Yuk Menegok Kereta Yang Disulap Menjadi Karya Seni Impresionisme Dari Perancis

Impresionisme adalah sebuah aliran yang berusaha menampilkan kesan-kesan pencahayaan yang kuat, dengan penekanan pada tampilan warna dan bukan bentuk. Namun kalangan akademisi ada yang justru menampilkan kesan garis yang kuat dalam impresionisme ini. Aliran Impresionisme muncul dari abad 19 yang dimulai dari Paris pada tahun 1860an. Nama ini awalnya dikutip dari lukisan Claude Monet, "Impression, Sunrise" ("Impression, soleil levant"). Kritikus Louis Leroy menggunakan kata ini sebagai sindiran dalam artikelnya di Le Charivari.

Karya Claude Monet via bilikseni.com

Karakteristik utama lukisan impresionisme adalah kuatnya goresan kuas, warna-warna cerah (bahkan banyak sekali pelukis impresionis yang mengharamkan warna hitam karena dianggap bukan bagian dari cahaya), komposisi terbuka, penekanan pada kualitas pencahayaan, subjek-subjek lukisan yang tidak terlalu menonjol, dan sudut pandang yang tidak biasa.

Ciri khas dari seni Impresionisme:
  • Goresan kuas pendek dan tebal dengan gaya mirip sketsa, untuk memberikan kemudahan pelukis menangkap esensi subjek daripada detailnya.
  • Warna didapat dengan sesedikit mungkin pencampuran pigmen cat yang digunakan. Diharapkan warna tercampur secara optis oleh retina.
  • Bayangan dibuat dengan mencampurkan warna komplementer (Hitam tidak digunakan sebagai bayangan).
  • Cat tidak ditunggu kering untuk ditimpa dengan warna berikutnya.
  • Pengolahan sifat transparansi cat dihindari.
  • Meneliti sedetail mungkin sifat pantulan cahaya dari suatu objek untuk kemudian diterapkan di dalam lukisan.
  • Dikerjakan di luar ruangan (en plein air)
Sebenarnya ciri ini hampir bisa ditemui di aliran-aliran lain, tetapi hanya impresionisme lah yang memiliki ciri tersebut secara keseluruhan dengan sengaja.

Nah bagaimana jadinya jika seni Impresionisme dituangkan di dalam sebuah kereta api, bagaimana bentuk dan wujudnya, apakah akan seindah seni Impresionisme biasanya, nah dilansir dari laman mymodernmet.com, Sabtu (21/05/16) yang mengatakan bahwa perusahaan kereta api Perancis SNCF akan mengubah beberapa kereta menjadi seni yang bertemakan Impresionisme, nah ini dia ulasannya

SNCF (Société Nationale des Chemins de fer Français) merupakan perusahaan kereta api Perancis. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1926. Bermarkas di Paris, Perancis. Mempekerjakan 245.090 karyawannya pada tahun 2011. Kelompok SNCF dimiliki sepenuhnya oleh Republik Perancis dan dibagi menjadi beberapa usaha terpisah yang mengelola infrastruktur dan mengoperasikan layanan penumpang dan angkutan.

Perjalanan di pagi hari menjadi lebih indah di negara Perancis. SNCF (Perancis Nasional Railway Company) baru-baru ini telah memperbarui sistem kereta publik mereka dengan koleksi karya seni impresionis yang sangat indah. Seni dan budaya ini telah bekerjasama dengan perusahaan 3M dan diatur secara eksklusif pada musim panas ini untuk perjalanan kereta dari Gare Saint-Lazare ke Vernon- Giverny dan tidak lupa agensi ADKEYS juga sebagai creator untuk tiga kereta tersebut. Kereta yang telah dipilih lalu reproduksi dengan lukisan impresionis yang dikumpulkan dari Musée d'Orsay, Château de Versailles dan Cinéma Gaumont,, yang memungkinkan penumpang merasakan hawa ketenangan melalui lintas negara.

Proyek lebih lanjut ini telah meneliti hubungan antara seni melalui rel kereta api line J dan dihubungkan  melalui daerah-daerah yang mempunyai pemandangan lanskap untuk menginspirasi bagi beberapa seniman unggulan, seperti Claude Monet dengan seri karyanya yang terkenal Water Lilies. Dan juga kita bisa melihat bisa melihat stiker yang bertemakan Impresionisme pada dinding dan langit-langit dari arsitektur masing-masing museum dan monumen.

Kereta dengan karya impresionis sangat menyenangkan dan bertujuan untuk menenenangkan pikiran untuk ribuan penumpang di sepanjang jalur kereta api setiap hari dengan gambar-gambar bertema impresionis dengan salah satu dari tiga tema yang mencolok seperti taman dan air, Paris dan industrialisasi, dan pemandangan lokal yang indah, yang bertebaran di seluruh interior kereta. Yuk sobat sandk langsung saja kita lihat seni yang berhasil dituangkan di dalam sebuah kereta milik perusahaan kereta api Perancis ini...

Seni Impresionisme pada langit-lagit kereta

Foto dari Christophe Recourakita

Begitu indah bukan sobat sandk, yang pastinya nyaman untuk perjalanan jauh.

Dengan kursi warna-warni yang menenangkan, dan juga pastinya disuguhkan dengan pemandangan yang indah.

Sepertinya bakal betah jika naik kereta seperti ini.

Foto dari Christophe Recourakita

Sungguh indah bukan sobat sandk, coba saja di Indonesia ada kereta seperti ini pastinya perjalanan makin unik dan seru yak sobat sandk. Jika sobat sandk merencanakan berpergian ke Eropa khususnya Perancis jangan lupa untuk menaiki salah satu kereta ini ya sobat sandk.

Source www.mymodernmet.com/www.fubiz.net (berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.