Apakah Benar Bintik Putih di Kuku Pertanda Ada Yang Menyukai Anda ?

Pernahkah mendengar mitos tentang bintik di kuku yang berarti ada orang yang menyukai Anda? Kalau di setiap jari tangan ada satu bercak putih, artinya 10 orang yang diam-diam memendam rasa. Benarkah?

Faktanya tidak demikian. Itu hanya mitos yang beredar di masa kecil. Sebenarnya bercak atau bintik putih di kuku, dalam dunia medis dikenal dengan sebutan leukonychia.

Bintik putih di kuku yang dikira pertanda ada yang suka (via: bright-box.me)
Itu adalah kondisi umum dan tidak berbahaya, bahkan orang sehat sekalipun pernah mengalaminya. Umumnya penyebab leukonychia adalah luka pada kuku, misalnya paska manikur dan pedikur.

Selain itu penyebab munculnya bintik putih pada kuku sebagai berikut, seperti dikutip laman Health Line:

1. Reaksi alergi
Biasanya disebabkan karena cat kuku dan penghilang cat kuku. Selain itu penggunaan kuku buatan, baik gel atau akrilik juga dapat menyebabkan munculnya bintik putih.

2. Jamur
Jamur kuku yang biasa disebut atikomikosis dapat muncul di kuku tangan dan kaki. Tanda awal jamur adalah bercak putih di kuku. Awalnya sedikit, tapi lama kelamaan bintik itu menyebar dan lebar, serta membuat kuku menjadi rapuh.

3. Cedera Kuku
Cedera di dasar kuku dapat menyebabkan munculnya titik putih pada kuku saat tumbuh. Beberapa luka memang tak akan muncul selama empat minggu atau lebih. Cedera kuku salah satunya bisa disebabkan karena terjepit pintu. Selain itu tekanan saat menikur dan pedikur juga menjadi salah satu penyebab cedera kuku.

4. Kurang Mineral
Anda mungkin tak terlalu memperhatikan bintik putih di kuku. Padahal itu salah satu tanda tubuh Anda kekurangan mineral atau vitamin tertentu. Nah kekurangan yang sering dikaitkan dengan bercak putih adalah defisiensi zinc dan kalsium.

5. Lainnya
Ada juga penyebab lain yang kurang umum terkait bercak putih di kuku. Mulai dari penyakit jantung, ginjal, psoriasis atau eksim, pneumonia, dan keracunan arsenik.

Meski demikian poin kelima jarang terjadi. Dokter biasanya mengidentifikasi lebih dulu terkait adanya bintik putih di kuku.

Nah sekarang udah tau kan, jadi kalau di kuku kalian ada bintik putih bukan berarti ada yang suka yakkk hehe, tapi kalo anda orangnya ramah, sopan dan juga cantik ataupun ganteng mungkin juga kalian punya penggemer tersendiri heheh.

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, feed.merdeka, dermaamin, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.