Pecahkan Rekor Dunia, Inilah Tari Saman Dengan Peserta Terbanyak di Dunia

Tari Saman adalah sebuah tarian Suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian saman mempergunakan Bahasa Gayo. Tari saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali, 24 November 2011.

Tari Saman merupakan salah satu media untuk pencapaian pesan (dakwah). Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan.

Ribuan orang pecahkan rekor dunia untuk Tari Saman dengan anggota terbanyak

Menurut UPI, Rabu 16 Agustus 2017, Ribuan pria di Aceh berkumpul untuk membuat rekaman bersejarah dalam partisipasi mereka menarikan tarian Saman, tarian asal Aceh.

Sekitar 12.262 pria berkumpul untuk memeriahkan acara yang dikenal sebagai "10.001 Penari Saman" untuk berpartisipasi dalam tarian Saman kolosal di Stadion Seribu Bukit, Kabupaten Gayo Lues, Aceh.

Musium Rekor Indonesia (MURI) terlihat mendokumentasikan acara tersebut sebagai bagian dari upaya pemecahan rekor dunia.

Pada acara kali ini, tidak ada satu pun penari wanita berpartisipasi. Seluruh penari Saman kali ini seluruhnya terdiri dari laki-laki. 

"10.001 Penari Saman akan mengingatkan masyarakat, terutama anak-anak Syekh Samman, bahwa negara ini bangga atas karyanya," kata Bupati Gayo Lues, Ibnu Hasyim.

Tarian Saman melibatkan barisan panjang penari yang duduk seraya melakukan gerakan yang semula bergoyang lambat, lalu meningkat dengan cepat saat bergantian dengan pasangan di sebelahnya.

"Tari Saman memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, penguasaannya membutuhkan daya tahan fisik yang tinggi, gerakan tubuh yang cepat dan sinkron antara penari dan pemahaman lagu," kata Ibnu.

Acara yang diselenggarakan pada hari Minggu 13 Agustus 2017 itu memecahkan rekor penari Saman terbanyak. Rekor penari Saman terbanyak  sebelumnya  adalah 5.057 penari pada tahun 2014.

"Acara ini merupakan kolaborasi antara pemerintah Aceh dan Gayo Lues. Setelah dianugerahi sebagai warisan dunia oleh UNESCO, Tari Saman bukan hanya milik masyarakat Gayo Lues, tapi juga bagi dunia," kata Kepala Badan Pariwisata Aceh, Reza Pahlevi.

Berikut Videonya :


(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, sooperboy, upi, rt, youtube, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.