Bagaimana Jadinya Jika Donat Dengan Topping Taburan Galaksi (Vegan Galaxy Donuts)

Loading...
Donat (doughnuts atau donut) adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, seperti berbagai jenis selai, jelly, krim, dan custard. Donat sama sekali berbeda dengan bagel, mulai dari bahan adonan, teknik pembuatan hingga cara menghidangkan, walaupun keduanya memiliki bentuk yang hampir sama. Sumber Wikipedia Bahasa Indonesia.

Nah sobat sandk bagaimana jadinya jika donat yang biasa-biasa saja diubah menjadi Donat bertaburan dengan gemerlap cahaya galaxy, Baru-baru ini gadis berusia 22 tahun asal Iran yang bernama Hedi Gh memposting salah satu panganan yang identik dengan rasa manis dan sedikit gurih ini di akun Instagramnya yaitu Donat. Vegan Galaxy Donuts itulah sebutannya untuk donat unik ini. Donat ini sendiri dibuat oleh seorang vegan food creatrix asal Melbourne, Australia ialah SAM atau yang lebih dikenal di akun instagramnya "sobeautifullyraw" yang telah membagikan bagaimana cara untuk memasak donat unik ini atau juga disebut Vegan Galaxy Donuts.

Sam membagikan cara membuat donat ini secara lengkap tahap demi tahap dengan panduan resep yang telah Sam berikan di salah satu Donat karyanya sehingga kita juga bisa membuat donat galaxy ini di rumah. Akun SAM ini juga dipenuhi dengan berbagai masakan racikannya yang sangat menggiurkan untuk dilihat mulai dari makanan ringan, makanan penutup mulut ataupun makanan berat, Sam selalu mengkreasikan disetiap makanannya untuk terlihat menarik dan cantik.

Luar biasa bukan sobat sandk, dan pastinya ada rasa sayang untuk dimakan karena terlalu cantik dan indah buat dipandang. Akankah sobat sandk bisa tahan untuk tidak memakannya pastinya rasanya sangat enak dan manis.

Berikut beberapa karya dari SAM dengan Vegan Galaxy Donuts, yuk kita simak hasil karya dari seorang Vegan Food Creatrix berikut ini...






Donat bisa dibentuk dengan menyatukan kedua sisi adonan berbentuk persegi panjang hingga membentuk cincin atau menggunakan pemotong otomatis yang sekaligus membuat lubang di tengah adonan donat. Lubang pada donat berbentuk cincin dulunya dimaksudkan agar donat cepat matang sewaktu digoreng. Adonan donat yang tersisa sewaktu membuat donat berbentuk cincin sering dijual sebagai doughnut hole atau dicampurkan lagi ke dalam adonan untuk membuat donat baru.

Donat sangat lekat dengan kebudayaan Amerika seperti halnya hamburger. Di Amerika Utara sampai tercipta stereotip polisi patroli sebagai pemakan donat. Gerai donat sering buka sepanjang malam dan polisi sering mengunjungi gerai donat yang menyediakan donat dan kopi gratis. Homer Simpson dan Kepala Polisi Clancy Wiggum dalam film kartun The Simpsons adalah penggemar berat makan donat.

Berikut Resep dari Vegan Galaxy Donuts ini yang mungkin bisa sobat sandk praktekan dirumah..

Bisa untuk menu berbuka puasa sobat sandk

Bahan baku donat:

1 cangkir tepung
1/2 cangkir gula tebu mentah
1 1/2 sdt baking powder
1/4 garam
1/4 sdt pala
sejumput kayu manis
1/2 cup susu kedelai
1 sdt cuka sari apel
1 sdt ekstrak biji vanili murni
1 sdm biji rami tanah dicampur dengan air 3 sdm
1/4 cangkir vegan margarin (Nuttelex atau Earthbalance)

Cara:
  1. Panaskan oven 180 dan siapkan nampan donat.
  2. Dalam mangkuk, kocok bahan kering yang diatas tadi.
  3. Campur susu kedelai dan cuka sari apel, biarkan selama beberapa menit sampai mengental.
  4. Siapkan panci kecil, untuk mencairkan susu kedelai, vanili, biji rami (bisa diganti dengan telur) dan margarin di atas api kecil sampai mentega meleleh (Jangan sampai mendidih )
  5. Campurkan semua bahan baik basah dan kering dan bentuk adonan sampai lembut.
  6. Siapkan sendok teh, dan buatlah lubang pada donat, selanjutnya gunakanlah jari Anda untuk hasil yang terbaik.
  7. Panggang selama 12 menit (Donat tidak perlu 'coklat')
  8. Keluarkan mereka dari cetakan dan kemudian biarkan dingin sepenuhnya sebelum di beri taburan topping.
Topping GALAXY:

2-3 sdm minyak kelapa cair
2-3 sdm susu kedelai
1 2/3 - 2 cangkir gula bubuk
Vegan pewarna makanan alami (Merah dan Biru)

Cara:
  1. Kocok bersama-sama minyak kelapa dan susu kedelai lalu mulailah mengocok  perlahan-lahan dan tambahkan gula bubuk sampai mencapai konsistensi yang Anda inginkan. Sesuaikan cairan jika sesuai dengan keinginan.
  2. Untuk memberikan efek 'galaxy': (ini cukup sulit untuk menjelaskan, tetapi jika Anda pernah melakukan kegiatan mewarnai dan gradasi pada dasarnya semuanya sama)
  3. Menggunakan mangkuk kecil terpisah saya bekerja dengan sedikit demi sedikit dengan menebarkan beberapa toping vegan putih dan beberapa tetes pewarna makanan, selanjutnya toping yang sudah di lapisi pada donat tersebut harus diputar-puter dengan sendok untuk menghasilkan warna atau saturasi seperti yang anda inginkan.
  4. Cukup celupkan dan putar satu setengah donat ke dalam toping dan geser lembut keluar dan Anda akan mendapatkan 'efek galaksi';)
  5. Bisa ditambahkan Dusted dengan gula bubuk untuk memberikan efek lainnya.
Itulah resep dari Vegan Galaxy Donuts, bisa juga sobat sandk melihatnya melalui akun Instagram SAM @sobeautifullyraw

Source boredpanda.com(sobeautifullyraw)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.