Spesies Hiu Viper Langka Dengan Rahang Mengerikan Ditemukan di Taiwan

Hiu Viper Dogfish (Trigonognathus kabeyai), seekor hiu aneh dan sangat khas. Sekujur tubuhnya dipenuhi warna pekat. Panjang maksimalnya pun hanya sekitar 54 sentimeter.

Sekilas Anda pasti tak menyangka kalau ikan bertubuh sekitar 50 cm ini tak berbahaya. Tapi kalau mulutnya sudah dibuka, Anda pasti kaget dan langsung berenang sejauh mungkin.

Hiu langka dengan rahang aneh ditemukan di Taiwan
Mengapa? Itu karena ikan tersebut seperti monster dan mampu melahap mangsanya yang lebih besar dari tubuhnya. Bahkan tubuh ikan betina itu, ukurannya lebih besar dibandingkan jantan.

Ikan itu adalah hiu viper dan dikenal mirip dengan Xenomorph alias alien. Ya tubuhnya mengkilap, namun memiliki gigi atau taring yang menyeramkan seperti alien.

Selain gigi yang tajam, rahang ikan itu terlihat seperti tak menyatu dengan mulutnya. 

Hiu langka dengan rahang aneh ditemukan di Taiwan
Hiu viper pertama kali teridentifikasi pertama kali pada 1986 di lepas pantai Pulau Shikoku, Jepang. Sejak saat itu, hiu ini hanya terlihat beberapa kali selama beberapa dekade dan menjadi salah satu hewan langka, tak heran jika literatur tentang ikan ini masih sedikit. Setelah lama 'menghilang' baru-baru ini hiu viper kembali terekam radar Samudera Pasifik.

Ikan itu ditemukan di lepas pantai Jepang, Taiwan, dan Hawaii. Diketahui, hiu viper mampu hidup dikedalaman 500-1000 meter.

Laman The Sun menjelaskan, ikan itu bermigrasi dari kedalaman 300-400 meter di siang hari dan malam hari mereka berenang di kedalaman 150 meter.

Adapun makanan para hiu ini adalah ikan bertulang rawan dan krustasea seperti lobster, kepiting, udang, serta teritip. Hal ini diketahui berdasarkan sisa pencernaan di perut viper dogfish.
Salah satu keunikan menonjol yang bisa dilihat dari ikan ini adalah bentuk rahangnya yang unik dengan gigi berbentuk jarum. Berbeda dari ikan lain, rahang viper dogfish terbilang sempit dan berbentuk segitiga yang bisa memanjang.

Ikan hiu lentera bernama viper dogfish ini bisa memanjangkan rahangnya untuk melahap ikan yang ukurannya besar.
"Fitur yang paling jelas adalah gigi berbentuk jarum, seperti taring ular. Ini juga menjelaskan asal usul nama ikan viper yang memiliki rahang menakutkan," kata peneliti dilansir dari New York Post, Selasa (9/1/2018).

Saat viper dogfish lapar dan butuh makanan, dengan cepat dia akan membuat rahangnya menjadi lebar dan panjang. Dengan cara ini, bukan tidak mungkin untuk menelan ikan besar hanya dalam satu kunyahan.

Sayangnya, tak ada satupun hasil tangkapan Lembaga Penelitian Perikanan Taiwan yang hidup hingga saat ini. Sebagian besar tewas setelah ditarik dari laut. Hanya satu viper dogfish yang sempat bertahan hidup selama satu hari di darat.

(Ref: ikhsan, wowuniknya.net, kompas, feed.merdeka, newyorkpost, Fisheries Research Institute via thesun.co.uk)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.