10 Perpustakaan Tertua di Dunia

Baca juga:

perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, serta dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.

Tetapi, dengan koleksi dan penemuan media baru selain buku untuk menyimpan informasi, banyak perpustakaan kini juga merupakan tempat penyimpanan dan/atau akses ke map, cetak atau hasil seni lainnya, mikrofilm, mikrofiche, tape audio, CD, LP, tape video dan DVD. Selain itu, perpustakaan juga menyediakan fasilitas umum untuk mengakses gudang data CD-ROM dan internet.

Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia.

Berikut adalah 10 Perpustakaan Tertua di Dunia yang hingga saat ini masih beroperasi..

10. Bodleian Library di Oxford, Inggris (1.602)

Perpustakaan Bodleian, Oxford
Bodleian Library di Oxford adalah Perpustakaan Akademik dibangun dan didirikan pada tahun 1602, yang terletak di University of Oxford di Inggris. Ini adalah perpustakaan terbesar kedua di Inggris, di samping British Library, tapi itu salah satu perpustakaan tertua yang dapat Anda lihat di Eropa.Ketika pembukaan perpustakaan ini  pada tahun 1602, perpustakaan ini memiliki koleksi total 2.000 buku.

9. Perpustakaan Nasional Belgia, Brussels (1.559)

Perpustakaan Nasional Belgia, Brussels
Perpustakaan Nasional Belgia adalah titik penelitian di Belgia, dimana melayani dua fungsi sebagai pusat penelitian dan perpustakaan nasional untuk warga negara, khususnya kepada siswa. Ini adalah perpustakaan nasional karena Undang-undang Parlemen yang melembagakan Deposit Hak Cipta yang secara otomatis memberikan mandat kepada seluruh penerbit untuk menyimpan salinan dari karya-karya mereka,dalam hal ini mengatakan fasilitas penelitian dan informasi. Ini memiliki enam departemen yang meliputi Dokumentasi Nasional, Deposit Hukum, dan Daftar Pustaka Belgia.

8. Bayericsche Staatsbibliothek, Munich ( 1.558 )

Perpustakaan Staatsbibliothek, Munich
Bayericsche Staatsbibliothek adalah perpustakaan terbesar kedua di Jerman perpustakaan ini juga berfungsi sebagai perpustakaan nasional yang melayani digitalisasi semua bahan sebelum tahun 1700-an. Beberapa koleksi yang mengesankan adalah buku-buku langka dan naskah. Ini memiliki sekitar 650 pustakawan melayani orang karena dari 8,3 juta buku, bersama dengan akuisisi lain yang itu sebelumnya seperti 88.600 naskah, 38.000 eksemplar non-buku materi, 40.000 judul serial, 20.000 incunabula, dan bahan cetakan lainnya. Pemerintah bahkan menginvestasikan € 20 juta untuk proses digitalisasi bahan tua dan naskah.

7. Perpustakaan Nasional Malta, Valetta ( 1.555 ) 

Perpustakaan Nasional Malta, Valetta
Perpustakaan Nasional Malta jauh lebih dikenal sebagai Publica Bibliotheca dan pendiriannya menjadi mungkin karena keputusan yang dikeluarkan oleh Claude de Fra 'la Sengle, Grand Master Ordo St John. Pada 1796, setelah setup sukses dari Perpustakaan Umum New di Floriana, Perpustakaan ini menjadi dikenal sebagai Perpustakaan Nasional Malta karena berfungsi sebagai referensi dan perpustakaan penelitian dari waktu ke depan. Simpanan hukum telah diberlakukan Undang-undang Nomor II tahun 1925.

6. Perpustakaan Vatikan di Roma Italia ( 1.475)

Perpustakaan Vatikan, Roma
Perpustakaan Vatikan juga dikenal sebagai Perpustakaan Takhta Suci, karena itu secara fisik dan tepat terletak di kota Vatikan. Ini membuat teks sejarah yang penting meskipun menurut timeline nya, pendiriannya dibuat bahkan sebelum 1475. Pada tahun 2007 itu ditutup untuk renovasi. Setelah itu dibangun kembali, itu dibuka kembali untuk umum pada tahun 2010. Pada saat ini, memegang lebih dari 1,1 juta buku cetak, 75.000 manuskrip dan barang-barang lainnya.

