Sering Disepelekan, Ternyata Daun Suruhan Mempunyai Segudang Manfaat

Tanaman ini cukup gampang dikenali, tinggi seputar 10-15 cm serta dapat meraih 30 cm, batang lunak berair mengkilat, daun serupa daun sirip lunak serta mengkilap juga. Pada ujung batang umum tumbuh bunga majemuk seperti bunga sirih.

Daun suruhan yang juga dikenal dengan nama daun tumpangan air memiliki bentuk agak lebar dan terlihat seperti daun yang menampung air hujan. Ukuran tanamannya sendiri berbentuk kecil dan akar pendek serta tangkai yang pendek juga. 

Daun Suruhan
Tanaman ini bisa dengan mudah ditemukan di sekitar sawah atau tanah yang lembab bisa juga tumbuh pada sisi saluran air. Dalam daun suruhan mengandung banyak kegunaan herbal alami seperti alkaloid, minyak atsiri, lemak, tanin serta kalsium oksalat  yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Berdasar pada hasil penelitian, di ketahui bahwa batang serta daun suruhan memiliki kandungan alkaloid, tanin, kalsium oksalat, lemak, serta minyak asiri. Berikut khasiat atau manfaat daun suruhan yang mungkin berguna suatu saat.

Asam Urat :
Langkahnya : 5 gr daun serta batang suruhan dicuci bersih, tambahkan dua gelas air, lantas di rebus dengan api kecil sampai tersisa satu gelas air. 
Minum waktu pagi serta malam.

Abses, bisul, jerawat, serta radang kulit : 
Dua pohon tanaman fresh ukuran kecil (tinggi o 7-10 cm tinggi) dicuci bersih. 
Rebus tanaman dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. 
Minum airnya sekalian 1 gelas pada saat hangat. Kerjakan penyembuhan satu hari 2 x dengan dosis yang sama. Bekas air ramuan baiknya dibuang. 
Buat ramuan fresh lagi untuk setiap saat akan minum ramuan yang selanjutnya.

Luka bakar serta terpukul :
Ambillah tanaman fresh seperlunya. 
Bersihkan sampai bersih, selanjutnya lumatkan tanaman, Tempelkan ramuan di bagian badan yang sakit.

Penyakit ginjal :
Bersihkan bersih tanaman fresh berukuran kecil (tinggi 7 – 10 cm tinggi). Rebus tanaman dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. 
Minum airnya sekalian pada saat hangat. 
Kerjakan penyembuhan satu hari 2 x, masing- masing 1 gelas. 
Sisa air ramuan baiknya dibuang. 
Buat ramuan fresh lagi untuk setiap saat bakal minum ramuan yang selanjutnya.

Sakit perut :
Tumbuk halus herba fresh yang sudah dicuci bersih. 
Peras hasil tumbukan, selanjutnya minum air perasan itu.

Mengatasi Demam
Untuk mengatasi demam pada anak ataupun orang dewasa juga bisa didapat dari daun suruhan yakni dengan menghaluskan segenggam daun suruhan lalu menempelkannya pada kepala. Cara lainnya adalah dengan minum air rebusan daun suruhan sampai demam bisa turun.

Mengatasi Impotensi
Tidak hanya berguna untuk mengatasi berbagai penyakit pencernaan, kepala dan mengatasi gangguan kulit, namun air rebusan daun suruhan juga berkhasiat untuk mengatasi impotensi pada pria secara alami.

Menurunkan Kadar Kolesterol
Kadar kolesterol tinggi dalam tubuh juga bisa dinetralkan atau diturunkan dengan memanfaatkan air rebusan daun suruhan dengan sangat cepat dan ampuh. Konsumsi air rebusan daun suruhan ini secara teratur agar kadar kolesterol dalam darah bisa tetap stabil.

Mengatasi Katarak
Getah dari tanaman suruhan ini juga sangat bermanfaat untuk dipakai sebagai obat tetes mata sebagai obat katarak, infeksi mata, radang dan berbagai masalah mata lainnya.

Menjaga Kesehatan Kandung Kemih
Daun suruhan juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kandung kemih sekaligus menghilangkan kotoran serta bakteri yang menempel pada saluran kemih, sehingga kesehatan kandung kemih bisa tetap terjaga dengan baik.

Sebagai Antioksidan Alami
Dalam sebuah penelitian yang sudah dilakukan, ditemukan jika daun suruhan memiliki fungsi kuat dalam menangkal radikal bebas sehingga bisa digunakan sebagai antioksidan alami.

Sebagai Antibiotik Alami
Daun suruhan ini juga akan bekerja sebagai antibiotik alami yang akan menekan sekaligus mencegah pertumbuhan dari mikroorganisme tidak baik serta parasit sehingga juga akan mencegah terjadinya infeksi.

Mengobati Sakit Kepala
Sakit kepala, migrain atau vertigo bisa hilang dengan menggunakan daun suruhan ini yakni dengan minum air rebusan daun suruhan secara rutin sampai sakit kepala bisa sembuh total.

Mengatasi Nyeri
Berbagai masalah nyeri seperti nyeri otot, nyeri pada persendian bisa diatasi dengan mudah yakni memanfaatkan daun suruhan sebagai pengobatan alami.

Mengobati Pegal Linu
Pegal linu yang menimbulkan rasa letih, linu, pegal, lemas dan tidak bertenaga bisa dipulihkan hanya dengan memanfaatkan daun suruhan. Daun suruhan akan memberikan energi sekaligus membangkitkan stamina kamu dengan mengkonsumsi daun suruhan secara teratur.

Membunuh Bakteri
Daun suruhan ini bisa digunakan sebagai obat herbal dalam melindungi tubuh dari serangan bakteri serta kuman sehingga tubuh akan terlindungi dari infeksi serta penyakit menular ringan sampai yang berbahaya. Sebuah penelitian yang dilakukan pada daun suruhan ini membuktikan terdapat kandungan senyawa yang disebut dengan patuloside A dan glikosida xanthone yang memiliki efek sangat kuat dalam melawan bakteri di dalam tubuh kamu.

Mengatasi Sakit Menstruasi
Untuk kamu yang sering mengalami nyeri serta kram pada saat haid atau menstruasi, juga bisa memanfaatkan daun suruhan ini untuk menghilangkan masalah tersebut tanpa menimbulkan efek samping.

Anti Inflamasi
Daun suruhan juga berperan sebagai anti inflamasi alami yang bisa menyembuhkan radang dan mencegah radang tersebut datang kembali.

Itulah manfaat dari daun suruhan, namun begitu kita harus terus meneliti dari daun ini untuk mengetahui manfaat lainnya.

(ref: ikhsan, wowuniknya.net, fb.radenaff, manfaat, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.