Inilah Pohon Apel Yang Bikin Isaac Newton Temukan Teori Gravitasi

Kisah tentang Sir Isaac Newton dan sebutir apel yang mampu menemukan teori gravitasi mungkin termasuk anekdot paling populer dalam sejarah sains. Bisa jadi cerita ini memang dilebih-lebihkan. Yang jelas ada ada catatan yang identiknya. Dan sebatang pohon apel yang menjadi arus bisu kisah ini masih berdidi tegak di Lincolnshire, Inggris.

Dilansir Amusing Planet, catatan John Conduitt menyebutkan bahwa peristiwa jatuhnya apel yang menginspirasi Newton itu terjadi di tahun 1666. Conduitt adalah suami keponakan Newton sekaligus asistennya di Royal Mint.

Pohon apel legendaris Isaac Newton. © Flickr / Dun.can
Peristiwa itu terjadi di rumah masa kecil Newton, yaitu Woolsthorpe Manor. Newton kembali ke sana saat Universitas Cambridge ditutup akibat serangan wabah. Di sinilah dia menjalankan jumlah eksperimen yang kelak menjadi penemuan besar.

Woolsthorpe Manor © Flickr / Mike Fay
Meskipun Newton tidak pernah pernah menghubungi di mana dia menyaksikan apel tersebut jatuh, kemungkinan buah yang berasal dari sebuah apel di halaman. 

Pohon apel legendaris Isaac Newton © Erin Connelly
Pohon yang bersangkutan oleh keluarga Woolerton sejak tahun 1750-an. Badai pada tahun 1816 sempat menumbangkannya. Namun sebagian batangnya masih menancap di tanah dan kemudian tumbuh kembali.

Sekarang pohon apel tersebut berada dalam peraturan National Trust. Cangkokannya disebar ke seluruh Inggris. Ada yang ditanam di Departemen Fisika Universitas York, Trinity College, dan di bawah perangkat Newton di Cambridge University. Ada ada yang ditanam di Bariloche Institute, Argentina. 

Turunan pohon apel Isaac Newton di Teddington, London © Flickr / John Blower
Bukan hal yang mengherankan jika pohon ini sangat berharga. Karena dia memang tersedia dalam sejarah ilmu pengetahuan.

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, merdeka, amusingplanet, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.