5 Bangunan Tempat Tinggal Yang Unik Di Dunia

Baca juga:

Sebuah tempat tinggal biasanya berwujud bangunan rumah, tempat berteduh, atau struktur lainnya yang digunakan sebagai tempat manusia tinggal. Istilah ini dapat digunakan untuk rupa-rupa tempat tinggal, mulai dari tenda-tenda nomaden hingga apartemen-apartemen bertingkat. Dalam konteks tertentu tempat tinggal memiliki arti yang sama dengan rumah, kediaman, akomodasi, perumahan, dan arti-arti yang lain.

Dalam arti umum, rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Rumah bisa menjadi tempat tinggal manusia maupun hewan, namun untuk istilah tempat tinggal yang khusus bagi hewan adalah sangkar, sarang, atau kandang. Dalam arti khusus, rumah mengacu pada konsep-konsep sosial-kemasyarakatan yang terjalin di dalam bangunan tempat tinggal, seperti keluarga, hidup, makan, tidur, beraktivitas, dan lain-lain. Sumber Wikipedia Bahasa Indonesia.

Baca Juga : Anda Jomblo?, Berarti Anda Seorang Yang Genius!

Nah sobat sandk udah tau kan apa arti dari tempat tinggal. Biasanya tempat tinggal atau rumah mempunyai disain normal yang berbentuk segitiga untuk atap dan persegi panjang atau kubus untuk badan rumah, namun dengan seiring berkembangnya jaman disain rumah-rumah yang ada saat ini sangatlah unik dan modern. Nah bagaimana dengan hunian unik di dunia ini. Dilansir melalui situs Deutsche Welle (03/06/16) ada beberapa hunian atau tempat tinggal yang cukup nyeleneh untuk disebut sebagai tempat tinggal. Mau tau lebih lanjut sobat sandk, yuk kita lihat 5 Bangunan Tempat Tinggal Yang Unik Di Dunia ini.....

1. Pabrik Semen



"La fábrica", demikian arsitek Spanyol Ricardo Bofill menamakan vila yang ia rombak dari bekas pabrik semen. Selama lebih dari 30 tahun ia tinggal disana dengan istri dan anaknya. Luas vila sekitar 500 meter persegi. Bofill membagi ruang yang ada menjadi beberapa kantor, pepustakaan, ruang tamu, dan ruang pameran.

2. Bunker



Saat Perang Dunia II, Hamburg membangun banyak bunker yang berfungsi sebagai tempat berlindung dari serangan udara. Ada lebih dari 1.000 saat perang berakhir. Karena bunker sulit untuk dibongkar, beberapa perusahaan arsitek mengubah fungsi dari bangunan tersebut. Bukan tugas yang mudah. Karena ketebalan tembok seringnya lebih dari 1 meter.

3. Cistern (Tempat Penampungan Air Bawah Tanah)



Dulu air disimpan di tempat penampungan bawah tanah di Lanzarote. Namun setelah penduduk desa Los Valles memperoleh pelayanan air, tempat penampungan tersebut dilupakan. Hingga beberapa tahun yang lalu, pasangan Oda and Yayo Fontes de Leon menemukannya dan merombaknya menjadi apartemen yang nyaman.

4. Hanggar Pesawat



Rumah di kota Uetze di Jerman Utara ini dulunya adalah hanggar pesawat. Saat hujan, bunyi air yang jatuh di atas atap logam cukup keras. Tapi selain itu, rumah ini menjadi tempat tinggal yang nyaman seluas 140 meter persegi. Saat tentara Inggris ditarik dari kawasan tersebut pada pertengahan 90-an, beberapa hanggar yang ditinggalkan diubah fungsinya.

5. Gereja



Apa yang bisa dilakukan gereja yang kehabisan uang? Antara lain menyewakan ruangannya. Di London ini jadi bisnis yang menguntungkan. Lantai kedua gereja Westbourne Grove Church di kawasan elit Notting Hill dirombak menjadi apartemen mewah.

(Antje Binder / vlz/Sumber Deutsche Welle )
Loading...

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.