Pesawat Terbang Terbesar Sedunia Airlander 10 Mengudara Perdana

Pesawat terbang adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap tetap, dan dapat terbang dengan tenaga sendiri. Secara umum istilah pesawat terbang sering juga disebut dengan pesawat udara atau kapal terbang atau cukup pesawat dengan tujuan pendefenisian yang sama sebagai kendaraan yang mampu terbang di atmosfer atau udara. Namun dalam dunia penerbangan, istilah pesawat terbang berbeda dengan pesawat udara, istilah pesawat udara jauh lebih luas pengertiannya karena telah mencakup pesawat terbang dan helikopter.

Dilansir melalui laman DW Indonesia, Jumat (19/08/16) Pesawat terbang terbesar sedunia Airlander 10 sukses mengudara perdana di London. Pesawat berteknologi gabungan Zepellin, pesawat terbang konvensional dan helikopter itu dipromosikan sebagai moda angkutan masa depan.

Terbang perdana pesawat terbang terbesar sedunia, Airlander 10 sukses dilakukan di London, setelah hari Minggu silam tertunda akibat masalah teknis. Pesawat sepanjang 90 meter dan dengan lebar 15 meter berteknologi hibrida, antara Zepellin, pesawat terbang konvensional dan helikopter inilakukan penerbangan selama 30 menit, dengan melakukan sejumlah manuver penerbangan dan kemudian mendarat dengan selamat.

Airlander 10 awalnya adalah produk pesanan perusahaan AS, Northrop Grumman, yang memenangkan tender pertahanan dari Washington. Sempat direncanakan untuk diujicoba di Afghanistan, pesawat ini dikembangkan sebagai pesawat mata-mata dengan dilengkapi radar, pemancar komunikasi dan sensor infra merah. Namun proyek tersebut kemudian dibatalkan sepihak oleh Amerika Serikat.

Proyeknya kemudian dilanjutkan perusahaan swasta Hybrid Air Vehicles dengan dukungan modal dan teknik dari Cina. CEO HAV, Stephen McGlenn mengatakan:"Mesin pesawat buatan sebuah perusahaan milik sebuah konglomerat besar Cina. Kami juga menggandeng sejumlah perusahaan teknologi Cina lainnya yang tertarik si bidang penerbangan dan antariksa.
Masih hadapi kendala teknis

Kelemahan terbesar pesawat serupa Zeppelin ini adalah balon alias tabung helium yang mudah terbakar. Sebab itu produsennya, Hybrid Air Vehicles, menggunakan materi yang tahan api. Tidak hanya itu, balon Airlander 10 juga dibuat dengan menggunakan bahan kevlar yang anti peluru.

Terpanjang di Dunia


Dengan badan sepanjang lebih dari 90 meter dan lebar 15 meter, Airlander 10 saat ini tercatat sebagai pesawat terpanjang di dunia. Pesawat yang lebih mirip kapal udara ini bisa melayang sampai ketinggian 4.880 meter dan terbang dengan kecepatan hingga 148 kilometer per jam.

Lahir untuk Perang


Airlander 10 awalnya adalah produk pesanan perusahaan AS, Northrop Grumman, yang memenangkan tender pertahanan dari Washington. Sempat direncanakan untuk diujicoba di Afghanistan, pesawat ini dikembangkan sebagai pesawat mata-mata dengan dilengkapi radar, pemancar komunikasi dan sensor infra merah. Namun proyek tersebut kemudian dibatalkan sepihak oleh Amerika Serikat

Anti Peluru


Kelemahan terbesar pesawat serupa zeppelin ini adalah balon alias tabung helium yang mudah terbakar. Sebab itu produsennya, Hybrid Air Vehicles, menggunakan materi yang tahan api. Tidak hanya itu, balon Airlander 10 juga dibuat dengan menggunakan bahan kevlar yang anti peluru.

"Bokong terbang"


Setelah dibatalkan oleh AS, HAV kini melahirkan kembali Airlander 10 sebagai moda transportasi atau pemancar komunikasi nirawak untuk keperluan sipil. Kelebihan pesawat yang pernah dicemooh dengan sebutan "bokong terbang" ini adalah kemampuannya bertahan di udara selama dua pekan tanpa perlu isi bahan bakar.

Terganjal Selera Pasar


Tanpa pesanan militer, pesawat berbadan zeppelin sulit diterima oleh bisnis penerbangan sipil. Ide serupa pernah dibuat perusahaan Jerman, CargoLifter yang mengembangkan zeppelin sebagai moda transportasi kargo. Namun perusahaan tersebut bangkrut tahun 2002 silam karena gagal menemukan pembeli dan investor.

Penyakit Lama


Zeppelin pertamakali dikembangkan di Jerman pada 1900 oleh Ferdinand Graf von Zeppelin. Namun karena berulangkali terbakar di udara, Zeppelin akhirnya berhenti digunakan pada tahun 1940. Hingga kini produsen Zeppelin belum mampu mengatasi kelemahan terbesar pesawat helium itu, yakni ketahanan mengahadapi cuaca buruk. Untuk alasan sama Pentagon membatalkan pemesanan Airlander 10


Sumber Deutsche Welle (rzn/yf (HAV, afp,ap), Wikipedia

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.