Udara Wamena
Counter Check yang berdinding seng seta berlantai tanah

Terlihat beberapa penumpang sedang menunggu dan ada juga orang asing

Pintu masuk bandar udara wamena kala itu

Terlihat konter maskapai penerbangan yang seadanya
Presiden Jokowi telah meresmikan Bandara Wamena pada 31 Desember tahun 2015 lalu dalam kunjungan kerjanya ke Papua. Meski bukan benar-benar baru dibangun, alias direnovasi, wajah baru Bandara Wamena kini terlihat lebih fresh. Renovasi bandara Wamena merupakan prakarsa dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang dinakhodai Menteri Ignasius Jonan.

Keberadaan Bandara Wamena, yang mana ibukota Kabupaten Jayawijaya ini emang penting banget. Bukan hanya jadi tempat keberangkatan penumpang yang mau ke Jayapura dan sebaliknya, tapi juga pintu masuknya kebutuhan utama masyarakata pegunungan Papua.

Bandara Wamena saat ini melayani transportasi ke 11 kabupaten yang ada di pegunungan tengah dengan total 150-180 penerbangan di tiap harinya. Jumlah ini sudah termasuk rute penerbangan utama Wamena-Jayapura.

Sebagai satu-satunya bandara yang melayani transportasi udara ke 11 kabupaten tadi, Bandara Wamena memang tidak diperbolehkan ‘tidur’. Jika cuaca sedang buruk hingga memaksa pesawat tak bisa mendarat disana, hal ini akan berdampak langsung ke perekonomian masyarakat pegunungan.

Berikut penampakan Bandar Udara Wamena yang telah direnovasi, bahkan terlihat sangat keren

Bandar udara Wamena Kini

Bandar udara Wamena Kini

Bandar udara Wamena Kini

Add caption
Sekarang ini dipertengahan tahun 2017, bandar udara Wamena hampir selesai dikerjakan, dan rencanyanya bandar udara ini akan mulai dioperasikan pada akhir tahun 2017 ini. Semoga dengan direnovasinya bandar udara Wamena, warga Papua semakin jaya dan tak tertinggal.

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, harianpapua, detik, kaskus, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.