Mengejutkan, Inilah Potret Danau Aral Yang Mengering Diabadikan NASA

Ini adalah bencana Ekologi terbesar di masa Modern saat ini, Berikut beberapa Potret penampakan Laut Aral yang akan sepenuhnya Mengering, Gambar ini di ambil oleh badan antariksa Amerika Serikat NASA.

Ini adalah penampakan Laut Aral 50 tahun yang lalu. 


Dan lihatlah apa yang terjadi sekarang, Hampir sekitar 90% kawasan Laut Aral ini sudah mengering, bahkan seperti Gurun pasir.


Bagaimana bisa terjadi kepada danau terluas ke-4 di dunia dengan pengeringan yang begitu cepat?


Sebelumnya danau ini adalah salah satu danau terbesar di dunia, dengan luas 68,000 square kilometre (26,300 sq mi). Sayangnya, danau ini menyusut sejak tahun 1960-an karena sungai yang mengalir ke danau ini dialihkan ke tempat lain untuk proyek irigasi Uni Soviet. Pada tahun 2007, hanya sekitar 10% danau yang masih tersisa.


Industri perikanan pernah berkembang di tempat ini, tetapi industri ini telah hancur akibat penyusutan danau. Wilayah Laut Aral juga tercemar, sehingga mengakibatkan munculnya masalah kesehatan. Penyusutan danau dilaporkan mengakibatkan perubahan iklim lokal. Musim panas menjadi lebih panas dan kering, sementara musim dingin berlangsung lebih panjang dengan suhu yang lebih dingin.

Saat ini Kazakhstan mencoba menyelamatkan Laut Aral Utara. Maka proyek bendungan diselesaikan pada tahun 2005. Pada tahun 2008, permukaan air kembali meninggi. Kadar garam berkurang, dan ikan-ikan kembali bermunculan. Akan tetapi, nasib Laut Aral Selatan masih suram.

Menyusutnya Laut Aral telah dijuluki sebagai "salah satu bencana lingkungan terburuk di planet ini"


Beginilah kondisi Laut Aral





Perbedaan anatara tahun 2000-2014


Begitu mengerikannya dampak yang diperoleh dari keserakahan manusia terhadap bumi ini, Yukk sahabat sanDK untuk selalu merawat Bumi tercinta ini dan selamatkan generasi berikutnya.

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.