6 Lagu Hits Musisi Terkenal Dengan Hasil Jiplakan (Plagiat)

Loading...
Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Di dunia pendidikan, pelaku plagiarisme dapat mendapat hukuman berat seperti dikeluarkan dari sekolah/universitas. Pelaku plagiat disebut sebagai plagiator. Singkat kata, plagiat adalah pencurian karangan milik orang lain. Dapat juga diartikan sebagai pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain yang kemudian dijadikan seolah-olah miliknya sendiri. Setiap karangan yang asli dianggap sebagai hak milik si pengarang dan tidak boleh dicetak ulang tanpa izin yang mempunyai hak atau penerbit karangan tersebut. Sesudah 2 × 24 jam berita surat kabar tersiar, maka seseorang dapat mengambil alih dengan syarat menyebutkan sumbernya. Sumber Wikipedia Bahasa Indonesia.

Sobat sandk udah tau belum beberapa lagu yang ngehits ini hasil jiplakan?. Dilansir melalui laman Deutsche Welle (12/04/16) ada 6 lagu paling hits di dunia ini adalah hasil jiplakan karya orang lain atau disebut juga Plagiarime. Para musisi terbiasa mengambil inspirasi dari lagu karya orang lain. Namun sebagian menjiplak tanpa menyebut sumber aslinya. Nah bagaimana nasib dari lagu-lagu tersebut apakah diantara kedua belah pihak berdamai dengan membagi royalti atau malah mungkin tidak? Berikut lagu-lagu paling terkenal yang bernada plagiat.

1. Viva La Vida, Coldplay


Coldplay memukau dunia musik tahun 2008 dengan lagunya "Viva la Vida." Namun tidak lama kemudian lagu tersebut diklaim oleh gitaris Joe Satriani yang menyebut sebagian nadanya menjiplak lagu "If I Could Fly." Coldplay awalnya berkilah itu cuma kebetulan, tapi kedua band kemudian sepakat menyelesaikan perkara royality di luar pengadilan.

2. Stairway to Heaven, Led Zeppelin


Lagu gubahan Robert Plant dan Jimmy Page yang sempat merajai dunia musik pada dekade 70an ini dituding menjiplak lagu Taurus karya band bernama Spirit. Belum lama ini sebuah pengadilan AS mengakui bagian awal lagu Stairway to Heaven mengandung melodi instrumental milik Taurus. Spirit menilai Jimmy Page mendengar irama Taurus saat kedua band melakukan tur bersama tahun 1968 dan 1969.

3. Big Pimpin, Jay-Z


Raja Hip Hop AS, JayZ sejak 2012 silam menghadapi gugatan lantaran salah satu lagunya, Big Pimpin, diduga menjiplak lagu Mesir berjudul "Khosara, Khosara." JayZ mengklaim pihaknya telah membayar EMI Musics sebesar 100.000 Dollar AS untuk menggunakan sebagian melodi lagu tersebut. Namun ahli waris Baligh Hamdy, pencipta lagu "Khosara" mengaku pihaknya belum pernah diminati izin oleh manajemen JayZ

4. Come Together, The Beatles



Chuck Berry sebenarnya tidak pernah mempermasalahkan musisi lain yang menyontek karya musiknya. Lagu Come Together milik The Beatles adalah salah satunya. Selain kemiripan nada, John Lennon juga mengambil sebagian lirik lagu "You Can't Catch Me" milik legenda Rock 'n' Roll itu. Sebagai kompensasi The Beatles kemudian sepakat membawakan tiga lagu Chuck Berry dalam albumnya.

5. Creep, Radiohead


Fans Radiohead kecewa berat setelah ketahuan lagu Creep yang merupakan hit pertama band Inggris itu ternyata menjiplak lagu "The Air That I Breathe" milik band The Hollies. Albert Hammond and Mike Hazlewood yang mewakili The Hollies kemudian sukses menggugat Radiohead. Kini kedua band berbagi royalty untuk lagu tersebut.

6. Play Hard, David Guetta


Lagu Play Hard karya David Guetta dan Better off Alone yang diluncurkan 1998 silam oleh grup Belanda Alice DeeJay menjadi contoh sulitnya menentukan sebuah karya jiplakan. Yang jelas kedua lagu memiliki nada latar yang sangat mirip satu sama lain. Namun begitu sejauh ini belum ada gugatan di pengadilan terkait lagu Play Hard.

Source Deutsche Welle (rzn/yf (Billboard, TheRollingStones, Fuse))

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.