author photo
Kota merupakan kawasan pemukiman yang secara fisik ditunjukkan oleh kumpulan rumah-rumah yang mendominasi tata ruangnya dan memiliki berbagai fasilitas untuk mendukung kehidupan warganya secara mandiri.

Pengertian "kota" sebagaimana yang diterapkan di Indonesia mencakup pengertian "town" dan "city" dalam bahasa Inggris. Selain itu, terdapat pula kapitonim "Kota" yang merupakan satuan administrasi negara di bawah provinsi. Artikel ini membahas "kota" dalam pengertian umum (nama jenis, common name).

Kota dibedakan secara kontras dari desa ataupun kampung berdasarkan ukurannya, kepadatan penduduk, kepentingan, atau status hukum. Desa atau kampung didominasi oleh lahan terbuka bukan pemukiman.

Dilansir melalui laman DW Indonesia, ada berbagai kota diseluruh dunia yang dikategorikan sebagai kota paling berbahaya di dunia, kota apa sajakah, berikut ulasannya...

10. Caracas, Venezuela


Caracas (Santiago de Leon de Caracas) adalah ibu kota Venezuela. Kota ini merupakan tempat di mana kemerdekaan Venezuela dinyatakan pada 1811. Penduduknya pada 2005 berjumlah 4,6 juta jiwa (daerah metropolitan). Pada 26 Maret 1812, kota ini dilanda gempa bumi yang menewaskan sekitar 20.000 orang. Ibukota Venezuela ini adalah sarangnya para geng narkoba. Kriminalitas di jalanan mulai dari pencopetan hingga perampokan bagian dari keseharian warga Caracas. Banyak kota lain di Venezuela yang juga memiliki tingkat kriminalitas tinggi.

9. Ciudad Juarez, Mexiko


Ciudad Juárez (Kota Juarez) merupakan sebuah kota di Meksiko. Kota ini terletak di bagian utara. Tepatnya di negara bagian Chihuahua dekat perbatasan Amerika Serikat. Pada tahun 2010, kota ini memiliki jumlah penduduk sebesar 1.328.017 jiwa dan memiliki luas wilayah 188 km². Terletak pada ketinggian 1.120 m.

Kota ini memiliki angka kepadatan penduduk 374,4 jiwa/km². Meksiko dikenal dengan masalah perdagangan narkobanya. Ciudad Juarez saat ini jadi salah satu kota dengan tingkat kekerasan yang tinggi. Polisi di kota perbatasan ini seringnya bersekongkol dengan geng narkoba. Ini jelas tidak membantu keamanan kota.


8. Cape Town, Afrika Selatan



Cape Town (bahasa Afrikaans & bahasa Belanda: Kaapstad) merupakan ibu kota legislatif Afrika Selatan dan ibu kota Provinsi Tanjung Harapan. Ibu kota lainnya adalah Pretoria (eksekutif) dan Bloemfontein (kehakiman).

Karena kemiskinan dan ketegangan sosial, kota ini memiliki tingkat kejahatan yang sangat tinggi. Walau banyak turis yang datang karena keindahan alamnya, Cape Town bisa menjadi lokasi yang sangat berbahaya. Penting untuk menghindari daerah yang rawan dan tidak pergi sendirian di malam hari.


7. Rio de Janeiro, Brasil



Rio de Janeiro (bermakna "Sungai Januari" dalam bahasa Portugis) merupakan ibu kota negara bagian Rio de Janeiro, di bagian tenggara Brasil. Kota ini mempunyai luas sebesar 1.256 km² dan penduduk sekitar 6.150.000 juta jiwa (2004). Sekitar 10 juta orang tinggal di wilayah metropolitan Rio de Janeiro Raya, yang saat ini merupakan kota terbesar keempat di dunia.

Banyak kota lain di Brasil lebih berbahaya daripada Rio de Janeiro. Tapi karena Rio masih menjadi tujuan wisata yang paling digemari, kota ini masuk dalam daftar ini. Rio kini memang lebih aman dibanding 10 tahun yang lalu, tetapi kriminalitas jalanan masih ditemukan dimana-mana, khususnya di malam hari.