5. Bibliotheque Nationale de France di Paris, Prancis (1.461)

Perpustakaan Nationale de France, Paris
Bibliotheque Nationale de France adalah Perpustakaan Nasional Perancis, yang terletak di Paris. Menurut catatan, pendiri sebenarnya dari perpustakaan ini adalah Louis XI yang benar-benar memerintah antara 1.461 sampai 1483. Alasan utama untuk awal adalah kelangsungan koleksi kerajaan.perpustakaan Ini tidak hanya melayani orang-orang di Paris, tapi bahkan komunitas ilmiah global. Ini memiliki 30 juta item, yang mencakup 14 juta buku, publikasi, 5.000 manuskrip Yunani, dan dokumen digital lainnya.

4. Perpustakaan Nasional Austria, Wina ( 1.368 )

Perpustakaan Nasional Austria, Wina
Juga dikenal sebagai Hof-Bibliothek untuk dibentuk oleh Habsburg, itu adalah perpustakaan utama di Austria sejak 1368, terletak di Hofburg Palace di Wina. Hal ini juga menjadi perpustakaan kekaisaran pertama dalam sejarah negara menjadi yang terbesar, karena itu membuat sekitar 7,4 juta item dari berbagai koleksi. Nama itu diganti dengan Perpustakaan Nasional Austria pada tahun 1920 di mana itu terdiri dari empat museum, arsip, dan koleksi khusus.

3.Perpustakaan Nasional Republik Czek, Praha (1.366)

Perpustakaan Nasional Repubik Czek, Praha
Perpustakaan Nasional Republik Czek Ini bukan hanya salah satu perpustakaan tertua di bumi, tetapi juga salah satu perpustakaan terbesar yang melayani lebih dari 1 juta pembaca setiap tahun. Bahkan, melayani setiap orang yang lebih dari 18 tahun, apakah Anda seorang mahasiswa, sarjana, guru, dan bahkan seorang ilmuwan. Anda bebas untuk mengunjungi tempat ini dan meminjam buku karena ada sekitar 1 juta buku yang sedang dipinjamkan dari Bibliotheca ini. 


Berdirinya terjadi dalam hubungan dengan kaitannya dengan pembentukan Universitas Praha pada 1348. Hal ini telah menerima dukungan besar internasional dan bahkan dari UNESCO karena menjunjung tinggi misi asli dari perpustakaan nasional untuk melayani masyarakat dan sebagai arsip dokumen, yang juga termasuk file digital.

2. Perpustakaan di Biara St Catherine, Gunung Sinai Mesir (Antara 548-565)

Perpustakaan Biara St. Catherine, Gunung Sinai Mesir
Anda akan dapat mencapai Biara Catherine di perjalanan 6 jam jika Anda datang dari Kairo dan akan melakukan perjalanan melalui jalan darat. Itu terletak di lereng yang lebih rendah dari Gunung Sinai, yang benar-benar jauh dari deskripsi beradab kota dibandingkan dengan lokasi lain perpustakaan ditemukan pada daftar ini. Selain dari fakta bahwa perpustakaan ini ditemukan di Biara St Catherine, menjadi perpustakaan tertua kedua di dunia, biara itu sendiri sudah peninggalan, dan Anda tidak bisa menemukan biara serupa yang masih ada hingga sekarang. Anda bisa menemukan di perpustakaan ini beberapa naskah Bizantium, yang merupakan salah satu koleksi yang paling diawetkan dan unik di Athenaeum ini. Ini juga termasuk naskah kuno awal, dan naskah kuno lainnya itu sebabnya itu juga dikenal sebagai Sinaiticus Siria.

1. The Royal Perpustakaan Ashurbanipal (sbelum abad ke 7)

Perpustakaan Ashurbanipal
Raja terakhir yang memimpin Neo-Asyur Kekaisaran adalah Ashurbanipal yang dikenal dengan kekuatan yang tak tertandingi dan untuk memiliki koleksi dokumen runcing di istananya di Niniveh. Hal ini populer disebut sebagai Perpustakaan Ashurbanipal, dan Anda bisa menemukan sekarang di British Museum. Semua koleksi nya tablet dan teks yang benar dijaga dari perpustakaan, yang ditemukan oleh Austen Henry Layard dan arkeolog lainnya dari British Museum yang berisi 30.000 runcing tablet bersama dengan fragmen lainnya. Melalui upaya kolektif, pada tahun 2002 Proyek Perpustakaan Ashurbanipal dilakukan melalui bantuan dari University of Mosul di Irak. (insomniague.blogspot.co.id)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.