Misteri Lukisan Mona Lisa Yang Mungkin Belum Kalian Ketahui

Mona Lisa adalah lukisan minyak di atas kayu poplar yang dibuat oleh Leonardo da Vinci pada abad ke-16. Lukisan ini sering dianggap sebagai salah satu lukisan paling terkenal di dunia dan hanya sedikit karya seni lain yang menjadi pusat perhatian, studi, mitologi, dan parodi. Lukisan ini dimiliki oleh pemerintah Perancis dan dipamerkan di Musée du Louvre di Paris.

Lukisan setengah badan ini menggambarkan lukisan wanita yang tatapannya menuju pengunjung dengan ekspresi yang sering dideskripsikan sebagai enigmatik atau misterius.

Dilansir DW, Siapa tak kenal Mona Lisa? Lukisan terkenal perempuan dengan senyuman misterius yang sudah berumur 500 tahun ini menjadi ikon abad ke-20, serta sumber inspirasi seniman dan penulis.

Siapa perempuan di lukisan?

Misteri Lukisan Mona Lisa
Banyak spekulasi tentang sosok yang dilukis Leonardo da Vinci di awal abad 16. Ada teori bahwa laki-laki dan perempuan yang menjadi model. Ada juga yang mengatakan Lisa del Giocondo, istri seorang pedagang kain dan sutra dari Firenze, adalah model da Vinci.

Dikagumi orang terkenal

Misteri Lukisan Mona Lisa
Lukisan Mona Lisa menjadi koleksi pribadi raja-raja Perancis setelah kematian Leonardo da Vinci tahun 1519. Setelah Revolusi Perancis, "Mona Lisa" digantung di kamar tidur Napoleon Bonaparte. Sejak 1815, publik bisa melihatnya di Museum Louvre di Paris.

Kembaran Mona Lisa

Misteri Lukisan Mona Lisa
Kembarannya dipajang di Museo del Prado di Madrid sejak 2012. Menurut para pakar, replika ini dibuat pada waktu yang sama saat Mona Lisa dilukis oleh da Vinci. Setelah direstorasi tampak pemandangan Italia yang sama di latar belakang. Pelukis replika ini diperkirakan adalah Francesco Melzi, salah satu murid da Vinci.

Menghilang

Misteri Lukisan Mona Lisa
"Mona Lisa" baru menjadi terkenal setelah menghilang. Orang Italia yang tinggal di Paris mencuri lukisan dari Louvre tahun 1911 dan ingin membawanya ke Italia. Lukisan ini lenyap selama dua tahun hingga polisi berhasil menangkapnya. Kembalinya lukisan ke Paris menyebabkan serbuan pengunjung ke Louvre.

Jadi target serangan

Misteri Lukisan Mona Lisa
Lukisan Mona Lisa menjadi korban dua aksi vandalisme yang berbeda di tahun 1956. Ada yang melemparkan zat asam ke lukisan dan meruskanya. Turis dari Bolivia melempar batu ke lukisan. Sejak itu, Mona Lisa diletakkan di balik kaca anti peluru yang berhasil melindunginya saat seorang pengunjung melemparinya dengan cangkir di tahun 2009.

Rahasia efek 'sfumato'

Misteri Lukisan Mona Lisa
2008 misteri di balik senyuman Mona Lisa berhasil diungkap. Yakni, teknik melukis yang disebut "sfumato". Da Vinci menerapkan beberapa lapisan tipis cat untuk mewujudkan efek 'blur' dan mencampur warna-warnaya. Teknik ini membuat lukisan, khususnya di bagian wajah, memiliki atmosfer yang misterius.

Sumber inspirasi seniman

Misteri Lukisan Mona Lisa
"Mona Lisa" menjadi inspirasi banyak seniman. Mulai dari Joseph Beuys hingga Andy Warhol. Sebagai ikon media abad ke-20, ia bisa ditemukan dimana-mana.

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, Deutsche Welle  Abel, Hitz, Rösler (vlz/ap)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.