Menyakitkan, Bendera Indonesia Dicetak Terbalik di SEA Games 2017 dan Kekeliruan Rekam Jejak Juara Umum 2011

Perhelatan SEA Games ke-29 telah resmi dibuka. Namun ajang SEA Games kali ini diwarnai dengan insiden yang sangat disayangkan yakni terbaliknya lambang merah putih pada buku panduan pelaksanaan..

Panitia SEA Games 2017 serta Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia meminta maaf terkait terbaliknya bendera Indonesia. Mereka juga akan menemui Imam Nahrawi.

Bendera Indonesia Terbalik di buku souvenir SEA Games ke-29 di Malaysia (via:twitter.com/imam_nahrawi)
Buku souvenir SEA Games 2017 salah cetak soal warna bendera Indonesia. Warna yang harusnya merah putih, terbalik menjadi putih merah.

Menpora Imam Nahrawi dengan kesal memperlihatkannya di Twitter. Hal itu lantas menjadi viral yang mengundang kemarahan warganet Indonesia. Penyelenggara SEA Games Malaysia (MASOC) menyesali insiden itu.

Cetakan yang salah tersebut berada dalam halaman 80. Buku itu dibagikan pada pejabat yang hadir pada pembukaan SEA Games 2017.

"Pembukaan #SEAgames2017 yg bagus tapi tercederai dengan keteledoran fatal yg amat menyakitkan. Bendera kita....Merah Putih. Astaghfirullaah...," tulis Menpora Imam Nahrawai lewat akun Instagram-nya, Sabtu (19/8).

Dalam lembaran buku yang diunggah Imam Nahrawi nampak bendera Indonesia menjadi putih merah. Bendera Tanah Air berada di sisi sebelah kanan bersebelahan langsung dengan Malaysia.

Nahrawi akan segera melakukan protes kepada pihak panita.  "Jelas kami akan protes kepada panitia penyelenggara SEA Games 2017," tegas Imam Nahwari kepada para wartawan di pembukaan SEA Games 2017 di Bukit Jalil, Sabtu (19/8

Hal ini jelas harus dipertanyakan pihak penyelenggara. Sebab, harusnya yang membuat itu harus melewati proses editing dari pencetak maupun pembuat.

Apalagi, ironisnya hanya Indonesia saja yang terbalik. Bendera negara peserta lain terpasang benar.

Selain bendera yang terbaik, Kemenpora juga mempermasalahkan soal rekam jejak juara umum. Pada 2011 lalu, Indonesia berhasil menjadi juara umum. Namun, bukan bendera Indonesia yang dipasang, melainkan milik Thailand.
 (Ref: ikhsan, wowuniknya.net, republika, jawapos, detik, twitter, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.