Unik, Inilah 5 Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kita Tertidur

Tidur adalah suatu keadaan relative tanpa sadar yang penuh ketengan tanpa kegiatan yang erupakan urutan siklus yang berulan-ulang dan masing-masing menyatakan fase kegiatan otak dan badanlah yang berbeda.

Menurut penelitian, orang yang tidur selama 6,5 sampai 7,5 jam dalam sehari akan memiliki hidup yang lebih panjang dari pada yang tidurnya hanya memakan waktu kurang dari 6,5 jam atau lebih dari 8 jam perhari.

Ilustrasi Tidur
Orang yang mengalami sulit tidur atau tidak tidur sama sekali bisa menderita masalah mental dan juga fisik. Maka dari itu, tidur sangat penting untuk memulihkan kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa hal yang menarik yang perlu kamu ketahui tentang tidur.

1. Mata bergerak

Ada 5 tahapan yang terjadi pada gerakan mata saat kamu tidur. Pada tahap kelima, gerakan mata akan menjadi lebih cepat. 

2. Lumpuh

Apakah kamu pernah bermimpi sedang berjalan atau melakukan gerakan tubuh lainnya? Namun, pada kenyataannya kamu tidak bisa menggerakkan tubuhmu sama sekali karena tubuhmu sedang dalam keadaan 'lumpuh'. Kelumpuhan itu normal dan terjadi dengan tujuan agar kamu tak membuat gerakan mendadak saat tidur.

3. Menurunnya kerja ginjal

Ginjal bekerja sepanjang hari untuk menyaring racun dari darah dan menghasilkan urine. Namun, pada malam hari fungsi ginjal melambat sehingga kamu tidak merasa ingin buang air kecil saat kamu tidur.

4. Hormon pertumbuhan

Ketika kamu berada dalam kondisi tidur nyenyak, tubuh memproduksi hormon pertumbuhan. Hormon tersebut membantu dalam pertumbuhan otot dan tulang, saat kamu masih muda. Ketika kamu dewasa, hormon itu membantu dalam perbaikan sel-sel tubuh.

5. Bisa terangsang

Merasa terangsang saat tidur adalah keadaan yang normal. Itu akan terjadi baik pada wanita mau pun pria. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kondisi ini terjadi untuk mencegah tubuh masuk ke kondisi seperti koma. Ketika kamu merasa terangsang, kamu dapat segera bangun dari tidur. Jadi, otakmu tetap menghubungkan kamu dengan dunia nyata saat tidur. Ini adalah salah satu fakta menakjubkan tentang tidur.

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, merdeka, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.