5 Truk Tambang Terbesar di Dunia

Truk adalah sebuah kendaraan bermotor untuk mengangkut barang, disebut juga sebagai mobil barang. Dalam bentuk yang kecil mobil barang disebut sebagai pick-up, sedangkan bentuk lebih besar dengan 3 sumbu, 1 di depan, dan tandem di belakang disebut sebagai truk tronton, sedang yang digunakan untuk angkutan peti kemas dalam bentuk tempelan disebut sebagai truk trailer. Juga ada jenis truk tangki yang berguna untuk mengangkut cairan seperti BBM dan lainnya.

Lalu bagaimanakah penampakan dari truk tambang ? Truk tambang biasanya mempunyai bodi badan yang cukup besar dan bongsor dikarenakan fungsi utama dari truk tambang ialah untuk menampung sebanyaknya bahan material yang diambil. Penasaran akan bentuk dan bodi dari truk tambang yang bahkan melebihi truk normal lainnya, berikut informasi 5 truk tambang terbesar di dunia...

1. Truk Tambang Liebherr T 282B

Liebherr T 282B
Liebherr T 282B adalah truk tambang terbesar yang diciptakan di negara Jerman oleh produsen di sana. Truk tambang atau dumptruck memang memiliki body yang sangat besar. Bahkan untuk ukuran ban truk tambang Liebherr T 282B sendiri masih lebih tinggi dari tinggi orang dewasa. Tahun 2004 adalah tahun mulainya perancangan dari truk tambang Liebherr T 282B. Untuk spesifikasi truk tambang Liebherr T 282B memiliki tinggi mencapai tujuh koma empat meter dan panjang mencapai empat belas koma lima meter. Untuk ukuran wheelbase truk tambang Liebherr T 282B enam koma enam meter. Truk tambang Liebherr T 282B berkapasitas dua ratus tiga ton dalam kondisi kosong. Mencapai tiga ratus enam puluh lima ton dalam kondisi isi maksimal.

2. Truk Tambang Belaz 75710

Belaz 75710
Belaz 75710 adalah truk tambang terbesar lainnya. Diciptakan perusahaan dari Belarusia sebagai dumptruck dirancang oleh Leonid Trukhnov. Sebagai truk tambang terbesar, Belaz 75710 memiliki kapasitas maksimal untuk dapat mengangkut hingga berat empat ratus sembilan puluh enam ton. Jika Anda penasaran dengan spesifikasi mesin truk tambang Belaz 75710, maka akan dijelaskan sedikit. Bahwa Belaz 75710 memiliki mesin berupa diesel berjumlah enam belas silinder turbochanger sebanyak dua unti. Dengan kapasitas mesin diesel sebesar seratus tiga puluh liter atau setara dengan seratus tiga puluh ribu cc. Transmisi elektromekanis adalah daya mesin yang digunakan truk tambang Belaz 75710. Tenaga kuda dua ribu tiga ratus dimiliki oleh Belaz 75710. Truk tambang Belaz 75710 memiliki kecepatan hingga mencapai enam puluh empat kilometer per jam.

3. Truk Tambang Westech T282C

Westech T282C
Westech T282C terbilang sebagai truk tambang dirancang perusahaan Amerika Serikat bernama Westech. Mampu mengangkut tambang batu bara sebanyak empat ratus tujuh puluh koma empat metes kubik dengan densitas nol koma delapan puluh enam ton per meter kubik. Tahun 2011 tanggal 19 Juli waktu truk tambang ini mulai digunakan.

4. Truk Tambang Caterpillar 797f

Caterpillar 797f
Caterpillar 797f memiliki bentuk seperti ulat bulu. Namun untuk fungsinya, truk tambang ini lebih kuat dari ulat bulu. Ukuran body truk tambang Caterpillar 797f bahkan berkali-kali lipat dari ukuran body mobil sedan. Melihat ukuran ban truk tambang ini saja masih lebih tinggi dari ukuran body mobil sedan membuat Anda tentu takjub. Tahun 2008 truk tambang ini mulai dikenalkan. Tahun 2009 barulah truk tambang Caterpillar 797f mulai diproduksi.

5. Truk Tambang TEREX 33-19 Titan

Terex 33-19
TEREX 33-19 Titan juga menjadi jenis truk terbesar dan sekarang tidak lagi beroperasi. Telah di museumkan di wilayah sparwood British wilayah Columbia Canada. Hanya dioperasikan sampai menginjak tahun 1998. Tidak sekadar body yang besar. Sebab dalam kapasitas maksimal pun, TEREX 33-19 Titan tetap mampu berjalan dengan kecepatan sebesar 29.8 mph. (kaskus.co.id, wikipedia.com, sandk, berbagai sumber, google images)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.