5 Film Horror Paling Menakutkan Sepanjang Masa

Film adalah media komunikasi yang bersifat audio visual untuk menyampaikan suatu pesan kepada sekelompok orang yang berkumpul di suatu tempat tertentu. (Effendy, 1986: 134). Pesan film pada komunikasi massa dapat berbentuk apa saja tergantung dari misi film tersebut.

Pernahkah kalian menonton film ? Pasti setiap orang mempunyai hoby nonton film dengan genre yang berbeda-beda. Namun tidak ada salahnya untuk menonton film dengan genre horror selain bisa membuat jantung kita berdegup kencang film horror juga bisa membuat kita merasa tidak sendirian.

Jauh sebelum The Conjuring 2 dirilis secara resmi, sudah banyak film horor yang beredar di bioskop-bioskop. Mulai dari The Exorcism of Emily Rose hingga karya sineas Jepang Ju-On yang dianggap fenomenal. Mau tau apa sajakah film yang termasuk kategori terhoror sepanjang masa ini, berikut informasinya...

1. The Exorcism of Emily Rose

Cover The Exorcism
Film ini disebut-sebut sebagai salah satu film horor paling mengerikan sejagat. Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata, di mana seorang gadis cantik berusia 19 tahun bernama Anneliese Michel dirasuki roh-roh jahat.

Dalam film ini, nama Anneliese diganti menjadi Emily Rose. Gadis ini terlahir dari keluarga religius, namun tubuhnya dirasuki oleh roh jahat. Tidak ada menyangka dia telah dirasuki, bahkan hasil pemeriksaan medis hanya menyatakan Emily terkena epilepsi.

Berbagai cara dilakukan pihak gereja demi menyembuhkannya, namun tak mampu mengusir roh jahat tersebut dari tubuhnya. Hingga akhirnya meninggal dunia akibat luka yang dideritanya selama proses penyembuhan, maupun kekurangan gizi.

Film garapan Scott Derrickson dirilis pada 9 September 2005 lalu dengan durasi mencapai 119 menit atau 1 jam 59 menit. Biaya pembuatan film ini mencapai USD 19,3 juta, namun menghasilkan pendapatan hingga USD 144,2 juta. Tak hanya itu, film ini tercantum dalam 100 film horor paling menakutkan sepanjang masa.

2. The Amityville Horror

Cover The Amityville Horror
Sama halnya dengan The Exorcism, film ini dibuat berdasarkan kisah nyata yang dituliskan dalam sebuah novel karangan Jay Anson. Film ini menceritakan pengalaman keluarga Lutz yang baru saja pindah ke rumah baru di Amityville, New York.

Film garapan Andrew Douglas ini diperankan oleh Ryan Reynolds berperan sebagai George Lutz, Melissa George sebagai Kathy Lutz dan Philip Baker Hall sebagai Bapa Callaway. Lutz sekeluarga merasa dihantui di rumah baru mereka, mulai dari kemunculan sosok hantu hingga kejadian yang di luar nalar manusia.

Setelah diselidiki, ternyata rumah tersebut telah terjadi kasus pembunuhan, di mana satu keluarga yang terdiri dari enam orang ayah, ibu hingga anak-anaknya dibunuh secara sadis. Sejak dirilis pada 15 April 2005, film yang menelan dana USD 19 juta ini berhasil meraih penghasilan hingga USD 108 juta.

3. Mama

Cover Mama
Mama diadaptasi dari film Argentina dengan judul yang sama. Film ini dirilis pada 18 Januari 2013 dengan dual bahasa, yakni bahasa Inggris dan Spanyol.

Kisahnya bermula dari dua gadis cilik bernama Lily dan Victoria yang akan dibunuh oleh ayahnya sendiri di sebuah kabin yang ditinggalkan. Namun, pembunuhan itu gagal karena sesosok bayangan hitam melindungi mereka dan menewaskan ayahnya sendiri.

Lima tahun berikutnya, kedua gadis malang itu ditemukan dan dirawat sebuah keluarga. Di sinilah teror itu berlangsung. Kedekatan dua gadis cilik dengan ibu angkatnya membuat sosok itu marah dan mencoba merebut mereka. Film berdurasi 1 jam 40 menit ini menghabiskan dana sebesar USD 15 juta, dan berhasil meraih box office dengan jumlah pendapatan USD 146,4 juta.


4. Ringu (The Ring)

Ringu (Sadako Eye)
Ringu alias The Ring dirilis pada 1998 merupakan film horor psikologi yang disutradarai Hideo Nakata, film ini diadaptasi dari novel Ring karya Koji Suzuki.

Film ini mengisahkan sebuah video tape misterius, di mana setiap orang yang menontonnya akan tewas dalam tujuh hari dengan kondisi yang sangat mengenaskan. Aktris Nanako Matsushima berperan sebagai Reiko Asakawa, seorang jurnalis investigatif.

Dalam perjalannya, dia mencoba menyelidiki video itu yang menewaskan sepupunya serta tiga temannya. Setelah berkali-kali melakukan penyelidikan, akhirnya Reiko berhasil mengungkap kisah tragis di balik video mengerikan itu.

Film ini diproduksi selama sembilan bulan dengan dana sebesar USD 1,2 juta. Meski hanya berbahasa Jepang, namun berhasil meraih box office dengan pendapatan mencapai 1 miliar Yen, dan baru tersingkir oleh film animasi Stand By Me Doraemon. Kesuksesan Hideo Nakata membawa kengerian dalam film ini membuat sineas Barat mengadaptasi film itu ke AS pada 2002 lalu dengan judul yang sama.

5. Ju-On (The Grudge)

Ju-On
Ju-On dirilis tahun 2002 lalu ini merupakan film supernatural horor. Film ini disutradarai Takashi Shimizu, yang berhasil membuat sosok hantu yang menakuti para penonton bioskop.

Film yang diperankan Megumi Okina sebagai Rika Nishina, seorang pekerja sosial yang ditugasi merawat lansia di sebuah rumah. Ternyata, tempat tersebut memiliki kisah tragis yang menimpa pemilik sebelumnya, di mana seorang pria bernama Takeo Saeki membunuh istrinya Kayako dan putranya Toshio.

Meski berhasil menemukan jasad keduanya, namun kutukan ternyata tidak pernah berhenti. Orang-orang yang memasuki rumah itu tewas dengan cara mengerikan, dan jasadnya tak pernah ditemukan.

Tidak jelas berapa uang yang dikucurkan untuk memproduksi film ini, namun kengeriannya mampu meraup pendapatan hingga USD 3 juta. Prestasi cukup luar biasa bagi sebuah film horor asal Jepang.
(sandk, merdeka.com, adhitoge.wordpress.com, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.