5 Tips Mengelola Stres bagi Individu Berkepribadian Tertutup

Sedang mengalami stres? Mengapa tidak mengajak beberapa teman pergi jalan-jalan? Menonton konser? Jika semua saran ini Anda tolak, itu mengidentifikasikan Anda berkepribadian tertutup.


Bukan berarti orang berkepribadian tertutup tidak suka berada di sekitar banyak orang. Orang berkepribadian tertutup merasa paling aman dan paling nyaman jika sendirian. Ketika stres melanda, ajakan untuk bergabung dengan banyak orang atau mencurahkan isi hati dengan orang lain tidak akan mendapat sambutan dari orang berkepribadian tertutup. Oleh karena itu orang berkepribadian tertutup perlu cara tersendiri untuk menangani stres.

1. Menghabiskan waktu di tempat sunyi

Tempat untuk menyendiri dapat di rumah atau tempat lain, di mana yang penting Anda merasa lega dan damai. Jika lingkungan sekitar mengganggu, Anda dapat menggunakan headphones untuk mendengar musik kesayangan Anda untuk menciptakan suasana hati yang damai.

2. Katakan bahwa Anda ingin sendiri

Anda beruntung jika memiliki orang-orang di sekitar Anda yang mengerti Anda. Anda lebih suka menyendiri dibandingkan pergi menikmati kopi dengan sahabat karib Anda. Bicaralah baik-baik dengan sahabat karib Anda supaya Anda tidak dianggap sebagai teman yang menyebalkan karena menolak ajakan mereka.

3. Katakan jika Anda memerlukan dukungan orang lain

Sulit bagi orang berkepribadian tertutup untuk menyeimbangkan perasaan dalam kehidupan sosialnya. Kesepian yang dibiarkan melanda hidup orang berkepribadian tertutup akan memperburuk hidupnya. Maka orang berkepribadian tertutup perlu untuk menjalin hubungan dengan orang lain.

4. Lakukan hal untuk mengeluarkan uneg-uneg Anda

Energi buruk stres harus disalurkan, jika tidak, maka ledakan emosi yang terjadi bagaikan botol soda yang dikocok dan dibuka penutupnya. Tanyakan pada diri sendiri: apa yang akan Anda lakukan untuk melepaskan diri dari tekanan? Banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan seperti melukis, mendengar musik, menulis, berolahraga, mencurahkan isi hati pada orang yang dekat, praktek spiritual atau menikmati alam terbuka. Anda harus mencari tahu apa yang bisa membuat Anda lepas dari tekanan dengan cara yang sehat dan efektif.

5. Kenali keterbatasan diri Anda

Ada stres yang melanda dunia, ada yang melanda diri Anda sendiri. Peringatan akan terjadi tornado akan menyebabkan stres pada setiap orang yang akan mengalaminya. Diundang makan malam bersama teman kerja hanya akan mencemaskan beberapa orang saja. Sadari sejauh mana zona nyaman Anda untuk membuat Anda merasa siap menghadapi tantangan di hadapan Anda.

Jika stres mulai melanda hidup Anda sehari-hari, amati apa penyebab stres tersebut. Coba singkirkan faktor pemicunya sebelum stres mengcengkeram Anda, dengan demikian Anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak usaha untuk berdamai dengannya.

Source erabaru.net (berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.