10 Jembatan Paling Unik di Dunia

Jembatan merupakan struktur yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai, rel kereta api ataupun jalan raya. Jembatan dibangun untuk penyeberangan pejalan kaki, kendaraan atau kereta api di atas halangan.Jembatan juga merupakan bagian dari infrastruktur transportasi darat yang sangat vital dalam aliran perjalanan (traffic flows). Jembatan sering menjadi komponen kritis dari suatu ruas jalan, karena sebagai penentu beban maksimum kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut.

Dikutip dari richestlifestyle.com, (14/09/14) Ada berbagai jembatan di seluruh dunia. Beberapa dari mereka adalah jembatan dengan keajaiban rekayasa struktur yang pernah di buat manusia.
Berikut adalah 10 jembatan yang paling unik di dunia.

1. Glacier Skywalk, Kanada


Atraksi Gletser Skywalk yang menantang nyali ini berada di Jasper National Park. Untuk mencapai lokasi ini sobat hanya perlu menempuh waktu sekitar Lima menit dari Discovery Center di Columbia Glacier. Jembatan yang mengagumkan ini memungkinkan Anda untuk benar-benar menguji adrenalin sobat, dan sobat pun akan melihat pemandangan sekitar maupun dibawah kaki sobat yang sangat menakjubkan, sobat akan berpijak pada platform kaca yang ditangguhkan pada ketinggian di atas lembah Sunwapta. Jika sobat mempunyai nyali yang sangat tinggi, wahana ini wajib dicoba jika sobat berkunjung ke Kanada tepatnya di Jasper National Park

2. Langkawi Sky Bridge, Malaysia


Jembatan mempunyai panjang 410 kaki (125 meter) dengan struktur jembatan yang melengkung serta kabel-kabel yang menyangga jembatan eksotis ini, jembatan ini hanya dikhususkan untuk para pejalan kaki saja. Jembatan ini berada pada diketinggian 2.300 kaki (700 meter) di atas permukaan laut di puncak Gunung Mat Chinchang di Pulau Langkawi, sebuah pulau di kepulauan Langkawi, Kedah. Dan jembatan ini pula pernah dipakai sebagai lokasi beberapa film loh sobat sandk.

3. Garden Bridge, UK


Jembatan penyeberangan ini diusulkan dibangun di atas Sungai Thames di kota London, Inggris. Berkonsep oleh aktris Joanna Lumley pada tahun 1998 sebagai peringatan untuk Diana, Princess of Wales dan dirancang oleh Thomas Heatherwick, bekerjasama dengan Arup, dan juga komisi dari Transportasi kota London, jembatan ini dimaksudkan untuk menjadi objek wisata yang akan menampilkan pohon-pohon dan tanaman disekitaran jembatan. Pengembangan jembatan ini juga juga akan mencakup sebuah bangunan sebagian besar adalah bangunan komersial, yang dibangun di atas ruang hijau di ujung selatan jembatan. Jembatan ini pula akan didanai sekitar £ 60 juta dari uang publik serta kontribusi swasta. Dan jembatan ini akan dikelola oleh dana publik yang berkisar £ 3,5 juta per tahun. Jembatan ini akan terbuka untuk umum, namun akan ditutup selama setidaknya 12 hari setiap tahun untuk acara pribadi. Jembatan ini direncanakan mempunyai panjang 1.204 kaki (367 meter) dan mempunyai titik terlebar 98 kaki (30 meter).

4. Gateshead Millennium Bridge, UK


Jembatan khusus pejalan kaki dan pengendara sepeda ini telah mendapatkan penghargaan atas struktur jembatan miring yang indah yang dirancang oleh Wilkinson Eyre dan insinyur struktur Gifford. Ini adalah konsep pertaman di dunia dengan konsep jembatan miring. Jembatan ini dibangun melintasi Sungai Tyne dengan perpaduan antara seni kuartal Quays Gateshead pada tepi selatan dan Quayside dari Newcastle upon Tyne di tepi utara. Jembatan inipun sering disebut sebagai 'Blinking Eye Bridge' atau 'Winking Eye Bridge'

