09 May 2016

author photo
OLEH STMIK RAHARJA
Dosen : H. Abdul Hamid Arribathi, S.Ag, MM.

Pokok Bahasan : Risalah (Pengertian dan Macam-macam Risalah)

Pengertian.
  • Risalah Bila diambil akar bahasa Arab “Ro-SA-La/ar-sa-la ) berarti  mengutus atau berkirim surat. Namun bila dimaknai sesuai dengan kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu : yang dikirimkan, edaran atau karangan ringkas mengenai masalah di ilmu pengetahuan. 
  • Karena risalah itu banyak macamnya, maka tidak mudah dan sama untuk mendefinisikan secara umum tentang risalah.
Macam-Macam Risalah
1. Risalah Paripurna  (Membahas Allah dalam Berbagai sudut Pandang)
2. Risalah Tauhid ( membahas tentang pengertian Tauhid, macam tauhid dll).
3. Risalah Utama (Risalah Rasulullah, Risalah Al-Hadits, Risalah As-Sunah).
4. Risalah Para Rasul ( tentang 25 para nabi dan rasul).
5. Risalah Kitab-Kitab Wahyu ( Al-Qur’an, Injil, Taurot, Zabur).
6. Risalah Fiqih (Pengertian Fiqih, Ushul Fiqih, Pendapat dan karya ulama ushul dan fiqih, dll).

Penjelasan Ringkas  Risalah
  • Risalah Paripurna  membahas tentang  Allah SWT  ( Allah mengabulkan doa hamba-Nya, Allah menambah nikmat hamba-Nya yang bersyukur,  Rahasia berserah diri dan tawakal kepada Allah SWT, Allah meletakan kebaikan dalam tiap peristiwa, Allah membuat wajah orang beriman bercahaya dll.).
  • Risalah Tauhid : bila diambil dari akar katanya  “tau-hid” berarti menjadikan sesuatu satu. Dasar tauhid surat An-Nahl : 36  ‘’......Sembahlah Allah dan jauhilah tagut, kemudian diantara mereka ada yang diberi petunjuk Allah dan ada pula yang tetap dalam kesesatan....”. Tauhid ada tiga jenis , pertama Rububiyah (mentauhidkan Allah lewat apa yang dikerjakan Allah SWT, kedua Uluhiyah yaitu mengesakan Allah SWT lewat pekerjaan hamba (berdoa, roja’, khauf, mahabbah), serta Tauhid Asma wa shifat Allah yaitu mentauhidkan Allah SWT lewat sifat-sifat dan asma Allah SWT.
  • Risalah Kitab-Kitab Wahyu : Zabur atau Mazmur yaitu sejenis puji-pujian, berasal dari bahasa kata PSALLO yang berarti memainkan musik atau memetik jari. Mazmur juga berarti kidung,lagu atau iringan musik yang menyertai nyanyian atau lagu.
  • Taurot atau Torah : Kitab ini sudah diragukan keasliannya sebab ditulis tidak dari satu sumber namun dari empat sumber yaitu : YAHWIST, ELOHIST, DEUTERONOMIS, DAN PRIESTER yang ditulis oleh banyak penulis berkisar tahun 900sm-500sm. Saat itu lingkungan dan suasana berbeda-beda (Israil,Yehuda, Babilonia) yang kemudian oleh penulis akhir disimpulkan dan diberi nama KITAB TAURAT.
  • Demikian juga Empat Injil (Matius, Markus, Lukas dan Yahya) juga tida orisinil lagi, sebab penulisannya dari 4 dokumen A, B, C dan Q menjadi injil sementara : MATIUS, INTERMEDIER, PROTO LUKAS DAN PROTO YAHYA sampai menjadi injil sekarang yang definitif : MATIUS, MARKUS, LUKAS dan YAHYA telah banyak mengalami perubahan. (sumber M. Darojat Ariyanto – Fakultas agama Islam Univ. Muhammadiyah Surakarta. Jl. A.Yani Pabelan, Tromol PO. I.  Kartasura Surakarta 57102). 
  • Risalah 4 pemuda Muslim dalam Memikul Risalah : Dasar Risalah adalah surat Al-Ashr sehingga menghasilkan 4 pilar yakni : Al-Ilmu/Memahami Islam, Al-Amalu Bih/mengamalkan, Ad-Dakwatu Alaih/mendakwahkan, As-Shobru ‘alal Adzafih/Sabar dalam memikul amanat.

Referensi :
1. Berbagai Blog dalam Internet.
2. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Departemen Pend dan Kebudayaan, Balai Pustaka.
3. Kamus Bahasa Arab.
4. Pengantar Studi Aqidah Islam, Dr. Ibrahim Muhammad bin Abdullah Al-Buraikan, Litbang Al-Mannar.

Download Materi DOC(HERE)

Pergunakanlah Materi Dengan Bijak!!!.......................................

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga