7 Fakta Menakutkan Tentang Otak

Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf di dalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Dilansir melalui laman DW Indonesia, Kamis (16/06/16) bahwasanya otak manusia berfungsi untuk mengatur seluruh badan dan pemikiran. Anda merasa bahwa otak kita baik-baik saja? Tahukah kalian bahwa neuron di dalam otak adalah kanibal, lah ko bisa? Berikut 7 Fakta Menakutkan Tentang Otak...

1. Neuron di otak itu kanibal


Volume otak meliputi sekitar 2% tubuh manusia, tetapi mengkonsumsi hampir 25% dari energi dari tubuh. Miliaran neuron di otak kita membutuhkan pasokan energi secara konstan. Jika mereka tak diberi asupan energi maka neuron akan mengeluarkan zat yang menelan neuron sendiri. Ini terjadi jika perut Anda amat ‘keroncongan‘ atau lapar.

2. Lingkaran tak berujung di dalam otak


Kadang, ada lagu yang terus terngiang di kepala. Pada dasarnya otak sangat membenci pikiran yang belum selesai dan memiliki dorongan konstan untuk menyelesaikan sesuatu. Untuk lepas dari itu, mulailah bernyanyi lagi dan selesaikan lagunya. Jika memasukkan terlalu banyak kata atau lagu ke otak, justru maknanya akan hilang. Otak meminta Anda untuk dinamis serta tidak terlampau terobsesi dengan satu hal.

3.Terlalu banyak tidur mempercepat penuaan otak


Terlalu banyak tidur sama buruknya dengan kurang tidur. Otak Anda menua lebih cepat jika tidur terlalu banyak, karena ada lebih banyak aktivitas dalam otak saat tidur. Namun Anda juga tak boleh kurang tidur. Tidur ideal sekitar 8 jam setiap hari. Terlalu banyak tidur membuat otak bingung seperti sedang ngelindur.

4. Otak Anda merangsang halusinasi


Berbagai fenomena menunjukkan otak merangsang halusinasi serta sinestesia. Fenomena yang paling umum adalah halusinasi hypnagogia yang terjadi terjadi dalam rentang waktu singkat ketika kita tertidur tapi tidak benar-benar lelap. Hypnagogia adalah pintu gerbang ke mimpi yang seolah nyata. Sementara halusinasi hypnopompic terjadi ketika kita bangun tetapi tidak benar-benar terjaga.

5. Yang Anda lihat dengan mata tidak nyata


Cahaya jatuh pada retina dalam dua dimensi, tapi karena kita hidup dalam 3 dimensi, otak kita harus menebak dan mengubahnya menjadi bentuk tiga dimensi. Jadi semua yang kita lihat adalah hanya sebuah gambar yang dapat dilihat dan diproduksi oleh otak kita sendiri.

6. Nyeri adalah sebuah mitos


Tidak ada reseptor rasa sakit di otak. Nyeri hanyalah proses komunikasi dimana otak bekerja efektif dan mempertahankan kita untuk hidup. Saat otak menyadari bahwa rasa sakit ini tidak mengancam kelangsungan hidup, maka akan menghentikan pengiriman sinyal rasa sakit, bahkan jika sebenarnya ada kerusakan tubuh. Otak menciptakan rasa sakit tetapi dengan cerdas menjaga jarak dari sensasi itu.

7. Ketika takut, hasrat seks cenderung muncul


Ketika Anda takut, otak Anda melepas unsur dopamin yang bertanggung jawab pada rasa senang, termasuk membakar hasrat seksual. Jika kadar dopamin naik, meningkat pula kadar testosteron, hormon yang bertanggung jawab untuk keinginan seksual. Namun, dopamin juga dilepaskan ketika seseorang mengalami emosi ekstrim dan tantangan hebat.

Sumber Deutsche Welle/ap/vlz(thclabs/thespiritscience)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.