5. Undulating Bridge, Cina


Sebagai bagian dari rencana pengembangan yang ambisius di sebuah daerah, Bergaya Mobius strip jembatan penyeberangan pada Meixi Lake. Dengan rentang 490 ft (150 metres) dan tinggi 79ft (24metres), jembatan bergelombang ini menggabungkan berbagai rute pada tingkat yang berbeda dan dan juga dengan referensi dari knot tradisional Cina, yang digunakan dalam seni dekoratif rakyat Cina. Desain jembatan ini pun dikerjakan oleh perusahaan yang berbasis di Amsterdam berikut dengan Arsiteknya dan rencananya jembatan ini akan dibangun pada tahun 2014.

6. Helix Bridge, Singapura


The Helix Bridge , dengan nama resmi Helix yang sebelumnya dikenal sebagai Double Helix Bridge , adalah jembatan khusus pejalan kaki yang menghubungkan antara Marina Centre dengan Marina Selatan di Marina Bay, Singapura. Jembatan ini secara resmi dibuka pada 24 April 2010 pukul 9 malam, namun hanya setengahnya saja yang dibuka dikarenakan konstruksi yang masih berlangsung di Marina Bay Sands. Jembatan ini juga terletak di samping Jembatan Benjamin Sheares yang dikhususkan untuk kendaraan beroda empat maupun dua, yang juga dikenal sebagai Bayfront Bridge. Seluruh jembatan akhirnya dibuka pada 18 Juli 2010.

7. Falkirk Wheel, UK


Lift Falkirk adalah lift kapal putar yang berada di kota Falkirk Skotlandia. Linft Falkirk ini menghubungkan antara Forth dan Clyde Canal dengan Union Canal. Satu-satunya lift berputar untuk mengangkat kapal dan tak ada duanya di dunia, dan dianggap sebagai landmark dari tekhnologi kebanggaan Skotlandia, dan salah satu dari dua lift perahu di Inggris. Dengan diameter keseluruhan 115 kaki (35 meter) menjadikan konstruksi ini adalah konstruksi paling mengagumkan di dunia.

8. Henderson Waves, Singapura


Dengan panjang 899 kaki (274 meter) jembatan penyeberangan ini adalah jembatan penyeberangan tertinggi di Singapura dengan ketinggian 118 kaki (36 meter) di atas Henderson Road. Jembatan ini menghubungkan Mount Faber Park Telok Blangah Hill Park. Jembatan ini dirancang oleh IJP Corporation, London, dan RSP Architects Planners dan Insinyur (PTE) Ltd Singapura. Jembatan ini memiliki bentuk yang bergelombang yang terdiri atas tujuh rusuk tulang baja melengkung pada bagian atas maupun bagian bawah dengan hiasan lampu LED.

9. Doha Sharq Crossing Bridge, Qatar


Pembangunan Doha Sharq Crossing akan dimulai pada tahun 2015. Desain yang merupakan bagian dari serangkaian yang terdiri dari tiga jembatan yang dihubungkan oleh terowongan bawah permukaan laut dengan panjang mencapai 12 kilometer. Proyek yang memakan miliaran dolar ini akan menggabungkan beberapa daerah yang dikhususkan untuk zona rekreasi.


10. The Rolling Bridge, UK


The Rolling Bridge adalah jenis jembatan yang bisa bergerak melengkung dan selesai pada tahun 2004 sebagai bagian dari Kantor Grand Union Canal  & pengembangan ritel proyek di Paddington Basin, London. Orang menyebut jembatan ini sebagai jembatan kriting. Dan jembatan ini di disain oleh desainer Inggris Thomas Heatherwick , dirancang oleh SKM Anthony Hunt dengan Packman Lucas, dan dibangun oleh Littlehampton Welding Ltd desain dan pengembangan hidrolik dilakukan oleh Primer Fluida Power Ltd di North West.

Keren-keren ya sobat sandk jembatannya. Jangan berkecil hati di Indonesia juga banyak loh jembatan2 yang unik dan gak kalah bagusnya.

Source richestlifestyle.com (berbagai sumber)

2 komentar:

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.