Inilah 9 Planet Yang Mirip Dengan Bumi

Planet (dari bahasa Yunani Kuno αστήρ πλανήτης (astēr planētēs), berarti "bintang pengelana") adalah benda astronomi yang mengorbit sebuah bintang atau sisa bintang yang cukup besar untuk memiliki gravitasi sendiri, tidak terlalu besar untuk menciptakan fusi termonuklir, dan telah "membersihkan" daerah sekitar orbitnya yang dipenuhi planetesimal.

Kata planet sudah lama ada dan memiliki hubungan sejarah, sains, mitologi, dan agama. Oleh peradaban kuno, planet dipandang sebagai sesuatu yang abadi atau perwakilan dewa. Seiring kemajuan ilmu pengetahuan, pandangan manusia terhadap planet berubah. Sumber Wikipedia Bahasa Indonesia.

Begitu banyak planet yang hampir mirip dengan bumi di luar sana yang berhasil diidentifikasi oleh para astronom dunia. Namun beberapa dari planet tersebut mengorbit terlalu dekat dengan planet induk.

Dilansir melalui laman DW Indonesia, Rabu (08/09/16) Selama empat tahun berdinas (2009-2013), teleskop antariksa Kepler telah menjaring lusinan planet yang serupa bumi. Teleskop yang dibaptis dengan nama astronom Jerman, Johannes Kepler itu membidik benda langit yang bisa menampung kehidupan dan inilah Pemburu Kehidupan di Luar Angkasa. Selain jarak dari bintang induk, susunan atmosfer, ukuran planet juga menentukan karena berdampak pada gaya gravitasinya. Yuk sobat sandk kita simak 9 Planet Yang Mirip Dengan Bumi berikut ini....

1. Gliese 667C


Eksoplanet yang berjarak 22 tahun cahaya ini memiliki massa 4,5 kali lipat lebih besar ketimbang Bumi. Ilmuwan sebenarnya tidak begitu yakin Gliese 667C adalah planet batuan. Namun letak orbitnya yang berada di zona hijau membuat planet merah ini masuk dalam daftar eksoplanet paling mirip Bumi. Gliese 667C mengorbit bintang induknya dalam waktu 28 hari.

2. Gliese 581D


Planet yang memiliki massa tujuh kali lipat lebih besar ketimbang Bumi ini mengorbit sebuah bintang kecil berjarak 20,3 tahun cahaya dari tata surya. Harapan ilmuwan bertumpu pada letak orbitnya yang berada di zona hijau. Gliese 581D diyakini berbatu dan memiliki air di permukaannya.

3. Kepler 452B


Planet Kepler-452b mengorbit bintang induknya di zona hijau yang bisa menunjang kehidupan dalam konstelasi persis seperti Bumi. Planet ini memiliki massa yang 60% lebih besar dari Bumi. Kepler-452b berlokasi di Rasi Cygnus sejarak 1.400 tahun cahaya dari Tata Surya, umurnya sekitar 6 milyar tahun dan diyakini punya suhu permukaan yang memungkinkan adanya air.

4. Kepler 186f


Dari semua eksoplanet yang pernah ditemukan oleh Kepler, planet bernomer 186f inilah yang paling menjanjikan. Selain ukurannya serupa Bumi dan memiliki jarak orbit yang relatif aman, Kepler 186f juga diyakini sebagai planet batuan, artinya ia sebagian besar terdiri dari silikat dan besi. Perbedaan terbesar dengan bumi adalah bintang induknya yang jauh lebih redup.

5. Kepler 22b


Planet yang berjarak 600 tahun cahaya dari bumi ini terletak di zona layak huni. Kepler menemukan benda langit ini cuma tiga hari setelah mulai berfungsi. Ilmuwan memperkirakan, Kepler 22b adalah planet yang permukaannya sepenuhnya ditutupi air, atau juga disebut sebagai planet samudera. Kepler 22b memiliki ukuran 2,4 kali lipat lebih besar ketimbang bumi.

6. Kepler 62


Dari sekian banyak sistem tata surya asing yang ditemukan teleskop antariksa Kepler. Bintang bernomer 62 adalah yang paling menjanjikan. Planet terluarnya 62e dan 62f mengorbit di zona layak huni. Ilmuwan yakin kedua exoplanet memiliki kandungan air yang tinggi.

7. Kepler 62f


Serupa dengan Kepler 22b, planet ini juga diduga mengandung jumlah air dalam cukup besar dan mengorbit bintang induknya di zona layak huni. Kepler 62 berada di rasi bintang Lyra dan terletak 1200 tahun cahaya dari bumi. Dibandingkan bumi, Kepler 62f berukuran 1,4 kali lipat lebih besar.

8. Kepler 62e


Sebelum kemunculan kepler 186f, planet ini dianggap sebagai benda langit yang paling menyerupai bumi. Kepler 62e ditemukan setelah mengukur kecepatan orbitnya. Selain berada di zona layak huni, Kapler 62e juga memiliki ukuran yang nyaris sama dengan bumi. Serupa dengan exoplanet mirip planet bumi yang sudah ditemukan, Kepler 62e menurut ilmuwan juga merupakan planet samudera.

9. Kepler 69c


Exoplanet yang berukuran 70% lebih besar ketimbang bumi ini berada di rasi bintang Cygnus, sekitar 2700 tahun cahaya dari bumi. Karena ukurannya, Kepler 69 mendapat status bumi super. Awalnya ilmuwan mengatakan planet ini mengitari bintang induknya dari jarak aman. Namun setelah ditelisik lebih lanjut, Kepler 69c mengorbit bintangnya di batas terdalam zona layak huni, menyerupai planet Venus.

Source Deutsche Welle/rzn/yf (NASA, ESA, ESO, IFL)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.