10 Boneka Paling Misterius di Dunia

Boneka (bahasa Portugis: boneca) adalah sejenis mainan yang dapat berbentuk macam-macam, terutamanya manusia atau hewan, serta tokoh-tokoh fiksi. Boneka bisa dikatakan salah satu mainan yang paling tua, karena pada zaman Yunani, Romawi ataupun Mesir kuno saja boneka sudah ada.

Boneka pada dasarnya merupakan mainan yang bentuknya beraneka ragam misalnya manusia atau hewan serta tokoh-tokoh fiksi. Boneka adalah mainan paling tua yang katanya sudah ada dari zaman Yunani, Rowami ataupun Mesir kuno. Umumnya boneka dibuat untuk menemani anak-anak, tapi sering juga digunakan untuk hal-hal yang bersifat gaib dan mistik seperti upacara ritual keagamaan zaman dulu. Nah berikut ini adalah boneka-boneka misterius di dunia yang bukannya terlihat lucu, tapi justru bikin merinding! Boneka apa sajakah? Yuk, kita simak!

1. Boneka Sally


Cerita ini berasal dari Georgia di tahun 1950-an. Ada wanita bernama Sally yang selalu berpakaian serba hitam. Ia bekerja sebagai pembuat sabun. Menurut cerita yang beredar, dia memakai lemak dari anak-anak yang mati terbunuh olehnya demi membuat sabun. Setelah Sally meninggal, katanya dia akan muncul di mimpi anak-anak yang nakal. Jika si anak tidak mampu terbangun sebelum Sally menangkapnya, keesokan harinya si anak bisa meninggal dunia. Beberapa hari setelah si anak meninggal, boneka Sally lah yang akan muncul di depan rumahnya sambil membawa tas berisi banyak sabun.

2. Boneka Robert


Boneka yang dimiliki oleh Robert Eugene Otto, seorang pelukis asal Key West ini dikabarkan pernah berjalan dari satu jendela ke jendela yang lain. Beberapa kali juga Eugene mengatakan bahwa barang-barang di kamarnya yang terlempar ke dinding adalah ulah boneka kesayangannya itu. Sekarang boneka yang diberi nama Robert sesuai pemiliknya ini disimpan di Museum Fort East Martello dan melarang semua pengunjung mengambil foto boneka Robert demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Boneka Barrera


Boneka ini berasal dari Pulau Boneka atau La Isla de Las Munesco di negara Meksiko. Konon katanya, seseorang yang bernama Barerra melihat sebuah boneka yang mengapung di air kanal dan menggantungkannya di pohon. Dia kemudian semakin terobsesi dan mengumpulkan banyak boneka yang disebarkan dimana-mana karena percaya boneka itu akan melindunginya dari arwah gadis yang terus menghantuinya. Hal ini berlangsung bertahun-tahun sampai Barerra ditemukan meninggal terkelungkup di kanal. Katanya Barerra terus bergentayangan bersama dengan boneka-boneka seramnya.

4. Boneka Mandy


Sekarang Boneka Mandy sudah dipajang di Quesnel Museum di Old Cariboo Gold Rush Trail, British Columbia setelah didonasikan pada tahun 1991. Mereanda-lah yang mendonasikan Mandy karena sering mendengar bayi menangis dan melihat jendela di dekat boneka itu terbuka. Barulah ketika boneka tersebut disimpan oleh Museum, ia tidak pernah lagi diganggu oleh suara tersebut.

5. Boneka Annabelle


Boneka Annabelle yang juga dijadikan dalam sebuah film horor “Annabelle” ini katanya dikisahkan menyebabkan kasus boneka hantu yang tidak biasa. Mulai dari menggangu dua orang perawat dan berbagai keanehan lainnya. Kabarnya ia sengaja disimpan di Museum Occult agar ia terkunci rapat dan terkurung di dalamnya.


6. Boneka Joliet


Kabarnya Joliet merupakan boneka yang sering terdengar menangis di tengah malam dengan suara beberapa bayi secara bersamaan. Sering pula terdengar suara teriakan yang membuat merinding. Pemilik boneka ini tidak mau membuangnya karena percaya kalau roh anak laki-laki mereka terperangkap di dalam boneka Joliet.

7. Boneka Okiku


Eikichi Suzuki di Sapporo membeli boneka ini pada tahun 1918. Boneka ini dibeli untuk adiknya yang bernama Okiku. Tapi tidak lama Okiku meninggal karena demam. Keluarga gadis itu ingin memasukan boneka itu dalam peti mati Okiku tapi mereka lupa melakukannya. Konon katanya, rambut Okiku terus tumbuh meski telah dipotong secara berkala.

8. Boneka Jalangkung


Boneka ini berasal dari Indonesia yang merupakan permainan anak-anak yang berbentuk boneka dari tempurung kelapa. Adapun mantra yang sudah sering dikenal untuk memasukan makhluk gaib ke dalam boneka ini adalah “Jelangkung jelangsat, di sini ada pesta, pesta kecil-kecilan. Jelangkung jelangsat, datang tidak diundang, pergi tidak diantar”. Apakah kamu pernah memainkannya?

9. Boneka Pupa


Bocah berusia sekitar lima sampai enam tahun dikabarkan adalah pemilik asli boneka Pupa. Ia tinggal di Trieste, Italia dan meninggal bulan Juli 2005. Sampai saat ini, katanya Pupa masih dalam pakaian aslinya, setelan biru terbuat dari beledu. Boneka Pupa dikatakan sering bergerak sendiri. Namun sekarang tidak ada lagi yang mengetahui di mana keberadaan Boneka Pupa.

10. Boneka Patty


Berbeda dengan boneka lainnya yang bisa bergerak atau bersuara sendiri, boneka Patty istimewa karena menggambarkan pemiliknya yaitu Patty Reed. Boneka Patty kini disimpan di Museum Fort State Historical Park Sutter dan sering dilihat sebagai sosok angker pemiliknya yang tega memakan anggotanya sendiri demi bertahan hidup karena terjebak salju.

Sumber idntimes.com, wikipedia (Sumber Gambar : berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.