Beginilah Penampakan Hewan Paling Aneh Di Dunia

Loading...
Melihat penampilan fisik kumpulan hewan ini pasti anda memiliki penilaian sendiri, apakah terlihat lucu, jelek, menyebalkan atau malahan bikin takut. Walau begitu uniknya bentuk wajah mereka 12 Hewan Aneh Paling Aneh Di Dunia ini karakternya dikenal jinak dan tidak buas terhadap manusia. Sayangnya jumlah mereka semakin sedikit bahkan beberapa diantaranya mendekati kepunahan, ini semua akibat perburuan-perburuan manusia yang rakus demi kepentingan individual.

1. Kera (Monyet) Yunnan Berhidung Pesek


Sungguh menggemaskan  rupa kera lucu berbulu tebal, berkuncung dengan bibir merah jambu berukuran XL ini sehingga banyak yang bilang mukanya sexy sekali. Kera unik dari Yunnan memang secara alami memiliki hidung penyek/pesek dan bibir yang tebal, besar dan kemerahan. Kera Yunnan hidung pesek ini termasuk binatang yang dilindungi karena dianggap hampir punah. Sekarang bisa dijumpai di daerah pegunungan Yunling di China bagian barat daya.


Populasi Kera ini hidup di bagian dataran tinggi (3000 s/d 4500 meter diatas permukaan laut). Yang menarik adalah makanan binatang ini, dimana 80 % terdiri dari jenis lumut (lichens) yang tumbuh dibatang pepohonan. Sisanya 20 % terdiri dari dedaunan, buah-buahan dan bebijian lokal.

2. Axolotl Salamander, Ikan Mirip Kadal Berwajah Aneh Dan Lucu


Hewan Berwajah unik dan lucu ini namanya axolotl, yaitu ikan aneh yang berasal dari Mexico. Inilah hewan yang memiliki wajah dan bentuk tubuh yang unik. Warna tubuhnya pun memiliki warna yang lucu, seperti merah muda. Tidak hanya itu, hewan ini memiliki rambut merah yang merupakan insang. Insang ini tampak berada di samping kepalanya, sehingga sepintas tampak seperti tanduk.

Orang-orang timur sering menimbulkan fantasi yang dikaitkan pada suatu legenda mengenai ular naga. Oleh karena itu, tidak jarang mereka disebut juga sebagai ikan naga. Binatang eksotis yang nampak lucu ini, kadang disebut juga sebagai Mexican walking fish, sebab ia seperti ikan yang memiliki tangan dan kaki. 


Akan tetapi, sebenarnya axolotl bukanlah sejenis ikan, melainkan sejenis salamander langka yang hanya dapat ditemukan di danau xochimilco, Meksiko. Axolotl juga termasuk kadal yang memiliki umur panjang. Sebab, ia dapat menumbuhkan kembali anggota tubuh, seperti taring, kulit, organ, dan bagian dari otak dan tulang belakangnya yang terluka.

Beberapa binatang lain mempunyai kemampuan untuk beregenerasi, tetapi hanya salamander meksiko inilah yang memiliki keistimewaan, yaitu dapat menumbuhkan kembali begitu banyak bagian tubuh yang berbeda, di sepanjang hidupnya. Namun, amfibi langka ini terancam punah karena polusi dan diburu untuk dijadikan peliharaan. 

3. Spesies Langka, Rusa Bertaring Drakula


Spesies rusa langka yang selama ini diduga telah punah terlihat kembali untuk pertama kalinya setelah lebih dari 60 tahun tak terlihat lagi. Seekor rusa kashmir musk yang memiliki taring panjang seperti taring drakula baru-baru ini terlihat di hutan Afghanistan. Termasuk kategori Daftar Merah IUCN, satwa ini mengalami ancaman dari perburuan ilegal. Para pemburu liar memang menarget rusa musk kadangkala juga disebut kijang kesturi untuk bahan wewangian dalam parfum, obat dan dupa.


Dinegara lainnya Musk punah karena diburu sebagai tradisi pengobatan tradisional bangsa Cina dan Korea sejak lama. Oleh karena khasiat kelenjarnya dipercaya bisa berefek sedatif (penenang) ataupun stimulan (perangsang), tergantung pada apa kombinasinya. Kini untuk mencegah kepunahan hewan langka itu, perburuan dan ekspor dilarang keras dengan dibuatnya undang-undang pemerintah Afghanistan.

4. Tikus Tanah Hidung Bintang


Tikus ini diberi nama hidung bintang karena bentuk daging pada hidungnya, yang ditutupi reseptor sensorik yang meningkatkan kemampuan sentuhannya, karena sebenarnya pengelihatan hewan ini sangat buruk. Tikus tanah hidung bintang ini tercatat merupakan perenang dan penyelam sekaligus penggali yang hebat. Layaknya tikus tanah lainnya, hewan ini memakan cacing tanah, belatung dan apapun yang berlendir di tanah. Ditemukan di Kanada dan Amerika Serikat bagian utara. 

5. Aye-Aye 


Berikutnya adalah hewan bernama aye-aye yang merupakan hewan berwajah lucu dan paling langka di dunia. Hewan yang beraktivitas pada malam hari ini, terlihat seperti campuran dari beberapa variasi binatang. Tubuh aye-aye dewasa, akan terlihat seperti kucing besar, tetapi memiliki wajah yang mirip ferret atau hewan sejenis musang. Memiliki bulu hitam berantakan, dan berekor panjang. Telinganya pun mirip kelelawar yang dapat berputar dengan bebas.

