6 Cara Menghindari Penuaan Otak

Loading...
Kita tau otak berfungsi sebagai pusat sistem dari seluruh tubuh kita. Menurut Wikipedia Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf di dalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Illustrasi Kemampuan Otak
Namun apakah kalian tau bahwa otak juga bisa mengalami penuaan seperti yang dialami oleh tubuh kita ? Banyak orang yang khawatir dengan kondisi usianya semakin tua maka akan semakin melemahkan kondisi otaknya. Seperti yang kita ketahui otak adalah bagian dari tubuh yang mempunyai peran sangat penting, maka dari itu otak perlu dijaga agar tidak terjadi penuaan otak. Mau tau caranya, berikut informasi yang memudakan anda untuk mengindari penuaan otak

1. Otak yang Cukup Istirahat
Sama halnya seperti tubuh manusia, otak ternyata juga membutuhkan istirahat. Tidur menjadi salah satu hal bisa dilakukan agar otak tetap dalam keadaan awet muda. Terlebih lagi tidur yang berkualitas akan membuat otak bekerja dengan lebih baik. Selain itu, tidur juga bermanfaat untuk memperbaiki mood, menjernihkan pikiran serta memperbaiki tubuh.

2. Rasa Ingin Tahu yang Besar 
Ternyata istirahat saja tidak cukup untuk membuat otak terhindar dari penuaan. Cara lain yang bisa dilakukan adalah memiliki rasa ingin tahu yang besar. Ketika membiarkan diri untuk terbuka pada ide dan situasi yang bagi, maka otak akan tertantang atau justru bingung.

Namun ketegangan itu akan berubah jika bisa menemukan solusi kreatif dari tantangan tersebut . Tantangan ini akan mengaktifkan pusat kesenangan di otak dengan zat dopamin. Itulah sebabnya kita harus mampu membangun rasa ingin tahu dalam diri agar membuat diri menjadi lebih fleksibel dan adaktif.

BACA JUGA :

3. Hubungan Sosial yang Baik
Cara mencegah penuaan otak selanjutnya adalah hubungan sosial yang baik. Ternyata mempunyai hubungan yang hangat dan baik dengan orang sekitar akan turut memberikan dampak positif bagi otak. Berhubungan dengan lingkungan sosial ternyata dapat melindungi otak dari stres kronik yang disebabkan oleh kesepian dan perasaan tidak dipahami.

Selain dapat mencegah otak mengalami penuaan, hubungan sosial yang baik ini juga akan membuat orang menjadi lebih fleksibel, welas asih dan menyeimbangkan emosi.


4. Penuhi Nutrisi yang Dibutuhkan Otak
Untuk menghindari penuaan pada otak, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Nutrisi tertentu dalam makanan diketahui dapat memperbaiki sel-sel dan melawan peradangan yang dikaitkan dengan peningkatan resiko Alzaheimer. Makanan bernutrisi yang baik untuk otak antara lain minyak ikan, telur, gandum utuh dan sayur-sayuran.

5. Melakukan Hal-Hal yang Menantang
Melakukan hal-hal menantang tenyata juga mampu mencegah penuaan pada otak. Untuk itu sesekali lakukanlah olahraga atau hal-hal yang menantang seperti bermain trampolin, bersepeda mengelilingi bukit, panjat tebing dan kegiatan lainnya yang menjadi hobi. Selain melakukan hobi, kegiatan menantang tersebut juga dapat membantu otak tetap muda.

6. Jangan Menyerah Terhadap Usia
Bertambahnya usia terkadang membuat banyak manusia menjadi agak minder karena berfikir bahwa kemampuan otak akan berkurang. Namun, tidak usah peduli berapapun usia, tetaplah jaga ketajaman otak agar tidak mudah pikun. Ketajaman otak tidak hanya dapat ditingkatkan secara fisik, namun juga bisa dirangsang dan dipelihara secara mental. (sandk, wikipedia, islampos.com, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.