Hulk Hingga Transformer, Seniman Ini Sulap Barang Bekas Menjadi Figur Raksasa

Didirikan pada tahun 2000, "House of Steel Robots" (dalam bahasa Thailand: "Ban Hun Lek") adalah sebuah pameran yang dikenal sebagai kesenian barang bekas dari limbah suku cadang kendaraan bermotor. Karya dari seniman Thailand ini sangatah menarik perhatian bahkan hingga dijual ke luar negeri dengan harga yang fantastis.

Dilansri DW, Sejumlah seniman Thailand mewujudkan impian pecinta komik. Mereka menyulap limbah logam menjadi patung raksasa superhero: mulai dari Spiderman, Hulk hinngga Michael Jackson. Yuk langsung saja kita simak..

Bengkel Super Hero

House of Steel Robots 
Sebuah Stormtrooper dan dua Alien berjaga-jaga di depan "House of Steel Robots" di Thailand. Sejak beberapa tahun tempat ini menjadi ruang kreatif buat seniman yang gemar membangun figur superhero dari dunia komik, fiksi ilmiah atau fantasi. Bangunan unik ini menggabungkan ruang pertunjukan, museum dan bengkel kerja.

Sampah menjadi Emas

House of Steel Robots 
Meski terlihat bombastis, Rumah Robot di Thailand ini mengemban misi lingkungan. Para seniman memanfaatkan sampah logam dari kendaraan bermotor dan menyulapnya menjadi patung besi dalam tradisi populer.

Daur Ulang Limbah

House of Steel Robots 
Sekitar 90 persen materi yang digunakan untuk membangun robot merupakan materi daur ulang. Sisanya merupakan cat atau aksesoris yang memperkuat karakter patung.

Impian Masa Kecil Thanomwong

House of Steel Robots 
"House of Steel Robots" alias "Ban Hun Lek" ini didirikan oleh pematung lokal, Pairoj Thanomwong. Sejak kecil ia gemar mengoleksi patung kecil superhero yang terbuat dari plastik. Kini dia mengubah patung miniatur tersebut menjadi figur raksasa.

Raja Pop dalam Kostum Moonwalk

House of Steel Robots 
Selain figur komik seperti Transformer, Hulk dan Spiderman, patung Michael Jackson dengan kostum "Moonwalk" juga menjadi salah satu favorit pengunjung.

Obyek Incaran

House of Steel Robots
Patung hasil kerja bengkel House of Steel Robots juga diminati oleh sejumlah restoran. Bahkan dua kuil di Thailand membeli beberapa patung dan menempatkannya di sisi patung Buddha. Para superhero itu bertugas menghibur anak-anak ketika orang tua sedang khusyuk bersembahyang.

Banderol Selangit

House of Steel Robots
Tidak heran jika kebanyakan patung super hero asal Thailand ini dijual ke peminat di luar negeri. Selain super hero, pematung di Ban Hun Lek juga membuat patung binatang atau perabotan rumah tangga seperti meja dan kursi. Harga sebuah patung paling murah berada di kisaran beberapa ribu Dollar AS.

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, Deutsche Welle, dailymail, globaltimes, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.