Selain itu, gigi hewan ini tumbuh secara konstan, mirip seperti gigi hewan pengerat. Ia juga memiliki sepasang mata bulat besar berwarna hijau, memiliki 5 jari tangan hitam, dengan kuku tajam dan jari tengah yang panjangnya 3 kali lipat jari lainnya.


Selain berpenampilan aneh, hewan lucu ini memiliki keistimewaan yang tidak mampi dimiliki oleh hewan lainnya. Ia dapat menggunakan jari tengahnya yang menonjol seperti ranting kering, untuk mendeteksi larva serangga yang tersembunyi di dalam kulit pohon. Sambil memanjat, aye-aye akan mengetuk-ngetuk permukaan kulit pohon, dan ketika terdengar adanya suara yang berpotensi menunjukkan adanya makanan, aye-aye akan menggerogoti kayu tersebut untuk mendapatkan mangsa kesukaannya, yaitu belatung.

Hewan penyendiri ini, menghabiskan sebagian besar hidupnya di pohon. Madagaskar adalah satu-satunya tempat di bumi, di mana binatang ini bisa ditemukan di alam bebas. Akan tetapi, keberadaan aye-aye ini terancam punah, karena kehilangan habitat yang disebabkan oleh perburuan. Meskipun beratnya hanya sekitar 2 kilogram di alam liar, binatang kecil ini juga dipandang sebagai pertanda kematian oleh masyarakat lokal di Madagaskar. 

6. Hatchetfish 


Ikan penghuni jurang ini tubuhnya sangat kecil (spesies terbesar yang dikenal hanya berukuran 12 cm), dan tidak berbahaya, tetapi wajahnya seperti mimpi buruk. Hatchetfish adalah bukti bahwa kita tidak perlu gigi tajam atau mata bersinar merah untuk menjadi seram. Ikan ini ditemukan di perairan tropis dan subtropis di seluruh dunia, memakan makhluk-makhluk yang lebih kecil di jurang, seperti copepoda (sejenis Crustaceae). 

7. Kelelawar Hidung Tabung


Ditemukan di hutan hujan Filipina, kelelawar ini terancam punah dan memiliki salah satu wajah teraneh di antara mamalia. Telinganya yang gelap ditutupi bintik kuning, mata oranye dan tentunya hidung tabung yang membuat penampilannya mirip kartun. Kelelawar ini kebanyakan mengkonsumsi buah ara dan buah-buahan lainnya, tetapi terkadang mereka juga memakan serangga.

8. Tikus Mondok Telanjang


Tikus ini penampilannya tanpa bulu, kisut, kulit pucat pink dan memiliki mata hitam yang bercahaya. Tetapi satu hal yang sangat menarik perhatian adalah tonjolan dua giginya yang sangat besar sekali, yang sebenarnya tumbuh melalui bibir. Sehingga tikus ini tidak harus membuka mulut pada saat mengerat jalan di bawah tanah. Gigi ini begitu kuat sehingga tikus mondok telanjang terkenal bisa mengerat beton.

9. Ikan Kelelawar Hidung Merah Berbibir Dower


Meskipun tidak terlalu terkenal, ikan ini memiliki wajah yang cukup aneh. Bentuknya datar, hidungnya panjang dan runcing dan terlihat seperti terlalu banyak menggunakan lipstik. Keanehan alam ini ditemukan di Galapagos dan memiliki kerabat dekat di perairan Amerika Tengah. Hewan ini merupakan perenang yang lambat dan lebih memilih menyeret dirinya di dasar laut menggunakan sirip sebagai tangan.

10. Kumbang Leher Jerapah


Kumbang jerapah, hewan aneh yang lagi-lagi berasal dari Madagaskar. Hewan ini memperoleh namanya dari “leher” panjang yang sekilas mirip jerapah. Bagi kumbang jantan, leher ini berfungsi untuk berkelahi dan memperebutkan betinanya. Sedangkan bagi kumbang betina, leher panjang akan digunakan untuk membangun sarang untuk telurnya. Dengan leher sepanjang 2,5 sentimeter, kumbang jerapah dinyatakan sebagai kumbang dengan leher terpanjang di dunia. Hewan ini ditemukan pertama kali pada tahun 2008.

11. Laba-laba Bertanduk


Laba-laba bertanduk, atau dikenal juga dengan sebutan laba-laba kepiting, adalah binatang yang dapat ditemukan di seluruh dunia. Namun, binatang ini paling mudah untuk ditemui di taman Florida yang lembab. Laba-laba bertanduk memiliki bentuk yang unik. Ia memiliki tempurung yang berwarna-warni serta tanduk yang berfungsi untuk mengusir predator.

Tumbuh sepanjang 10-13 milimeter, laba-laba bertanduk berbahaya jika menggigit manusia. Laba-laba kepiting sering berklamufase di atas bunga. Ia akan menunggu lebah untuk datang mengisap nektar dari bunga. Ketika lebah lengah, laba-laba kepiting akan menangkap dan memakan lebah itu.

12. Blobfish, Ikan Berwajah Murung


Ikan berwajah muram ini dapat dikatakan sebagai salah satu dari 12 Hewan Aneh Paling Aneh Di Dunia. Hewan asli Australia yang juga terdapat di Tasmania ini seperti agar-agar, memiliki densitas sedikit lebih kecil dari air. Blobfish hampir punah karena penangkapan yang dilakukan manusia di bagian laut dalam. Ikan aneh ini memakan bahan-bahan organik yang lewat di depannya dan mengeluarkan sedikit energi saat berenang.


Source kejadiananeh.com (berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.