Tak Terduga, Ini 4 Manfaat Lemak di Dalam Tubuh Kita

Didalam tubuh makhluk hidup seperti manusia pasti memiliki lemak. Pengertian lemak ialah salah satu sumber energi yang sangat penting dibutuhkan khususnya manusia guna melakukan aktivitas sehari-hari.

Lemak tubuh selama ini memiliki reputasi yang buruk. Banyak penelitian yang mengungkap bahwa penumpukan lemak dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai penyakit. Namun sebenarnya tak semua lemak buruk. Lemak juga memiliki manfaat bagi tubuh.

Ilustrasi lemak pinggang
Salah satu contohnya, sebuah penelitian di University of California mengungkap bahwa sel lemak yang berada di bawah lapisan kulit melindungi tubuh dari infeksi. Mereka percaya lemak ini bisa membunuh bakteri dan mikroba lainnya.

Tak hanya itu, lemak juga memiliki manfaat lain. Tak percaya? Berikut adalah manfaat lain dari lemak dalam tubuh, seperti dilansir oleh Pop Sugar.

Meningkatkan gairah seksual

Ketika jumlah lemak dalam tubuh sangat sedikit, kemungkinan gairah seksual juga akan menurun. Namun terlalu banyak lemak juga bisa menurunkan gairah seksual. Menurut penelitian, wanita yang kekurangan lemak sekitar 20 hingga 32 persen bisa mengalami penurunan gairah seks hingga 12 persen.

Menjaga tubuh tetap hangat

Penumpukan lemak yang wajar pada tubuh sama seperti lapisan pakaian yang akan membuatmu tetap hangat. Jenis lemak yang sehat ini bisa memproduksi panas. Namun sekali lagi, memiliki terlalu banyak lemak tentu bisa jadi senjata makan tuan. Sebab kamu bisa merasa lebih mudah kepanasan di cuaca yang tak bersahabat.

Membantu alokasi nutrisi

Lemak yang baik juga berperan penting dalam mendistribusikan nutrisi dan vitamin ke seluruh tubuh. Beberapa vitamin seperti vitamin A, D, E, dan K disimpan dan didistribusikan lewat lemak.

Membantu kesuburan

Lemak juga sangat baik untuk sistem reproduksi secara keseluruhan. Lemak dalam jumlah yang cukup juga membantumu memiliki siklus menstruasi yang normal dan mempercepat kehamilan. Kekurangan lemak bisa mengganggu siklus menstruasi dan tak baik untuk kesuburan.

Itulah beberapa manfaat dari lemak tubuh. Tak semua lemak berbahaya, namun juga jangan sampai kelebihan lemak yang mengganggu kesehatan tubuh. Intinya adalah tetap mengontrol jumlah lemak dalam tubuh agar tetap seimbang dan ideal. 

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, merdeka, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.