6. Guatemala City, Guatemala



Guatemala City (lengkapnya, La Nueva Guatemala de la Asunción; masyarakat setempat mengenalnya dengan Guatemala atau Guate) adalah ibukota dan kota terbesar di negara Guatemala. Penduduknya berjumlah 2.541.581 jiwa (2004). Kota ini terletak pada ketinggian 1.500 m. Dengan memiliki angka kepadatan penduduk sebesar 4.505 jiwa/km². Didirikan pada tahun 1620.

Walau sebagai negara Karibik, Guatemala menarik banyak turis, negara ini memiliki tingkat kriminalitas narkoba tinggi, begitu juga angka pembunuhan dan kejahatan lain seperti pencopetan dan perampokan.


5. Acapulco, Meksiko



Acapulco (secara resmi dikenal sebagai Acapulco de Juárez) adalah kota, munisipalitas dan pelabuhan di negara bagian Guerrero, Meksiko, 300 km dari Ciudad de Mexico. Kota ini dikenal sebagai salah satu resor pantai tertua dan paling terkenal di Meksiko. Acapulco terkenal akan kehidupan malamnya. Wilayah resor terbagi menjadi dua. Wilayah utara merupakan wilayah "tradisional", sedangkan wilayah selatan didominasi oleh hotel-hotel mewah. Pada tahun 2005, Acapulco memiliki jumlah penduduk sebesar 717.766 jiwa.

Dulu Acapulco dianggap sebagai tempat liburan yang aman dan mewah. Walau kini kota ini tetap dikunjungi banyak turis, masalah narkoba mendominasi Acapulco. Statistik menunjukkan, kota ini termasuk kota di dunia dengan angka pembunuhan tertinggi: 142 pembunuhan per 100.000 warga. Turis disarankan untuk tidak meninggalkan hotel seorang diri.

4. Bagdad, Irak


Bagdad (بغداد) adalah ibu kota Irak dan provinsi Bagdad. Bagdad adalah kota terbesar kedua di Asia Barat Daya setelah Teheran, dengan populasinya pada 2003 diperkirakan mencapai 5.772.000. Terletak pada Sungai Tigris pada 33°20 utara dan 44°26 timur, kota ini dulunya pernah menjadi pusat peradaban Islam.

Serangan bom, tembak-menembak, sudah menjadi bagian dari keseharian di Bagdad. Kota ini sejak bertahun-tahun berada dalam daftar 'tidak untuk dikunjungi' turis Barat. Hingga kini pun, kota ini masih dianggap sangat berbahaya.

3. Kabul, Afghanistan


Kabul (bahasa Persia: کابل Kābol IPA: [kɒːˈbol]; bahasa Pashtun: کابل Kābul IPA: [kɑˈbul];archaic Caubul) adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Afganistan dengan jumlah penduduk sekitar 2 – 4 juta jiwa.

Kabul masih menjadi kota yang berbahaya. Serangan bom kerap terjadi dan masa depan ibukota Kabul atau Afghanistan secara keseluruhan hingga sekarang masih belum jelas .

2. Karachi, Pakistan


Karachi (Sindhi: ڪراچي, bahasa Urdu: کراچی, Karāčī, diucapkan [kəˈrɑːˌtʃi]) adalah kota terbesar di Pakistan dan juga ibu kota Provinsi Sindh. Karachi ialah hub finansial dan komersial Pakistan, Kota ini terletak di Laut Arabia utara-barat Sungai Indus. Dengan populasi sekitar 14 juta, Karachi merupakan salah satu kota terpadat di dunia

Pakistan terkenal sebagai panggung kerusuhan politik. Kejahatan, pembunuhan bayaran, serangan bunuh diri, dan perang geng bisa ditemukan dimana-mana. Karachi adalah satu dari pusat kekerasan di negara ini dan bukan tujuan wisata ideal bagi turis.

1. San Pedro Sula, Honduras


San Pedro Sula merupakan kota terbesar kedua Honduras. Penduduknya berjumlah 500.000 jiwa (2005). Sejak bertahun-tahun kota ini berada di peringkat pertama kota paling berbahaya di dunia. Beberapa studi menunjukkan, San Pedro Sula memiliki tingkat pembunuhan tertinggi - 169 pembunuhan per 100.000 warga. Perdagangan senjata adalah masalah terbesar dan pemilikan senjata ilegal ditemukan dimana-mana.

Sumber Deutsche Welle/Wikipedia (berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).
EmoticonEmoticon

Artikel Berikutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post